Selasa, 03 Januari 2017

Troubleshooting lapisan aplikasi jaringan WAN (sulis, 30)

Troubleshooting lapisan aplikasi jaringan WAN
1.    Hypertext Transfer Protokol (HTTP)
Definisi HTTP – Singkatan dari “Hypertext Transfer Protocol.” HTTP adalah protokol yang digunakan untuk mentransfer data melalui web. Ini adalah bagian dari protokol internet dan mendefinisikan perintah dan jasa yang digunakan untuk transmisi data sebuah halaman web. Pengembangan standar HTTP dilaksanakan oleh Konsorsium World Wide Web (World Wide Web Consortium/W3C) dan juga Internet Engineering Task Force (IETF), yang menghasilkan publikasi beberapa dokumen Request for Comments (RFC), antara lain RFC 2616 yang mendefinisikan tentang HTTP/1.1. (dipublikasikan pada bulan Juni 1999).
Fungsi HTTP menetapkan bagaimana pesan diformat dan ditransmisikan, dan tindakan apa dari Web server dan browser untuk merespon berbagai perintah.  Pengertian HTTP dan fungsi. (Admin, 2013)
2.    Netware Inti Protocol (NCP)
NetWare Inti Protocol (NCP) adalah protokol jaringan yang digunakan di beberapa produk dari Novell, Inc. Hal ini biasanya berhubungan dengan client-server sistem operasi Novell NetWare yang awalnya didukung terutama stasiun client MS-DOS, tetapi dukungan kemudian untuk platform lain seperti Microsoft Windows, Mac OS klasik, Linux, Windows NT, Mac OS X, dan berbagai rasa Unix ditambahkan.
NCP digunakan untuk akses file, print, direktori, sinkronisasi jam, messaging, perintah eksekusi jarak jauh dan fungsi layanan jaringan lainnya. Ini awalnya mengambil keuntungan dari konfigurasi jaringan yang mudah dan jejak memori sedikit dari IPX / SPX protokol stack. Sejak pertengahan 1990-an pelaksanaan TCP / IP tersedia.
Novell eDirectory menggunakan NCP untuk sinkronisasi perubahan data antara server di pohon layanan direktori. (Wikipedia, NetWare Core Protocol, 2014)

3.    Studi Kasus: Jaringan Lambat
Penyebab Koneksi Internet Lambat
a.       Kekuatan sinyal dari provider. 
b.       Adanya pembatasan pemakaian dari pihak provider.
c.        Membuka banyak tabs dalam waktu yang bersamaan juga berpengaruh terhadap lambat tidaknya koneksi internet.
d.       Lakukan update anti virus secara berkala. Bisa jadi browser Anda menjadi lemot karena terserang virus.
  1. Setting dan konfigurasi modem yang mungkin belum sesuai dengan standar provider.
f.        Terlalu lamanya pemakaian, tentu akan membuat modem menjadi panas.
g.        Koneksi yang putus nyambung mungkin juga menjadi salah satu penyebab mengapa internet Anda menjadi lemot. Untuk mengatasi masalah ini, coba lakukan PING. Utilitas ini digunakan untuk mengecek koneksi.
Caranya cukup mudah :

a.       Klik Start – Run – Ketik CMD – Enter
b.       Setelah jendela Command Prompt terbuka, cukup ketikkan ping [spasi] alamat website yang ingin diuji koneksinya. Misalnya, Anda ingin menguji koneksi Google. Maka cukup ketik : ping [spasi] www.google.com
c.        Perhatikan pada bagian ‘time’. Apabila masih di bawah 1000ms berarti koneksi masih lancar


4.    Login Response Time terdegradasi
waktu respon server bervariasi tergantung pada apakah akun pengguna ditemukan atau tidak. Jika akun itu ditemukan, perbandingan bcrypt berjalan untuk memeriksa password; jika tidak, fungsi tersebut dapat kembali segera. Pada mesin lokal saya, saya mendapatkan ~ 600ms waktu respon ketika akun ditemukan, sementara aku mendapatkan ~ 30ms waktu respon ketika tidak. Dalam produksi, hanya menambahkan latency jaringan untuk keduanya.
Singkatnya, sebagai klien,  bisa menentukan apakah akun ada. (Stack, 2011)
5.     Koneksi Server turun.
 
agar internet tetap terhubung dan terus melakukan kirim dan minta paket data tersebut?. Ya kita gunakan cara ping di PC. Kenapa harus ping?. Baca Selengkapnya di Pengertian dan Fungsi Ping.Ping merupakan sebuah program/perintah untuk menguji sebuah konektivitas jaringan dengan cara mengirim paket data ke server yang dituju dan melihat respon serta data yang dikirm kembali. Kualitasnya kita bisa lihat dari paket yang lost (hilang). Semakin kecil semakin baik.
Untuk melakukan ping kita harus membuka Command Prompt (CMD) di pc dengan cara;

1. Silahkan tekan di keyboard WIn + R.
2. Ketikkan CMD, lalu enter.
3. Setelah terbuka silahkan ketik :
    ping www.namasitus.com misalnya nama situs google. maka ketikkan ping www.google.com –t
4. Jika hanya ingin menguji koneksi saja. ketikkan saja ping www.google.com, tanpa -t. Perintah -t berfungsi untuk menjalankan ping secara terus menerus. (Putrakomputer, 2011)

6.    Server Massage Block (SMB)
Server Message Block disingkat SMB adalah istilah bahasa Inggris dalam teknologi informasi yang mengacu kepada protokol client/server yang ditujukan sebagai layanan untuk berbagi berkas (file sharing) di dalam sebuah jaringan. Protokol ini seringnya digunakan di dalam sistem operasi Microsoft Windows dan IBM OS/2. Sistem operasi berbasis UNIX juga dapat menggunakannya dengan tambahan perangkat lunak yang disebut dengan SAMBA.
Protokol SMB ditemukan oleh Dr. Barry Feignbaum dari Laboratorium Boca Raton milik IBM pada saat sistem operasi MS-DOS masih berjaya. Protokol itu selanjutnya dikembangkan lebih lanjut oleh 3Com Corporation, IBM, Intel, dan Microsoft pada pertengahan dekade 1980 hingga akhir dekade tersebut. SMB awalnya menggunakan protokolNetBIOS sebagai protokol di mana ia berjalan, sebelum menggunakan protokol NetBIOS over TCP/IP (NBT) sebagai protokol lapisan transport-nya. Dengan begitu, SMB juga dapat digunakan dalam sebuah jaringan TCP/IP yang lebih luas dukungannya.
SMB mendukung fungsi-fungsi seperti:
·         Membuka dan menutup koneksi antara klien-klien SMB (yang disebut sebagai Redirector) dan server SMB (komputer yang menjalankan file and print services) untuk mengizinkan klien agar dapat mengakses sumberdaya di dalam jaringan.
·         Menemukan, membaca, dan menulisi berkas dalam sebuah file server.
·         Menemukan dan menggunakan alat pencetak yang digunakan bersama-sama untuk mencetak secara jarak jauh.
SMB memiliki empat jenis pesan (message):
·         Session Control Message: digunakan untuk membuka atau menutup sebuah koneksi antara redirector dengan server.
·         File Message: digunakan oleh redirector untuk memperoleh akses terhadap berkas yang berada di dalam server.
·         Printer Message: digunakan oleh redirector untuk mengirimkan data ke sebuah antrean alat pencetak (print queue) yang terdapat dalam server.
·         Message: mengizinkan aplikasi untuk saling bertukar pesan dengan komputer lainnya. (Wikipedia, Server Message Block, 2010)
7.     Poor Waktu Respon
Waktu Tanggap ( Response Time) adalah waktu tanggap yg diberikan oleh antar muka/interface ketika user merequest/ mengirim permintaaan ke komputer. Secara umum, pengguna menginginkan bahwa program aplikasinya dapat memberikan waktu tanggap yang sependek – pendeknya. (onthoni, 2012)

8.     Poor throughput
Troughput adalah bandwidth yang sebenarnya atau aktual, diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk melakukan transfer file dengan ukuran tertentu juga.  (Aldhinya, 2016 )
9.    MS Browser Protokol
Protokol dalam ilmu komputer berarti seperangkat peraturan atau prosedur untuk mengirimkan data antara perangkat elektronik.
Browser Microsoft Ujung baru (sebelumnya diberi kode Project Spartan) keluar diadili dan dapat didownload. Pertanyaan pertama saya adalah: Apakah Microsoft Ujung akhirnya mendukung SSE (Server Side Event) protokol? Kita tahu bahwa IE tidak pernah mendukung SSE, untuk kekecewaan beberapa programmer komputer. (Stackoverflow, 2011)


Nama : Sulistiyowati
Kelas : XII K2
Absen : 30
Sekolah : SMK ISLAM 1 BLITAR
Hobby : Menulis

DAFTAR PUSTAKA

Admin. (2013, Maret 29). Pengertian HTTP | Fungsi & Kegunaan HTTP. Diambil kembali dari Pengertian HTTP | Fungsi & Kegunaan HTTP: http://jaringankomputer.org/pengertian-http-fungsi-cara-kerja-http/
Aldhinya. (2016 , Oktober 09). Pengertian Bandwidth. Diambil kembali dari Pengertian Bandwidth dan Throughput Lengkap: http://www.aldhinya.com/2016/07/pengertian-dan-perbedaan-bandwidth-dan-throughput.html
onthoni, G. (2012, April 28). PENGERTIAN RESPONSE TIME . Diambil kembali dari RESPONSE TIME (WAKTU : http://nurrhasanah32.blogspot.co.id/
Putrakomputer. (2011, Maret 26). Cara Menstabilkan Koneksi Internet yang Putus Nyambung. Diambil kembali dari Cara Menstabilkan Koneksi Internet yang Putus Nyambung: http://www.putrakomputer.com/2013/04/cara-menstabilkan-koneksi-internet-yang.html
Stack. (2011, Januari 11). Join the Stack Overflow Community. Diambil kembali dari Join the Stack Overflow Community: http://stackoverflow.com/questions/184814/is-there-some-industry-standard-for-unacceptable-webapp-response-time
Stackoverflow. (2011, Maret 11). Does the new Microsoft Edge browser (formerly Project Spartan) support SSE (Server Side Events) protocol? Diambil kembali dari Stackoverflow: http://stackoverflow.com/questions/29648747/does-the-new-microsoft-edge-browser-formerly-project-spartan-support-sse-serv
Wikipedia. (2014, Maret 25 ). NetWare Core Protocol. Diambil kembali dari NetWare Core Protocol: https://en.wikipedia.org/wiki/NetWare_Core_Protocol
Wikipedia. (2010, Juni 17). Server Message Block. Diambil kembali dari Server Message Block: https://id.wikipedia.org/wiki/Server_Message_Block




 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar