Selasa, 24 Januari 2017

Pemecahan masalah layanan DHCP server (sulistiyowati)

Pemecahan masalah layanan DHCP server
1.    Review Pengenalan DHCP  server
DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus memberikan alamat IP kepada semua komputer secara manual. Jika DHCP dipasang di jaringan lokal, maka semua komputer yang tersambung di jaringan akan mendapatkan alamat IP secara otomatis dari server DHCP. Selain alamat IP, banyak parameter jaringan yang dapat diberikan oleh DHCP, seperti default gateway dan DNS server.
DHCP didefinisikan dalam RFC 2131 dan RFC 2132 yang dipublikasikan oleh Internet Engineering Task Force. DHCP merupakan ekstensi dari protokol Bootstrap Protocol (BOOTP). (Nugraha, 2008)
Kelebihan DHCP
1.    Memudahkan dalam transfer data kepada PC client lain atau PC server.
2.    DHCP menyediakan alamat-alamat IP secara dinamis dan konfigurasi lain. DHCP ini didesain untuk melayani network yang besar dan konfigurasi TCP/IP yang kompleks.
3.    DHCP memungkinkan suatu client menggunakan alamat IP yang reusable, artinya alamat IP tersebut bisa dipakai oleh client yang lain jika client tersebut tidak sedang menggunakannya (off).
4.    DHCP memungkinkan suatu client menggunakan satu alamat IP untuk jangka waktu tertentu dari server. (Hadi, 2014)
2.    Review konfigurasi dan instalasi DHCP server
1. Sebelumnya kita harus Menginstall Debian 7 di komputer kita atau juga di virtualbox dan VMWARE , apabila anda telah menginstall debian 7 maka anda login sebagai user biasa.
2. Lalu anda Install paket MC , dan melihat IP yang telah anda Masukkan sebelumnya. apabila anda ingin menambah Ip alias silahkan , tetapi saya di sini tidak menambahkan apapun  dan anda restart Networking , lalu Anda Coba liat IP apakah sudah Menjadi yang anda inginkan.
3. Kemudian Anda Coba Instal Paket DHCP-SERVER , dengan cara apt-get install dhcp3-server ,apabila ada Bacaan Failed anda jangan Takut Karena itu Maksudnya DHCP anda belum di konfigurasi atau juga bisa belum benar.
4.Kemudian Anda Konfigurasi DHCP-SERVERnya dengan cara
mcedit /etc/dhcp/dhcpd.conf , nah setelah itu anda konfigurasi dhcp-server dengan cara berikut. Tanda yang terdapat pada setiap baris yang ingin di konfigurasi sebelumnya anda hapus terlebih dahulu.
5. Setelah konfigurasi selesai dan mengikuti cara seperti yang diatas , lalu anda coba restart DHCP-server , dengan cara
/etc/init.d/isc-dhcp-server restart , apabila konfigurasi telah [ok] seperti di bawah ini maka konfigrasi dhcp-server anda sukses
6. Apabila Anda Memakai Aplikasi seperti VMWARE anda terlebih dahulu merubah settingannya dengan cara seperti ini
–anda pilih menu edit paling atas VMWARE anda.
–lalu anda pilih Virtual Network Editor…
–Kemudian Anda Pilih VMNET 8 lalu anda un checklist pilihan
Use local DHCP Service to Distribute IP address to VMS
7. Setelah itu Anda pilih Network Adapter sebagai VMNET 8 (NAT)
8. Setelah itu anda buka Network Connection di Client dan anda.
apabila sudah ada IP yang sebelumnya anda buat maka anda Hilangkan. coba disable terlebih dahulu VMnet 8 anda , Setelah itu anda coba Enable Kembali tunggu Beberapa saat sampai di indentifikasi.
9. Langkah yang terakhir anda tinggal Mencoba Mengeping IP anda seperti berikut ini , dan juga mengeping IP DHCP tersebut. (RUMAHWACANA.com, 2014)

3.    Prosedur pemecahan masalah DHCP client
DHCP Client
Pengaturan protocol (ip address) dilakukan di client, apakah mode static atau dynamic, dhcp client meminta server untuk memberikan ip, sebelum client mendapatkan ip dynamic, client terlebih dahulu merequest ke server yang ada pada jaringan tersebut, dan server melakukan pemeriksaan terhadap client yang meminta ip dynamic, jika sesuai dan diperbolehkan maka server baru mengirimkan ip ke client. (Bagas, 2014)

4.    Prosedur pemecahan masalah DHCP server
Untuk troubleshooting konfigurasi jaringan gunakan tool berikut: ipconfig, network diagnostic, dan Netdiag
Untuk troubleshooting masalah koneksi gunakan tool berikut: ping, pathping, tracert, dan juga arp
Troubleshooting konfigurasi TCP/IP

Misalkan konfigurasi sederhana pada diagram jaringan berikut ini adalah diagram umum untuk jaringan internet di rumahan untuk koneksi ke Internet. Jika anda menggunakan layanan Speedy Telkom, maka modem-router yang digunakan biasanya mempunyai konfigurasi default dengan IP address 192.168.1.1 yang mana IP address ini merupakan IP address Gateway bagi komputer yang terhubung dengan jaringan. Modem-router yang dipakai biasanya juga berfungsi sebagai DHCP server yang memberikan konfigurasi IP address kepada komputer dalam jaringan. Misalkan pada komputer A ada masalah tidak bisa koneksi terhadap komputer B atau tidak bisa koneksi ke Internet.

Untuk troubleshooting konfigurasi TCP/IP maka kita bisa memulai dari komputer yang bermasalah. Kita bisa memeriksa konfigurasi TCP/IP dengan menggunakan tool ipconfig pada command prompt. Bagaimana caranya? Tekan tombol ‘Windows’ dan tombol ‘R’ secara bersamaan untuk memunculkan windows RUN berikut dan ketik “cmd” terus klik “OK”. (M@yoRSsZ, 2012)


Biodata :
Nama   : Sulistiyowati
Kelas     : XII K2
Sekolah : SMK ISLAM 1 BLITAR
Hobby    : Menulis


DAFTAR PUSTAKA

Bagas, A. (2014, January 3). Apa itu DHCP Server Dan DHCP Client. Retrieved from Bagas titik: http://bagas-hack.blogspot.co.id/p/pengertian-atau-penjelasan-dhcp-server.html
Hadi. (2014, Mei 9). Pengertian Dan Kelebihan DHCP. Retrieved from WELCOME TO HADI 271091’S: https://hadi27.wordpress.com/pengertian-dan-kelebihan-dhcp/
M@yoRSsZ, I. (2012, SEPTEMBER 12). PERMASALAHAN DAN TROUBLESHOOTING DHCP SERVER. Retrieved from IicCalL M@yoRSsZ: https://iccallmayors.wordpress.com/2012/09/12/permasalahan-dan-troubleshooting-dhcp-server/
Nugraha, B. A. (2008, Mei 2). Pengenalan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol). Retrieved from LINUX: http://buthdiee.blogspot.co.id/2010/04/pengenalan-dhcp-dynamic-host.html
RUMAHWACANA.com. (2014, Januari 24). Instalasi dan Konfigurasi DHCP-SERVER pada Debian 7. Retrieved from Instalasi dan Konfigurasi DHCP-SERVER pada Debian 7: http://rumahwacana.com/blog/instalasi-dan-konfigurasi-dhcp-server-pada-debian-7/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar