Selasa, 24 Januari 2017

20.Pemecahan masalah layanan DNS server

Pemecahan masalah layanan DNS server

1.     Pengenalan DNS server
Domain name system atau yang biasa disingkat dengan DNS merupakan sebuah sistem yang berfungsi menterjemahkan alamat IP ke nama domain atau sebaliknya, dari nama domain ke alamat IP. Jadi, host komputer mengirimkan queries berupa nama komputer dan domain name server yang kemudian dipetakan ke dalam alamat IP oleh DNS . (Zakaria, 2012)
Kelebihan DNS
1. Mudah, DNS sangat mudah kerana user tidak lagi disusahkan untuk mengingat IP address sebuah komputer, cukup host name.
2. Konsisten, IP address sebuah komputer boleh berubah, tapi host name tidak boleh berubah.
3. Simple, DNS server mudah untuk dikonfigurasikan (bagi admin). (Wijanarko, 2013)

2.    konfigurasi dan instalasi DNS server

 Instalasi DNS
 install BIND9 (Berkeley Internet Name Domain versi 9) sebagai DNS Server. Jalankan command apt-get install bind9 atau aptitute install bind9. Tekan Y untuk melanjutkan. Tunggu sampai proses instalasi selesai.

 Konfigurasi DNS
Berikut file-file penting yang akan kita konfigurasi dalam DNS Server;
a. /etc/bind/named.conf
b. file forward
c. file reverse
d. /etc/resolv.conf
a.    Membuat Zona Domain
Setelah selesai menginstalasi bind9, kemudian konfigurasi bind9.
nano /etc/bind/named.conf.local
b.    File forward
Forward berfungsi untuk konversi dari DNS ke IP Address. Sebagai contoh ketika kita mengetikan www.nr.net melaui Web Browser, maka akan muncul website dari server Debian.
Kemudian membuat file konfigurasi untuk DNS tersebut. Karena commandyang dibutuhkan cukup banyak, maka kita kopikan saja dari file default yang sudah ada.
cp /etc/bind/db.local /etc/bind/db.nr.net
nano /etc/bind/db.nr.net
c.    File Reserve
Reverse berfungsi untuk konversi IP Address ke DNS. Sebagai contoh jika kita mengetikan IP Address 192.168.27.1 pada Web Browser, secara otomatis akan redirect ke alamatwww.nr.net. Pada bagian ini tidak diharuskan, jika tidak ingin mengkonfigurasi reverse juga bisa.
cp /etc/bind/db.127 /etc/bind/db.192.168.27.1
nano /etc/bind/db.192.168.27.1
d.    Menambahkan dns-name-server
Tambahkan dns dan nameserver dari Debian tersebut pada file resolv.conf agar dapat diakses melalui komputer localhost.
nano /etc/resolv.conf
     search nr.net
     nameserver 192.168.27.1
     Kemudian yang terakhir restart daemon dari bind9.
/etc/init.d/networking restart
Jika failed terjadi kesalahan pada satu file, yaitu named.conf. Periksa kembali script yang dibuat.
Konfigurasi DNS server selesai. Untuk pengujian, ping ke IP dan ping nr.net dari server maupun dari client. (Prihandi, 2013)

3.    Inbond
Inbound Link adalah link dari postingan kita atau dari homepage kita sendiri maupun dari website orang lain yang mengarah pada website kita. (ENTREPRENEUR, 2016)
4.    Outbond
Outbound dapat kita ibaratkan bahwa menempelkan website orang lain pada halaman website kita. Contohnya, kita mengutip tulisan dari website orang lain, lalu menempelkan sumber tersebu. (Ekaphrp88, 2016)





Biodata :
Nama   : Sulistiyowati
Kelas     : XII K2
Sekolah : SMK ISLAM 1 BLITAR
Hobby    : Menulis


DAFTAR PUSTAKA

Ekaphrp88. (2016, April 29). Definisi Inbound dan Outbound. Retrieved from Untung Rahardja: http://untungrahardja.ilearning.me/2016/04/29/definisi-inbound-dan-outbound/
ENTREPRENEUR, K. (2016, April 20,). Pengertian Inbound dan Outbound Link. Retrieved from Master SEO dan WEB: http://masterseodanweb.blogspot.co.id/2014/08/pengertian-inbound-dan-outbound-link.html
Prihandi, R. (2013, Maart 28 ). INSTALASI DAN KONFIGURASI DNS SERVER DI DEBIAN. Retrieved from GlypXuRd: http://reza-prihandi96.blogspot.co.id/2013/03/blog-post_28.html
Wijanarko, S. (2013, Mei 22). pengertian dns server dan fungsinya kegunaanya terlengkap. Retrieved from pengertian dns server dan fungsinya kegunaanya terlengkap: http://defas56.blogspot.co.id/2012/10/pengertian-dan-fungsi-dns-server.html
Zakaria, M. (2012, April 1). Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja DNS pada Jaringan Komputer. Retrieved from Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja DNS pada Jaringan Komputer: http://www.nesabamedia.com/pengertian-fungsi-dan-cara-kerja-dns-pada-jaringan-komputer/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar