Selasa, 01 November 2016

30 sulis materi 12 Troubleshooting lapisan sesi jaringan WAN

Troubleshooting lapisan sesi jaringan WAN
1.    NetBIOS over IPX
NetBIOS (singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: Network Basic Input/Output System) adalah sebuah spesifikasi yang dibuat oleh International Business Machine (sebenarnya dibuat oleh Sytek Inc. untuk IBM) dan Microsoft yang mengizinkan aplikasi-aplikasi terdistribusi agar dapat saling mengakses layanan jaringan, tanpa memperhatikan protokol transport yang digunakan. Versi NetBIOS paling baru adalah NetBIOS versi 3. Implementasi versi awal dari NetBIOS hanya mengizinkan jumlah node yang terhubung hingga 72node saja. Versi-versi selanjutnya memperluas jumlah node yang didukung hingga ratusan node dalam sebuah jaringan. (sebtian, 2015)
NetBIOS over IPX adalah implementasi yang dilakukan Novell, dimana NetBIOS menggunakan datagram IPX untuk membawa protokol frame NetBIOS. Dalam jaringan IPX / SPX, alamat 48 bit (biasanya alamat MAC) mengidentifikasi sebuah node pada jaringan dan alamat 32 bit mengidentifikasi setiap jaringan. Jadi IPX adalah protokol routable yang membutuhkan sedikit administrasi, yang membuatnya menjadi berguna untuk penerapan dengan NetBIOS. (Yuniarka, Jelaskan secara detail tentang NetBIOS over IPX, 2016)
2.    NetBIOS over TCP / IP
NetBIOS over TCP / IP ditentukan oleh RFC 1001 dan RFC 1002. Sopir Netbt.sys adalah komponen-mode kernel yang mendukung antarmuka TDI. Layanan seperti workstation dan server menggunakan antarmuka TDI langsung, sementara aplikasi NetBIOS tradisional memiliki panggilan mereka dipetakan ke TDI panggilan melalui driver Netbios.sys. Menggunakan TDI untuk melakukan panggilan ke NetBT adalah tugas pemrograman lebih sulit, tetapi dapat memberikan kinerja yang lebih tinggi dan kebebasan dari NetBIOS keterbatasan sejarah. (Technet, 2011)
NetBIOS over TCP/IP (sering disingkat menjadi NBT atau NetBT) adalah sebuah protokol jaringan yang mengizinkan aplikasi jaringan komputer yang lama yang menggunakanApplication Programming Interface (API) NetBIOS agar dapat digunakan di dalam jaringan modern berbasis protokol TCP/IP. NetBIOS over TCP/IP didefinisikan di dalam RFC 1001, RFC 1002, dan RFC 1088.
API NetBIOS dikembangkan pada awal dekade 1980-an, yang ditujukan untuk jaringan-jaringan komputer skala kecil (kira-kira jaringan komputer yang memiliki jumlah anggotaselusin saja). Beberapa aplikasi masih menggunakan API NetBIOS dan tidak dapat bekerja dengan benar dalam jaringan komputer modern yang terdiri atas banyak komputer ketika NetBIOS dijalankan di atas NetBEUI. Ketika dikonfigurasikan dengan benar, NetBIOS over TCP/IP ini dapat mengizinkan aplikasi-aplikasi jaringan komputer yang berbasis API NetBIOS agar dapat berjalan di dalam jaringan berbasis protokol TCP/IP (termasuk di antaranya jaringan Internet) tanpa harus ada perubahan. (Wikipedia, 2010)

3.    NetWare layanan iklan protokol (SAP).
SAP (Service Advertisement Protocol) mengijinkan node untuk menyiarkan alamat dan layanan IPX. Paket dikirim setiap 60 detik. Klien menggunakan SAP untuk meminta server terdekat ketiga logging dalam jaringan. Server menggunakan SAP untuk  menyiarkan layanan. Server mengirimkan pesan SAP untuk memberitahukan layanan dalam jaringan dan mengirinkan kembali paket RIP untuk mengumumkan cara masuk dalam jaringan. Selain itu, SAP berfungsi untuk melakukan pengawasan terhadap proses logging (pencatatan kejadian jalur komunikasi) baik dalam maupun luar jaringan dan mengatur pengiriman data antar user pada jaringan.
Operasi SAP dimulai ketika mendengarkan routers SAPs dan membangun sebuah tabel semua layanan jaringan beserta alamat. Routers kemudian mengirimkan mereka SAP table setiap 60 detik. Novell klien dapat mengirim permintaan tertentu meminta file, printer, atau layanan gateway. Lokal router merespon permintaan tersebut dengan jaringan yang diminta alamat layanan, dan klien maka dapat menghubungi operator secara langsung.
SAP adalah pada saat ini yg dpt menembus jaringan berdasarkan NetWare 3,11 dan sebelumnya, tetapi lebih sering digunakan dalam jaringan NetWare 4,0 workstation karena dapat menemukan layanan konsultasi yang NetWare Directory Services (NDS) Server. Namun SAP masih diperlukan dalam NetWare 4,0 workstation untuk jaringan ketika boot hingga menemukan sebuah NDS server. NDS  (NetWare  Directory  Service)  adalah  database  yang  berisi  jaringan  komunikasi dapat didistribusikan. (Yuniarka, Jelaskan secara detail tentang NetWare layanan iklan protokol (SAP), 2015)





Nama : Sulistiyowati
Kelas : XII K2
Absen : 30
Sekolah : SMK ISLAM 1 BLITAR
Hobby : Menulis

Daftar Pustaka

sebtian, B. (2015, Juli 22). NetBIOS. Retrieved from Menambah Wawasan Bersama Bayu: http://bayuneuer.blogspot.co.id/2011/02/netbios-ftp-samba-printer-sharing.html
Technet. (2011, Juni 23). Technet. Retrieved from NetBIOS Over TCP/IP: https://technet.microsoft.com/en-us/library/cc940063.aspx
Wikipedia. (2010, Mei 11). NetBIOS over TCP/IP. Retrieved from Mari bergabung dengan sukarelawan Wikipedia bahasa Indonesia!: https://id.wikipedia.org/wiki/NetBIOS_over_TCP/IP
Yuniarka, R. (2016, Januari 20). Jelaskan secara detail tentang NetBIOS over IPX. Retrieved from NetBIOS over IPX, NetBIOS over TCP / IP, NetWare layanan iklan protokol (SAP): http://rahma-happy-world.blogspot.co.id/2016/01/netbios-over-ipx-netbios-over-tcp-ip.html
Yuniarka, R. (2015, April 23). Jelaskan secara detail tentang NetWare layanan iklan protokol (SAP). Retrieved from NetBIOS over IPX, NetBIOS over TCP / IP, NetWare layanan iklan protokol (SAP): http://rahma-happy-world.blogspot.co.id/2016/01/netbios-over-ipx-netbios-over-tcp-ip.html







Tidak ada komentar:

Posting Komentar