Selasa, 24 Januari 2017

MODUL TROUBLESHOOTING JARINGAN XII TKJ (sulistiyowati)

MODUL
TROUBLESHOOTING JARINGAN
XII TKJ


Description: E:\!_Data Mengajar SMK Islam\Kelas XII\Troubleshooting Jaringan\smk1.png










Disusun Oleh:
Sulistiyowati

Pembimbing
Abdullah Umar, S.Kom



Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan
SMK Islam 1 Blitar
2016 / 2017

COVER
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
1.      Pemecahan Masalah Lapisan Fisik LAN
2.      Pemecahan Masalah Data Link Layer LAN
3.      Pemesahan Masalah Lapisan Network LAN
4.      Pemecahan Masalah Lapisan Transportasi Jaringan LAN
5.      Pemecahan Masalah Lapisan Sesi Jaringan LAN
6.      Pemecahan Masalah Lapisan Presentasi Jaringan LAN
7.      Pemecahan Masalah Lapisan  Aplikasi Jaringan LAN
8.      Pemecahan Masalah Lapisan Fisik Jaringan WAN
9.      Pemecahan Masalah Lapisan Data Link Jaringan WAN
10.  Studi Kasus Troubleshooting Jaringan
11.  Troubleshooting Lapisan Transportasi Jaringan WAN
12.  Troubleshooting Lapisan Sesi Jaringan WAN
13.  Troubleshooting Lapisan Presentasi Jaringan WAN
14.  Troubleshooting Lapisan Aplikasi Jaringan WAN
15.  Pemecahan Masalah Pada Perangkat Jaringan Nirkabel
16.  Pemecahan Masalah Layanan Web Server
17.  Pemecahan Masalah Layanan Mail Server
18.  Pemecahan Masalah Layanan FTP Server
19.  Pemecahan Masalah Layanan File Server
20.  Pemecahan masalah layanan DNS server
21.  Pemecahan Masalah Layanan DHCP Server
22.  Pemecahan Masalah Layanan NTP Server
DAFTAR PUSTAKA
RIWAYAT HIDUP






KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan modul Troubleshooting Jaringan Kelas XII TKJ.

Modul ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan modul ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan modul ini.
   
Modul Troubleshooting Jaringan ini merupakan kumpulan artikel Troubleshooting Jaringan  yang telah kami susun sebelumnya. Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki modul ini.
   
Akhir kata kami berharap semoga modul tentang Troubleshooting Jaringan ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.
   
                                                                                                             Blitar,   Januari 2017
   

                                                                                                                  Sulistiyowati
1.    Pemecahan Masalah Lapisan Fisik LAN
Lapisan fisik (Physical Layer) merupakan lapisan dasar dari semua jaringan dalam model referensi OSI dimana lapisan ini berfungsi untuk mentransmisikan sinyal data analog maupun digital. Selain itu, lapisan fisik dapat digunakan untuk menentukan karakteristik dari kabel yang digunakan untuk menghubungkan komputer dalam jaringan sehingga sarana sistem pengiriman data ke perangkat lain yang terhubung dalam suatu jaringan komputer.
Pada lapisan ini yang akan menjelaskan mengenai jarak terjauh yang mungkin digunakan oleh media fisik serta mengatur bagaimana cara melakukan collision control.
Physical Layer juga memiliki tujuan utama, seperti.
  1.  Menspesifikasikan standar untuk berinteraksi dengan media jaringan.
  2.  Menspesifikasikan kebutuhan media untuk jaringan.
  3.  Menetukan karakteristik kabel untuk menghubungkan komputer dengan jaringan.
  4. Mentransfer dan menentukan bagaimana bit data dikodekan.
  5. Format sinyal electrical untuk transmisi lewat media jaringan.        
  6. Sinkronisasi transmisi sinyal. 
  7. Menangani interkoneksi fisik (kabel), mekanikal, elektrikal dan procedural. 
  8. Mendeteksi error selama transmisi. 
Perbaikan hub/switch
       Hub/switch merupakan terminal atau pembagi sinyal data bagi kartu jaringan (Network Card). Jika Hub mengalami kerusakan berarti seluruh jaringan juga tidak dapat berfungsi untuk berkomunikasi antar workstation atau komputer workstation dengan server. Apabila terjadi kerusakan pada Hub dapat dilihat pada lampu indikator power dan lampu indikator untuk masing masing workstation. Apabila lampu indikator power Hub/switch mati berarti kemungkinan besar Hub tersebut rusak. Jika ada lampu indikator workstation yang tidak menyala menyatakan bahwa komputer workstation sedang tidak aktif (tidak hidup) atau ada gangguan pada komputer workstation tersebut.
Jika terjadi kerusakan pada HUB maka pertama kita harus mengecek apakah HUB yang kita gunakan memang sudah rusak atau hanya mengalami gangguan saja, namun jika HUB yang kita gunakan memang benar-benar positif rusak maka kita perlu menggantinya dengan HUB yang baru atau dapat diperbaiki ditempat service khusus, namun saran saya lebih baik mengganti dengan yang baru selain kualitasnya yang lebih bagus biasanya biaya memperbaiki hampir sama dengan biaya membeli baru.

Kerusakan pada kabel dan konektor jaringan
           Kabel dan konektor merupakan media penghubung antara komputer dengan komputer lain atau dengan peralatan lain yang digunakan untuk membentuk jaringan. Kabel dan konektor untuk membuat jaringan LAN yang banyak digunakan ada 3 jenis yaitu:
   • Jenis Kabel Serat Optik menggunakan konektor SC dan ST.
Gangguan atau kerusakan pada kabel dan konektor jenis serat optik sangat jarang, tetapi memerlukan penanganan secara khusus untuk perawatan jaringan.
   • Jenis Kabel UTP dengan konekor RJ45.
Gangguan atau kerusakan pada kabel jenis ini adalah konektor yang tidak terpasang dengan baik (longgar), susunan pengkabelan yang salah dan kabel putus. Indikasi yang dapat dilihat adalah lampu indikator yang tidak hidup pada kartu jaringan atau pada Hub/switch. Jaringan menggunakan kabel UTP kesalahan yang muncul relatif sedikit, karena jaringan terpasang menggunakan topologi star, workstation terpasang secara paralel dengan menggunakan switch/hub. Sehingga yang terjadi gangguan hanya pada workstation yang kabelnya mengalami gangguan saja.
    • Jenis kabel Coaxial dengan konektor BNC.
Kabel jenis coaxial memiliki akses yang cukup lambat bila dibandingkan jenis kabel lainnya dan sering terjadi gangguan karena konektor yang longgar (tidak konek), kabel short dan kabel terbuka resistor pada terminating conector. Short pada pemasangan kabel dengan plug konektor ini menyebabkan sistem jaringan akan down/mati dan komunikasi antar komputer berhenti.
Jika terjadi kerusakan pada kabel dan konektor jaringan yang disebabkan oleh suatu hal, solusinya kita lihat dahulu apakah kabel yang kita gunakan itu benar-benar tidak bisa digunakan lagi atau masih bisa, jika tidak kita perlu menggantinya dengan kabel dan konektor yang baru
atau jika yang rusak itu hanya pada konektornya namun kabelnya masih dapat digunakan kita hanya perlu mengganti konektornya saja.

2.    Pemecahan Masalah Data Link Layer LAN
Deteksi Kesalahan
Ada dua pendekatan untuk deteksi kesalahan :
a.        Forward Error Control.
Dimana  setiap  karakter  yang  ditransmisikan  atau  frame  berisi  informasi  tambahan(redundant)  sehingga  bila  penerima  tidak  hanya  dapat  mendeteksi  dimana  error  terjadi,tetapi juga menjelaskan dimana aliran bit yang diterima error.
b.      Feedback (backward) Error Control
Dimana  setiap  karakter  atau  frame  memilki  informasi  yang  cukup  untuk
memperbolehkan  penerima  mendeteksi  bila  menemukan  kesalahan  tetapi  tidak
lokasinya.  Sebuah  transmisi  kontro  digunakan  untuk  meminta  pengiriman  ulang,
menyalin informasi yang dikirimkan.

Feedback error control dibagi menjadi 2 bagian, yaitu :
1. Teknik yang digunakan untuk deteksi kesalahan
2. Kontrol algoritma yang telah disediakan untukmengontroltransmisiulang.
 (mahmudiuye)
IEEE Lapisan Mac 48-bit Adressing
MAC Address (Media Access Control Address) adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan dalam model layer OSI , yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. Dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet, MAC address merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address.
MAC address memang harus unik, dan untuk itulah,
Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) mengalokasikan blok-blok dalam MAC address. 24 bit pertama dari MAC address merepresentasikan siapa pembuat kartu tersebut, dan 24 bit sisanya merepresentasikan nomor kartu tersebut. Setiap kelompok 24 bit tersebut dapat direpresentasikan dengan menggunakan enam digit bilangan heksadesimal, sehingga menjadikan total 12 digit bilangan heksadesimal yang merepresentasikan keseluruhan MAC address. Berikut merupakan tabel beberapa pembuat kartu jaringan populer dan nomor identifikasi dalam MAC Address.
IEEE adalah sebuah organisasi profesi nirlaba yang terdiri dari banyak ahli di bidang teknik yang mempromosikan pengembangan standar-standar dan bertindak sebagai pihak yang mempercepat teknologi-teknologi baru dalam semua aspek dalam industri dan rekayasa (engineering), yang mencakup telekomunikasi, jaringan komputer, kelistrikan, antariksa, dan elektronika. (wahyuni, 2015)

TRANPARENT BRIDGE
Bridge adalahsebuahperangkatantarjaringan (internet working) yang merelai frame-frame data darisatusegmenjaringankesegmenjaringanlain, sehinggamenjadikansegmen-segmenjaringantersebutmunculsebagaisebuah LAN tunggal yang besar, yang disebutsebagai extended LAN atau bridged LAN. Secaralogika, bridge memisahkanduasegmenjaringan, danberoperasiberoperasipadajaringan-jaringan yang mempunyaiskemapengalamatan lapis data link yang kompatibel, yaitupada sub-lapis Medium Access Control (MAC).Informasi yang disimpanpada bridge atau yang disediakandidalam frame yang sedangditransmisikanakanmembantu bridgedalammembuatkeputusanperutean. Keputusan yang akandibuatoleh bridge terhadap frame yang diterimanyadarisebuahsegmenadalahmelewatkan frame tersebutkesegmenberikutnya (dikenalsebagai forwarding), atautidakmelewatkan frame tersebutkesegmenberikutnya (dikenalsebagai filtering). Bridge jugaakanmencadangkansebuahkarakteristik LAN sebagaisebuahkanalpancar (broadcast). (SANI)
Switch
Switch adalah perangkat jaringan yang bekerja di lapisan Data-link, mirip dengan bridge, berfungsi menghubungkan banyak segmen LAN ke dalam satu jaringan yang lebih besar. Seperti bridge, switch bekerja atas dasar informasi MAC address. Switch mempunyai kemampuan dan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan bridge karena switch selain bekerja secara software juga bekerja di atas hardware. Switch menggunakan algoritma store-and-forward dancut-through pada saat melakukan pengiriman data.
Jenis switch yang sering dipakai adalah LAN switch, ATM switch dan gabungan switch dengan teknologi routing. Switch Asynchronous Transfer Mode (ATM) menyediakan switching kecepatan tinggi yang bersifat scalabe untuk workgroup, WAN sampai enterprisebackbone. Selain itu switch ATM bisa mengkombinasikan aplikasi suara, gambar dan data dalam satu jaringan yang sama. Switch ATM menggunakan metoda switch paket yang fix-size, paket ini biasa disebut dengan sel (cell).
Switch LAN digunakan untuk menghubungkan segmen LAN yang banyak, menyediakan media dedicated dengan komunikasi yang bebas dari tumbukan (collision) antar perangkat jaringan dan mendukung komunikasi simultan, serta dirancang untuk akses kecepatan tinggi. (junot)

Switching operasi dan pemecahan masalah
Switch jaringan  (atau  switch  untuk singkatnya) adalah sebuah alat jaringan yang melakukan  bridging  transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MAC). Switch  mengacu pada multi-port jembatan jaringan yang proses dan rute data pada data link layer (lapisan 2) dari model OSI . Switch mengolah data tambahan pada lapisan jaringan (lapisan 3) .Switch dikatakan sebagai  multi-port  bridge  karena mempunyai  collision domain  dan  broadcast domain  tersendiri, dapat mengatur lalu lintas paket yang melalui switch jaringan. Cara menghubungkan komputer ke switch sangat mirip dengan cara menghubungkan  komputer  atau  router  ke  hub. Switch dapat digunakan langsung untuk menggantikan hub yang sudah terpasang pada jaringan.Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau router pada satu area yang terbatas, switch juga bekerja pada  lapisan  data link, cara kerja switch  hampir sama seperti bridge, tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga sering dinamakan multi-port bridge. (nabilashamm, 2013)
Switch sebagai multiport jembatan
Switch dikatakansebagai multi-port bridge karenamempunyai collision domain dan broadcast domain tersendiri, dapatmengaturlalulintaspaket yang melalui switch jaringan. Cara menghubungkankomputerke switch sangatmiripdengancaramenghubungkankomputeratau router ke hub. Switch dapatdigunakanlangsunguntukmenggantikan hub yang sudahterpasangpadajaringan. (Risky)

3.    Pemesahan Masalah Lapisan Network LAN
Pengenalan operasi router
Pengertian Sistem Operasi Router - Router OS adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan sebagai router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan. Sistem operasi router sama dengan sistem operasi pada umumnya, bisa di install di satu computer untuk kebutuhan jaringan dan ada juga yang sudah melekat pada hardware router.Invalid source specified.

Sistem operasi router yang baik harus memiliki fitur-fitur:.
1.      Gateway, Sebuah fitur di router untuk menghubungkan jaringan yang berbeda
2.       Proxy, penyimpanan web cache, redirect URL, dan lain-lain.
3.      Firewall, Pengamanan pada jaringan computer.
4.       VPN, Jalur khusus yang dibentuk dalam jaringan public.
5.      Routing, fitur untuk meneruskan paket ke jaringan lain.
6.      Monitoring, Memonitor semua aktifitas yang melalui jaringan.
7.       Bandwidth management.Invalid source specified.

Jenis Sistem Operasi Router diantaranya:
1.      Mikrotik
Mikrotik adalah kependekan dari mikrotikls, artinya "network kecil" dalam bahasa Latvia
2.      Clear OS
Distro Linux, berbasis pada CentOS (RedHat Enterprise Linux (RHEL) versi komunitas didesain khusus untuk digunakan sebagai gateway jaringan dan server jaringan dengan antarmuka berbasis web.
3.      PF Sense
 Merupakan hasil kostumisasi dari FreeBSD yang dapat digunakan sebagai firewall dan router.Invalid source specified.
A.     Protokol lapisan jaringan
Protokol merupakan sebuah rule, prosedur dan pengaturan sejumlah operasi peralatan komunikasi data, dalam komunikasi data, aturan-aturan meliputi cara membuka hubungan, mengirim paket data, menginformasi jumlah data yang diterima, dan meneruskan pengiriman data.Invalid source specified.
B.      Internet kontrol message protokol (ICMP) format paket dan operasi
ICMP (Internet Control Message Protocol) adalah protokol yang bertugas mengirimkan pesan-pesan kesalahan dan kondisi lain yang memerlukan perhatian khusus. Pesan / paket ICMP dikirim jika terjadi masalah pada layer IP dan layer atasnya (TCP/UDP).Invalid source specified.
C.    tips menggunakan traceroute
Pengertian Traceroute
Traceroute (Tracert) adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. Ini dilakukan dengan mengirim pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request Ke tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat. Rute yang ditampilkan adalah daftar interface router (yang paling dekat dengan host) yang terdapat pada jalur antara host dan tujuan.
Cara melakukan Traceroute pada Windows
1.    Klik Start –> Run
2.    Setelah muncul pop up lalu anda tinggal ketikkan –> CMD
3.    Lalu munculah gambar seperti di bawah ini , kemudian anda  tinggal ketikkan –> tracert (spasi) namadomainanda
Dengan traceroute, kita dapat menganalisis informasi mengenai lokasi router, tipe dan kapasitas interface, tipe dan fungsi router, serta batas-batas network yang dilalui, berdasarkan DNS interface yang dilalui
.Invalid source specified.
D.   Cara kerja bridge,NAT,router.
Bridge.
Cara kerja Bridge yaitu memetakan alamat Ethernet dari setiap node yang ada pada masing-masing segmen jaringan dan memperbolehkan lalu lintas data yang diperlukan untuk melintasi bridge. Bridge bekerja pada lapisan physical layer dan data link layer.
NAT
Pada jaringan komputer, proses Network Address Translation (NAT) adalah proses penulisan ulang (masquerade) pada alamat IP asal (source) dan/atau alamat IP tujuan (destination), setelah melalui router atau firewall. NAT digunakan pada jaringan dengan workstation yang menggunakan IP Private supaya dapat terkoneksi ke Internet dengan menggunakan satu atau lebih IP Public. 
Router
Router bekera dengan cara merutekan paket atau data informasi yang disebut dengan routing. Dengan teknik routing tersebut, router dapat mengetahui arah rute perjalanan informasi tersebut akan dituju, apakah berada pada satu jaringan yang sama atau berbeda. Jika informasi yang dituju mengarah kepada jaringan yang berbeda, maka router akan meneruskannya kepada jaringan tersebut, sebaliknya apabila paket yang dituju adalah jaringan yang sama, maka router akan menghalangi paket keluar serta meneruskan paket tersebut dengan routing di jaringan yang sama sampa terkirim ke tujuan.

4.    Pemecahan Masalah Lapisan Transportasi Jaringan LAN

UDP ( User Datagram Protocol )
UDP ( User Datagram Protocol )adalah transport layer yang tidak andal ( unreliable ), connectionless dan merupakan kebalikan dari transport layer TCP. Koneksi yang andal selalu memberikan keterangan apabila pengiriman data gagal, sedangkan koneksi yang tidak andal   tidak akan mengirimkan keterangan meski pengiriman data gagal. 
Description: http://1.bp.blogspot.com/-S2Wf8-Cn788/UE8msK2ntbI/AAAAAAAAAD0/sM6MAs4kTW4/s640/%2528rian-share4u.blogspot.com%2529+UDP.jpg

UDP tidak menjamin kevalidan data saat data sampai ke si penerima, jadi jika terjadi pengiriman data maka tidak dijamin sampai tidaknya. Datagram yang sampai mempunyai kemungkinan tidak sampai, rusak, duplikasi atau hilang tanpa diketahui penyebabnya.
Kelebihan UDP :
 pada saat digunakan pada lightweight protokol, misalnya saja DNS (Domain Name Service). Selain itu protokol UDP lebih fleksibel karena misalnya saja terjadi kemacetan pada salah satu bagian jaringan, maka datagram dapat dialihkan menghindari bagian yang mengalami kemacetan tersebut. Kemudian apabila sebuah simpul(node) mengalami kerusakan/kegagalan, maka pacekt packet berikutnya dapat menemukan jalan/rute pengganti yang melewati simpul tersebut. (Rian, 2011)
KARAKTERISTIK UDP
·         UDP menyediakan mekanisme untuk mengirim pesan-pesan ke sebuah protokol lapisan aplikasi atau proses tertentu di dalam sebuah host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP. Header UDP berisi field Source Proses Identification dan Destination Process Identification.
·         UDP menyediakan penghitungan checksum 16-bit terhadap pesan UDP. Checksum bersifat opsional sebab jika checksum tidak sesuai maka program jaringan akan menolak datagram tanpa memberitahukan kepada penerima maupun pengirim.
·         Tidak ada inisialisasi koneksi, sehingga tidak diperlukan welcoming socket, seperti accept di server dan penginisialisasian socket di client.
·         Tidak ada input dan output stream yang dibentuk dari atau ke socket. 
·         Pengirim akan membuat datagram paket dan mengirimkannya ke proses yang dituju. Setiap paket yang dibentuk akan diberikan informasi mengenai alamat IP dan port untuk setiap deretan byte yang akan dikirim. 
·         Penerima harus menguraikan paket datagram tersebut agar tahu informasi yang dikirimkan. (Wirayasa, 2000)
Transport Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP)
TCP merupakan kependengan dari Transmission Control Protocol. TCP merupakan bagian inti penting dari Internet Protocol sehingga sering disebut TCP/IP. TCP menyediakan komunikasi yang dapat diandalkan dan mempunyai urutan yang rapi. TCP berada pada transport layer.
TCP dioptimasikan untuk kehandalan komunikasi bukan pada kecepatan. TCP memberikan jaminan mengenai pesan-pesan yang disampaikan dari satu komputer kepada komputer lain. TCP menggunakan mekanisme handshake. Aplikasi yang menggunakan TCP adalah HTTP, HTTPS, SMTP, POP3, IMAP, IMAP,SSH, FTP, Telnet dan lain-lain.
1.      HTTP merupakan kependekan dari Hypertext Transfer Protocol.
2.      HTTP adalah webserver. Client meminta alamat website kemudian HTTP server memberikan jawaban.
3.      HTTPS adalah webserver dengan penggunaan enkripsi saat pengiriman data.
4.      SMTP merupakan kependekan dari Simple Mail Transfer Protocol.
5.      SMTP merupakan protockol dalam pengiriman email.
6.      POP3 merupakan kependekan dari Post Office Protocol 3 . POP3 adalah protocol untuk mengambil email.
7.      IMAP merupakan kependekan dari Internet Message Access Protocol. IMAP merupakan protocol dalam menyimpan dan mengambil email.
8.      SSH amerupakan kependekan dari Secure Shell dalah shell yang aman yang dapat digunakan untuk melakukan manajemen server.
9.      FTP adalah kependekan dari File Transfer Protocok. FTP adalah protocol untuk pengiriman dana penerimaan file.
10.  Telnet merupakan tool untuk melakukan manajemen server. (indonesia, 2011)
TCP Header
Ukuran dari header TCP adalah bervariasi, yang terdiri atas beberapa field yang ditunjukkan dalam gambar dan tabel berikut. Ukuran TCP header paling kecil (ketika tidak ada tambahan opsi TCP) adalah 20 byte. (Oferia, 2012)
Netware Protocol  NCP (NetWare Core Protocol) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan dalam beberapa produk dari Novell, Inc Hal ini biasanya berhubungan dengan sistem operasi NetWare, tetapi bagian dalamnya telah diimplementasikan pada platform lain seperti Linux, Windows NT dan berbagai rasa dari Unix. Hal ini digunakan untuk mengakses file, cetak, direktori, sinkronisasi jam, pesan, perintah eksekusi remote dan fungsi jaringan layanan. (Nunalinda, 2013)

5.    Pemecahan Masalah Lapisan Sesi Jaringan LAN
DNS (Domain Name System)
Pengertian DNS (Domain Name System) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet.
DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain. (Widayati, 2009)
Fungsi DNS (Domain Name System) :
Fungsi dasar dari DNS (Domain Name System) adalah untuk menerjemahkan atau mentranslasikan alamat ip menjadi sebuah nama domain dan juga sebaliknya. Contohnya saja alamat facebook.com, google.com, dan situs-situs lainnya merupakan alamat ip dari situs tersebut yang kemudian ditranslasikan menjadi sebuah nama domain. (Adinata, 2015)
Pengertian NetBIOS
NetBIOS Adalah suatu antarmuka (interface) dan sebuah protokol yang dikembangkan oleh IBM. Fungsi protokol yang dikembangkan oleh IBM. Fungsi protocol ini berkisar di atas tiga layer paling atas (session, presentation danaplication). Dalam model ISO, NetBIOS memberikan suatu interface standard bagi layer dibawahnya.NetBIOS juga dapat digunakan sebagai sebuah API (Application Program Interface) untuk pertukaran data. Iamemberi programmer akses keberbagai sumber data untuk menciptakan hubungan dua computer atau antaradua aplikasi pada komputer yang sama. (Aby, 2015)
Fungsi NetBIOS
·         Naming Services
Dipergunakan untuk  menyebarkan nama group,  user dan komputer ke jaringan.
           Ia juga bertugas untuk memastikan agar tidak terjadi duplikasi nama.
·         DataGram Support
Menyediakan transmisi tanpa koneksi yang tidak menjamin suksesnya pengiriman paket, besarnya tidak lebih besar dari 512 bytes. Metode datagram ini digunakan oleh naming services.
·         Session Support
Memungkinkan transmisi dimana sebuah virtual circuit session diadakan sedemikian rupa sehingga pengiriman paket dapat dipantau dan dikenali.
 (Budi, 2012)
Gateway
Gateway adalah (gerbang jaringan) sebuah perangkat yang dipakai untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu ataupun lebih jaringan komputer yang memakai protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan komputer bisa diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya tidak sama atau berbeda. Itulah definisi gateway tersebut yang utama. Karena seiring dengan merebaknya dan berkembangnya internet, pengertian gateway sering kali bergeser. (N, Penjelasan tentang gateway dan fungsinya, 2010)
Protokol
Protokol adalah suatu aturan yang mendefinisikan fungsi yang terdapat di dalam sebuah Jaringan komputer, seperti misalnya mengirimkan pesan, mengirimkan data, mengirimkan informasi dan fungsi lainnya yang harus dipenuhi oleh sisi pengirim dan penerima supaya komunikasi dapat berlangsung dengan baik dan benar walaupun sistem yang terdapat dalam jaringan tersebut berbeda. (N, Pengertian Protokol Dan Jenisnya Pada Jaringan Komputer, 2015)
Dalam komputasi , pipa bernama (juga dikenal sebagai FIFO untuk perilakunya) adalah perluasan untuk tradisional pipa konsep pada Unix dan Unix-seperti sistem, dan merupakan salah satu metode komunikasi antar-proses (IPC). Konsep ini juga ditemukan dalam OS / 2 dan Microsoft Windows , meskipun semantik berbeda secara substansial. Sebuah pipa tradisional " yang tidak disebutkan namanya " dan berlangsung hanya selama proses. Sebuah pipa bernama, bagaimanapun, dapat berlangsung selama sistem ini sampai, di luar kehidupan proses. Hal ini dapat dihapus jika tidak lagi digunakan. Biasanya pipa bernama muncul sebagai file, dan umumnya proses-proses melampirkan untuk komunikasi antar-proses. (wikipwdia)
Pengertian Remote Procedure Calls (RPC) RPC adalah suatu protokol yang menyediakan suatu mekanisme komunikasi antar proses yang mengijinkan suatu program untuk berjalan pada suatu komputer tanpa terasa adanya eksekusi kode pada sistem yang jauh ( remote system ). RPC mengasumsi keberadaan dari low-level protokol transportasi seperti TCP atau UDP untuk membawa pesan data dalam komunikasi suatu program. Protokol RPC dibangun diatas protokol eXternal Data. (Irhash, 2010)
Sebuah mailslot adalah mekanisme komunikasi antar satu arah , yang tersedia pada sistem operasi Microsoft Windows, yang memungkinkan komunikasi antara proses baik lokal dan melalui jaringan . Penggunaan Mailslots umumnya lebih sederhana dari pipa bernama atau soket ketika sejumlah relatif kecil dari pesan yang relatif singkat diharapkan untuk ditransmisikan , seperti misalnya pesan negara - perubahan jarang, atau sebagai bagian dari protokol peer- penemuan . Mekanisme mailslot memungkinkan untuk siaran pesan singkat ( " datagram " ) untuk semua komputer mendengarkan seluruh domain jaringan yang diberikan (wikipedia, MailSlot, 2011)

6.    Pemecahan Masalah Lapisan Presentasi Jaringan LAN
A.  Presentation Layer (Lapisan Presentasi)

Lapisan presentasi (presentation layer) adalah lapisan keenam dari bawah dalam model referensi jaringan terbuka OSI. Pada lapisan ini terjadi pembuatan struktur data yang didapatnya dari lapisan aplikasi ke sebuah format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan. Lapisan ini juga bertanggung jawab untuk melakukan enkripsi data, kompresi data, konversi setkarakter  (ASCII, Unicode, EBCDIC, atau set karakter lainnya), interpretasi perintah-perintah grafis, dan beberapa lainnya. Dalam arsitektur TCP/IP yang menggunakan model DARPA, tidak terdapat protokol lapisan ini secara khusus. (Adityapratama, 2014)

B.  Secara umum fungsi dari presentation layer adalah:
·         Enkripsi dan dekripsi dari suatu pesan untuk alasan keamanan.
·         Kompresi dan dekrompresi suatu pesan sehingga dapat dikirimkan pada jaringan secar  efisien.
·         Memformat grafis.
·         Melakukan translasi konten.
·         Melakukan translasi yang sifatnya spesifik terhadap suatu sistem tertentu.
·         Bagaimana data dipresentasikan.
·         Menyajikan data.
·         Sebagai layanan penterjemah.
·         Menentukan tipe data (gambar, audio, video, atau teks), enkripsi (ASCII atau EBCDIC), dan ekstensi file agar file siap ditampilkan di layer aplikasi. (dwifebriantoadmojo, 2014)
C.    Protokol presentation layer adalah:

·         AFP, Apple Filing Protocol 
·         ASCII, American Standard Kode untuk Informasi Interchange 
·         EBCDIC, Extended Binary Coded Decimal Interchange Code 
·         ICA, Independen Komputasi Arsitektur, sistem Citrix protokol inti 
·         LPP, Protokol Presentasi Ringan 
·         NCP, NetWare Core Protokol 
·         NDR, Jaringan Data Representasi 
·         XDR, data eksternal Representasi 
·         X.25 PAD, Packet Assembler / disassembler Protokol (Zakiah's, 2013)

D.  Abstrak Sintaks Notasi 1 (ASN.1)
Abstrak Sintaks Notasi One (ASN.1) adalah standar dan notasi yang menggambarkan aturan dan struktur untuk mewakili, encoding, transmisi, dan data decoding di bidang telekomunikasi dan jaringan komputer. The aturan formal memungkinkan representasi dari benda-benda yang independen dari teknik pengkodean mesin khusus. notasi formal memungkinkan untuk mengotomatisasi tugas memvalidasi apakah contoh spesifik dari representasi data mematuhi spesifikasi. Dengan kata lain, perangkat lunak dapat digunakan untuk validasi. [1]

ASN.1 adalah standar bersama dari Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO), International Electrotechnical Commission (IEC), dan International Telecommunication Union Standardisasi Telekomunikasi Sektor ITU-T, awalnya didefinisikan pada tahun 1984 sebagai bagian dari CCITT X.409: 1984. ASN.1 pindah ke standar sendiri, X.208, pada tahun 1988 karena penerapan yang luas. direvisi secara substansial versi 1995 ditutupi oleh seri X.680. Revisi terbaru dari seri X.680 dari rekomendasi adalah 5.0 Edition, yang diterbitkan pada tahun 2015. (wikipedia, Abstract Syntax Notation One, 2011)
E.   X Window
X Window atau lengkapnya X Window System adalah software sistem komputer dan protokol jaringan yang menyediakan dasar untuk interface pengguna grafis (GUI) dan kaya akan kemampuan perangkat intput dan jaringan komputer. Ini menciptakan lapisan abstraksi perangkat keras di mana perangkat lunak ditulis dengan menggunakan set umum dari perintah, memungkinkan untuk independensi perangkat keras dan penggunaan kembali program di komputer manapun yang mengimplementasikan X. Menjadi pondasi yang memungkinkan elemen-elemen grafis digambar pada layar pada lingkungan sistem operasi UNIX dan sejenisnya. Disebut juga X atau X11 pada awalnya dikembangkan di Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada tahun 1984. (Habibi, 2012)

7.    Pemecahan Masalah Lapisan  Aplikasi Jaringan LAN

Application Layer Jaringan Komputer
Application layer merupakan layer atau lapisan teratas pada model OSI reference ketika user akan mengirimkan pesan dan menjadi layer atau lapisan terakhir pada sistem OSI Reference model ketika user akan menerima sebuah pesan. Sesuai dengan namanya, application layer merupakan layer atau lapisan yang bekerja pada program – program tertentu, dimana application layer sendiri bekerja pada komputer server ataupun komputer client. (it, 2016)
Fungsi Application Layer
Application layer menyediakan jasa untuk aplikasi pengguna, layer ini bertanggungjawab atas pertukaran informasi antara program computer, seperti program e-mail dan servis lain yang berjalan di jaringan seperti server printer atau aplikasi computer l;ainnya.
Berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan. Mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan. Protocol yanmg berada dalam lapisan ini adalah HTTP, FTP, SMTP, dan NFS. (said, 2011)
TCP/I
 TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack
Fungsi TCP adalah bertanggung jawab untuk mengadakan komunikasi antara dua host/komputer. Sedangkan fungsi IP adalah untuk menyampaikan paket data ke alamat yang tepat. Sedangkan fungsi IP adalah untuk menyampaikan paket data ke alamat yang tepat. (andiirmapaduwai, 2012)
DHCP
DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus memberikan alamat IP kepada semua komputer secara manual. Jika DHCP dipasang di jaringan lokal, maka semua komputer yang tersambung di jaringan akan mendapatkan alamat IP secara otomatis dari server DHCP. Selain alamat IP, banyak parameter jaringan yang dapat diberikan oleh DHCP, seperti default gateway dan DNS server. (zulhijah, 2013)

FTP

File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP. Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client. FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client.
FTP client adalah computer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, merename, men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP server. (klien, 2014)
NFS
NFS (Network File System) adalah sebuah protokol berbagi pakai berkas melalui jaringan. NFS ini meng-share file ataupun resource melalui network atau jaringan tanpa peduli sistem operasi yang digunakan apa. NFS merupakan sebuah sistem berkas terdistribusi yang dikembangkan oleh Sun Microsystems Inc. pada awal dekade 1980-an yang menjadi standar de facto dalam urusan sistem berkas terdistribusi. NFS didesain sedemikian rupa untuk mengizinkan pengeksporan sistem berkas terhadap jaringan yang heterogen (yang terdiri dari sistem-sistem operasi yang berbeda dan platform yang juga berbeda). Teknologi NFS ini dilisensikan kepada lebih dari 200 vendor komputer dan jaringan, dan telah dibuat implementasinya pada banyak platform dan sistem operasi, termasuk di antaranya adalah UNIX, GNU/Linux, Microsoft Windows, dan lingkungan mainframe. (nika, 2010)
HTTP
HTTP singkatan dari Hypertext Transfer Protocol adalah suatu protokol yang digunakan untuk mengirim dokumen atau halamamn dalam WWW atau World Wide Web. Sedangkan pengertian HTTP menurut kamus besar adalah protokol jaringan untuk didistribusikan, kolaboratif, sistem informasi hypermedia. HTTP adalah dasar dari komunikasi data untuk WWW. (punya, 2015)
HTTPS
HTTPS(Hypertext Transfer Protokol Secure).
HTTPS merupakan kata yang berasal dari bahasa inggris dan asal katanya terdiri dari Hypertext Transfer Protokol Secure dan di singkat menjadi HTTPS. HTTPS dapat diartikan sebagai bentuk protokol valid dan aman. Hal ini di sebabkan perintah dan data melalui protokol HTTPS ini telah di lindungi dengan sistem encryp melalui berbagai format, sehingga ini akan menyulitkan bagi orang-orang yang ingin membajak isi dari dokumen yang dikirim dengan menggunakan media HTTPS.
Fungsi dan Tujuan HTTPS(Hypertext Transfer Protokol Secure). 
Fungsi khusus HTTPS adalah untuk menjaga kemanan data dari hacker yang berniat membajak sebuah dokumen secara ilegal. Sedangkan tujuan HTTPS adalah untuk mengantisipasi terjadinya eror program sebuah data dan kerusakan server akibat kegagalan koneksi yang disebabkan perusahaan yang di buat oleh pakar hacker yang tidak bertanggung jawab. (estuwebdesign, 2015)
Telnet
Definisi Telnet yaitu merupakan suatu protocol yang memungkinkan penggunanya dapat login dan bekerja pada sistem jarak jauh, seperti jika terdapat program maupun file yang tersimpan pada komputer jarak jauh tersebut berada di komputer pengguna itu sendiri. Singkatnya Telnet merupakan perangkat lunak (softwere) yang digunakan untuk melakukan kontrol jarak jauh pada sistem komputer. Telnet digunakan untuk melakukan login ke komputer lain yang ada di jaringan internet dan dapat melakukan akses pada pelayanan umum, termasuk pada berbagai macam database. (Pengertianku, 2015)

8.    Pemecahan Masalah Lapisan Fisik Jaringan WAN

A.  Kabel tester sebagai mini Konsol SNMP dan mini
SNMP adalah sebuah protokol yang dirancang untuk memberikan kemampuan kepada pengguna untuk memantau dan mengatur jaringan komputernya secara sistematis dari jarak jauh atau dalam satu pusat kontrol saja. Pengolahan ini dijalankan dengan menggumpulkan data dan melakukan penetapan terhadap variabel-variabel dalam elemen jaringan yang dikelola. (Okthea, 2011).
B.  Ethernet ISU Wiring
keluarga teknologi jejaring komputer untuk jaringan wilayah setempat (LAN) yang biasanya menghubungkan banyak perangkat yang relatif dekat satu sama lain. Contohnya : Sistem jaringan pada gedung yang sama. Sejarah ethernet ini bermula dari sebuah pengembangan WAN di Universitas Of Hawaii pada akhir tahun 1960 yang dikenal dengan nama "ALOHA" . dan pada tahun 1975, Xerox Coporation mendesign Ethernet yang bisa menghubungkan 100 komputer dengan kecepatan 2,94 megabit/sekon melalui kabel yang cukup panjang, yaitu 1 km. (Prasetio, 2015)
C.  Fast Ethernet Kabel
  • Semakin berkembang aplikasi lewat LAN seperti CAD, image processing, audio dan vidio di mana dibutuhkan transportasi data yang menuntut kapasitas yang lebih besar dalam LAN maka ada implementasi LAN lagi yang disebut Fast Ethernet atau disimbolkan dengan 100BASET. Fast Ethernet mampu mentransfer data hingga 100 Mbps.
  • Topologi Fast Ethernet tidak jauh beda dengan 10BASE-T.versi-versi terbaru Fast Ethernet inipun sudah banyak macam ragamnya. Misal: 100Base-t4 (Menggunakan UTP 4 pair seperti 10 Baset), 100BASE-XF (Menggunakan dua kabel serat optik pada masing-masing jalur pengirim dan penerima). (Zonaakompute, 2015)
D.  Token Ring Wiring 52
teknologi token ring jaringan area lokal (LAN) adalah protokol komunikasi untuk jaringan area lokal. Ini menggunakan bingkai khusus tiga byte disebut "tanda" yang bergerak di sekitar "cincin" logis dari workstation atau server. token passing ini adalah metode akses channel menyediakan akses yang adil untuk semua stasiun, dan menghilangkan tabrakan metode akses berbasis contention.

Diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1984, yang kemudian distandarisasi dengan protokol IEEE 802.5 dan cukup berhasil, terutama di lingkungan perusahaan, namun secara bertahap dikalahkan oleh versi Ethernet.
(Wikipedia, 2014)
E.     Encoding Bits Ke The Media 54
Encoding adalah proses untuk mengubah sinyal ke dalam bentuk yang dioptimasi untuk keperluan komunikasi data dan penyimpanan data. Kedua hal inilah yang saling mendukung untuk mengubah bentuk sinyal sehingga bisa disalurkan dari pengirim ke penerima. Dalam hal modulasi, komunikasi data ada yang menggunakan sinyal digital. Tetapi komunikasi ini memiliki kelemahan yaitu jarak tempuh yang tidak terlalu besar akibat pengaruh noise berupa redaman yang terjadi pada media transmisi. Sedangkan komunikasi data menggunakan sinyal analog jarak tempuhnya akan menjadi lebih besar. (romansyah, 2013)
9.    Pemecahan Masalah Lapisan Data Link Jaringan WAN

Ethernet mekanisme akses
Ethernet adalah sebuah metode akses media jaringan dimana semua host di jaringan tersebut berbagi bandwidth yang sama dari sebuah link. Ethernet menjadi popular karena ia mudah sekali disesuaikan dengan kebutuhan (scalable), artinya cukup mudah untuk mengintegrasikan teknologi baru seperti Fast Ethernet dan Gigabit Ethernet, kedalam infrastruktur network yang ada. (Syafaaturrizal, 2015)
Full-duplex ethernet
Ethernet full-duplex
Ethernet switching yang memunculkan kemajuan, Ethernet full-duplex lain. Full-duplex adalah istilah komunikasi data yang mengacu pada kemampuan untuk mengirim dan menerima data pada saat yang sama.
Legacy Ethernet adalah setengah-duplex, yang berarti informasi dapat bergerak hanya satu arah pada satu waktu. Dalam sebuah jaringan benar-benar diaktifkan, node hanya berkomunikasi dengan saklar dan tidak pernah secara langsung satu sama lain. jaringan beralih juga mempekerjakan baik twisted pair atau kabel serat optik, yang keduanya menggunakan konduktor yang terpisah untuk mengirim dan menerima data. Dalam jenis lingkungan, stasiun Ethernet dapat melupakan proses deteksi tabrakan dan mengirimkan pada kehendak, karena mereka adalah satu-satunya perangkat potensial yang dapat mengakses medium. Hal ini memungkinkan stasiun akhir untuk mengirimkan ke saklar pada saat yang sama bahwa saklar mengirimkan kepada mereka, mencapai lingkungan bebas tabrakan. (Computer, 2015)

Format bingkai ethernet
Ethernet mentransmisikan data melalui kabel jaringan dalam bentuk paket-paket data yang disebut dengan Ethernet Frame. Sebuah Ethernet frame memiliki ukuran minimum 64 byte, dan maksimum 1518 byte dengan 18 byte di antaranya digunakan sebagai informasi mengenai alamat sumber, alamat tujuan, protokol jaringan yang digunakan, dan beberapa informasi lainnya yang disimpan dalam header serta trailer (footer). Dengan kata lain, maksimum jumlah data yang dapat ditransmisikan (payload) dalam satu buah frame adalah 1500 byte.
Ethernet menggunakan beberapa metode untuk melakukan enkapsulasi paket data menjadi Ethernet frame, yakni sebagai berikut:
  1. Ethernet II (yang digunakan untuk TCP/IP)
  2. Ethernet 802.3 (atau dikenal sebagai Raw 802.3 dalam sistem jaringan Novell, dan digunakan untuk berkomunikasi dengan Novell NetWare versi 3.11 atau yang sebelumnya)
  3. Ethernet 802.2 (juga dikenal sebagai Ethernet 802.3/802.2 without Subnetwork Access Protocol, dan digunakan untuk konektivitas dengan Novell NetWare 3.12 dan selanjutnya)
  4. Ethernet SNAP (juga dikenal sebagai Ethernet 802.3/802.2 with SNAP, dan dibuat sebagai kompatibilitas dengan sistem Macintosh yang menjalankan TCP/IP)
Sayangnya, setiap format frame Ethernet di atas tidak saling cocok/kompatibel satu dengan lainnya, sehingga menyulitkan instalasi jaringan yang bersifat heterogen. Untuk mengatasinya, lakukan konfigurasi terhadap protokol yang digunakan via sistem operasi. (Sukma, 2015)

Pemanfaatan jaringan perhitungan dan efisiensi bandwidth pada ethernet
Data Rate dan Bandwith.
Sehingga Data Rate dapat diartikan sebagai besarnya kapasistas transfer data dalam komunikasi data digital, biasanya dinyatakan dalam bps atau bit per second.
Bandwidth 
Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Bandwidth dapat diartikan sebagai perbedaan antara komponen sinyal frekuensi tinggi dan sinyal frekuensi rendah. frekuensi sinyal diukur dalam satuan Hertz. Sinyal suara tipikal mempunyai Bandwidth sekitar 3 kHz, analog TV broadcast (TV) mempunyai Bandwidth sekitar 6 MHz.
Bandwidth (lebarpita) dalam ilmu computer adalah suatu penghitungan konsumsi data yang tersedia pada suatu telekomunikasi. Dihitung dalam satuan bits per seconds (bit per detik). (Silfiana, 2016)
Proses token passing.
Metode pengiriman data dengan cara mengelilingi sebuah Ring dikenal dengan istilah Token Passing. Token dilewatkan dari satu komputer ke komputer lain sampai sebuah komputer mengambil data tersebut. Komputer pengirim memodifikasi tooken, meletakkan sebuah alamat tujuan pada data dan mengirimkan ke komputer tujuan melewati jaringan ring.
Komputer penerima akan mengembalikan sebuah pesan ke komputer pengirim yang mengindikasikan bahwa data telah diterima. Setelah melakukan proses verifikasi, komputer pengirim membuat sebuah token baru atau melepaskan token dan melewatkan token ke komputer berikutnya. (Net9, 2014)
studi kasus: server lambat pada segmen ethernet
Apa saja faktor yang bisa memberikan kontribusi lambatnya jaringan dan bagaimana memperbaikinya?
Collision
Technology Ethernet yang sudah using seperti 10 Base2; 10Base5; dan 10Base-T, mereka menggunakan algoritma CSMA/CD yang menjadi sangat tidak efficient pada beban yang lebih tinggi
Gunakan Switch
Bagaimana solusi menghilangkan collision domain dan algoritma CSMA/CD yang bisa membuat jaringan anda lambat, adalah mengganti jaringan HUB anda dengan Switch LAN. 
Atur letak server
Anda perlu mengidentifikasikan aplikasi (khususnya aplikasi yang dengan beban tinggi) yang hanya diakses oleh satu departemen saja, dan letakkan server pada Switch yang sama dengan user yang mengaksesnya
Gunakan gigabit backbone
Performa LAN juga bisa diperbaiki dengan menggunakan link backbone Gigabit dan juga Switch yang mempunyai performa tinggi.

Serangan Trojan Virus

Jika environment jaringan anda terinfeksi dengan Trojan virus yang menyebabkan system anda dibanjiri oleh program-2 berbahaya (malicious programs), maka jaringan akan mengalami suatu congestion yang mengarah pada kelambatan system jaringan 
Gunakan antivirus
Anda memerlukan proteksi jaringan yang sangat kuat untuk melindungi dari serangan Trojan virus dan berbagai macam serangan jaringan lainnya. (Sysneta, 2013)

10.      Studi Kasus Troubleshooting Jaringan
STUDI KASUS
Tips menggunakan traceroute
Traceroute  / tracert ( pada windows )  berguna untuk  menganalisa jaringan internet  yang digunakan, dengan mengetahui rute perjalanan data melalui paket-paket data yang dikirim ke host (server) melalui media di internet atau jaringan komputer.
Cara Melakukan Traceroute :
  1. Klik Start –> Run
  2. Setelah muncul pop up lalu anda tinggal ketikkan –> CMD
  3. Lalu munculah gambar seperti di bawah ini , kemudian anda  tinggal ketikkan –> tracert (spasi) namadomainanda
Contoh hasil tracert pada situs qwords.com
Description: Cara Melakukan traceroute
Hal diatas menunjukkan bahwa koneksi yang di gunakan cukup stabil karena anda bisa melihat Hops (loncatan) atau perpindahan data yang terjadi tidak terlalu jauh, Hops ini terlihat pada urutan angka 1,2,3 dan seterusnya. Untuk waktu dalam satuan ms (millisecond) sama seperti halnya Hops, semakin kecil waktu perpindahan data ,maka akan semakin baik /cepat  anda mengakses situs yang anda traceroute  tadi.
Namun jika anda melihat pada hasil tracert ada tanda  *  atau pesan request timed out pada hasil tracert anda, maka disitulah masalah yang ada pada koneksi internet anda. Solusinya anda bisa menanyakan kepada pihak ISP (penyedia jasa internet) atau bisa didiskusikan dengan admin jaringan komputer anda  barangkali ada gangguan atau hal lainnya. (Qwords, 2010)
tips menggunakan PING dan ICMP
PING
Buka Command Prompt atau Terminal. Setiap sistem operasi memiliki antarmuka baris perintah untuk menjalankan perintah Ping. Perintah Ping secara visual hampir identik pada semua sistem.
·         Jika menggunakan Windows, buka Command Prompt. Klik tombol Start dan masukkan cmd ke dalam bidang Cari. Pengguna Windows 8 dapat mengetik "cmd" sementara di layar Start. Tekan Enter untuk memulai Command Prompt.
·         Jika menggunakan Mac OS X, buka Terminal. Buka folder Applications, lalu folder Utilities. Pilih Terminal.
·         Jika menggunakan Linux, buka jendela Telnet/Terminal. Aplikasi ini paling sering ditemukan di folder Accessories atau pada direktori aplikasi.
·         Pada Ubuntu, Anda dapat menggunakan pintasan ^ Ctrl+ Alt+T untuk membuka terminal. (Wikihow, 2011)

ICMP
Internet Control Message Protocol (ICMP) adalah protokol yang digunakan untuk membantu penanganan kesalahan (error handling) dan prosedur pengendalian (control procedure). Protokol ini bekerja pada network layer dan berurusan dengan layanan koneksi (connection services). Tugas dari ICMP adalah menyediakan pengendalian error atau kesalahan (error control ) dan pengendalian arus (flow control) pada network layer (lapisan internet).
Sistem kerja dari ICMP secara singkat adalah sebagai berikut : pesan ICMP akan diberi header IP tujuan dengan melalui interface yang ada. Kemudian setelah pesan tadi diterima oleh IP tujuan maka penerima akan menerima lagi pesan ICMP kepada IP tujuan (asal) bahwa pesan telah diterima (pesan yang dikirim tergantung tipe pesan yang dipesan oleh pengirim pertama). Jika terdapat kerusakan dalam interface yang dilalui sehingga tidak dapat meneruskan pesan, maka pesan akan mengirimkan pesan error kepada pengirim pertama. Tanggung jawab utama ICMP adalah melaporkan terjadinya error. Namun ICMP tidak memperbaiki error. Perbaikan error hanya dilakukan pada lapisan protokol yang lebih tinggi. Pesan error selalu di kirim ke alamat asal. (Journey, 204)
IPX 161 IPX disebarkan broadcast paket
IPX/SPX (Internetwork Packet Exchange/Sequenced Packet Exchange) mempunyai fungsi utama sebagai media transmisi data dan menjamin validitas data yang ditransmisikan oleh IPX sehingga data yang dikirim tidak mengalami gangguan ataupun terjadi kerusakan pada data. IPX dan SPX adalah protokol jaringan digunakan terutama pada jaringan menggunakan sistem operasi Novell NetWare.
IPX dan SPX diturunkan dari Xerox Network Systems 'IDP dan SPP protokol, masing-masing. IPX adalah protokol lapisan jaringan (lapisan 3 dari OSI Model), sedangkan SPX adalah protokol lapisan transport (lapisan 4 dari OSI Model). SPX lapisan yang duduk di atas layer IPX dan menyediakan layanan yang berorientasi koneksi antara dua node di dalam jaringan. SPX digunakan terutama oleh klien / server aplikasi.
IPX menyediakan layanan datagram atas paket-switched internetwork. Operasi dasarnya mirip dengan IP (Internet Protocol), namun skema pengalamatan, struktur paket, dan cakupan umum yang berbeda. Protokol internetworking beroperasi di lapisan jaringan dan mencakup layanan routing. (Nahdillah, 2012)
IPX MTU Mismatch 172
MTU adalah "unit transmisi maksimum," dan MSS adalah "ukuran segmen maksimum."
Anda tidak harus tahu atau peduli tentang TCP MSS, karena itu harus
secara dinamis dihitung dengan tumpukan Anda.
MTU adalah tetap untuk link. Ini adalah IP datagram terbesar yang dapat
dikirim tanpa fragmentasi. Dengan asumsi tidak ada IP atau TCP opsi digunakan,
MSS adalah MTU - 20 byte dari header IP - 20 byte header TCP.
Yang sesuai perhitungan UDP adalah MTU - 20 byte dari header IP -
8 byte UDP sundulan. Untuk 576, pesan UDP terbesar yang dapat
dikirim tanpa fragmentasi adalah 548 byte.
Tentu saja, fragmentasi IP memungkinkan Anda untuk mengirim paket yang lebih besar jika Anda ingin. (Dalam pekerjaan terakhir saya, saya menemukan bahwa sebuah aplikasi bernama "PointCast" itu, untuk beberapa alasan, tidak dapat menangani dengan benar dengan paket IP terfragmentasi.
Aku tidak tahu bagaimana itu tahu atau peduli tentang IP reassembly. saya akan
menduga bahwa sebagian besar menangani bersih 1500 MTU sekarang karena rapuh
aplikasi seperti ini.). (Mtu, 2011)

11.      Troubleshooting Lapisan Transportasi Jaringan WAN

A.   NetWare sequencing paket Exchange (SPX) dan SPX II protokols
IPX/SPX atau Internetwork Packet Exchange/Sequenced Packet Exchange, masing-masing berasal dari Xerox Network Systems 'IDP dan SPP protokol. IPX adalah protokol lapisan jaringan (lapisan 3 dari OSI Model), sedangkan SPX adalah lapisan protokol transport (lapisan 4 dari OSI Model). Lapisan SPX terletak di atas lapisan IPX dan menyediakan koneksi berorientasi layanan antara dua node pada jaringan. SPX digunakan terutama oleh klien / server aplikasi. IPX/SPX mempunyai fungsi utama sebagai media transmisi data dan menjamin validitas data yang ditransmisikan oleh IPX sehingga data yang dikirim tidak mengalami gangguan ataupun terjadi kerusakan pada data. (Wikipedia, Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, 2014)
IPX/SPX atau Internetwork Packet Exchange/Sequenced Packet Exchange mempunyai fungsi utama sebagai media transmisi data dan menjamin validitas data yang ditransmisikan oleh IPX sehingga data yang dikirim tidak mengalami gangguan ataupun terjadi kerusakan pada data. IPX dan SPX adalah protokol jaringan digunakan terutama pada jaringan menggunakan sistem operasi Novell NetWare. (Admin, Protocol Jaringan Komputer - IPX/SPX, 2010)
IPX/SPX menggunakan paket pesan yang disebut dengan frame, untuk melakukan operasi pengiriman dan penerimaan data. Paket ini memiliki header dan data yang akan dikirimkan maupun yang akan diterima. Masing-masing field header tersebut memiliki fungsi sendiri-sendiri. 
          Teknik-teknik pemrograman yang ada pada IPX dapat juga digunakan pada SPX. Dengan menggunakan teknik-teknik tersebut, diharapkan pemakai dapat melakukan operasi pengiriman dan penerimaan data lewat protocol IPX dan SPX. (NATHALIA, 2014)
IPX menyediakan layanan datagram lebih internetwork packet-switched. operasi dasar yang sama dengan IP (Internet Protocol), namun skemanya pengalamatan, struktur paket, dan lingkup umum berbeda. Internetworking protokol beroperasi di lapisan jaringan dan mencakup layanan routing, seperti yang ditunjukkan pada Gambar I-15. (linktionary, 2011)
B.   Studi kasus SPX II.
Kinerja tinggi modul cetak dirancang untuk pelabelan di lini produksi.
Menggunakan SPX II seri cetak modul, label, tekstil dan bahan plastik dapat dicetak pada dengan resolusi tinggi baik dalam modus dispensing dan modus operasi terus-menerus. Perakitan modul cetak mungkin baik dalam posisi instalasi horizontal dan vertikal dan, karena unit kontrol dilepas dan mobile, modul cetak dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam hampir semua sistem kemasan.
Modul cetak dirancang untuk aplikasi kecepatan tinggi dengan throughput tinggi dari label sangat cocok untuk pencetakan dan aplikasi sistem seperti sistem menyortir surat, label pallet dan pelabelan komponen elektronik. (Valentin.de, 2011)

12.      Troubleshooting Lapisan Sesi Jaringan WAN

A.  NetBIOS over IPX
NetBIOS (singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: Network Basic Input/Output System) adalah sebuah spesifikasi yang dibuat oleh International Business Machine (sebenarnya dibuat oleh Sytek Inc. untuk IBM) dan Microsoft yang mengizinkan aplikasi-aplikasi terdistribusi agar dapat saling mengakses layanan jaringan, tanpa memperhatikan protokol transport yang digunakan. Versi NetBIOS paling baru adalah NetBIOS versi 3. Implementasi versi awal dari NetBIOS hanya mengizinkan jumlah node yang terhubung hingga 72node saja. Versi-versi selanjutnya memperluas jumlah node yang didukung hingga ratusan node dalam sebuah jaringan. (sebtian, 2015)
NetBIOS over IPX adalah implementasi yang dilakukan Novell, dimana NetBIOS menggunakan datagram IPX untuk membawa protokol frame NetBIOS. Dalam jaringan IPX / SPX, alamat 48 bit (biasanya alamat MAC) mengidentifikasi sebuah node pada jaringan dan alamat 32 bit mengidentifikasi setiap jaringan. Jadi IPX adalah protokol routable yang membutuhkan sedikit administrasi, yang membuatnya menjadi berguna untuk penerapan dengan NetBIOS. (Yuniarka, Jelaskan secara detail tentang NetBIOS over IPX, 2016)
B.   NetBIOS over TCP / IP
NetBIOS over TCP / IP ditentukan oleh RFC 1001 dan RFC 1002. Sopir Netbt.sys adalah komponen-mode kernel yang mendukung antarmuka TDI. Layanan seperti workstation dan server menggunakan antarmuka TDI langsung, sementara aplikasi NetBIOS tradisional memiliki panggilan mereka dipetakan ke TDI panggilan melalui driver Netbios.sys. Menggunakan TDI untuk melakukan panggilan ke NetBT adalah tugas pemrograman lebih sulit, tetapi dapat memberikan kinerja yang lebih tinggi dan kebebasan dari NetBIOS keterbatasan sejarah. (Technet, 2011)
NetBIOS over TCP/IP (sering disingkat menjadi NBT atau NetBT) adalah sebuah protokol jaringan yang mengizinkan aplikasi jaringan komputer yang lama yang menggunakanApplication Programming Interface (API) NetBIOS agar dapat digunakan di dalam jaringan modern berbasis protokol TCP/IP. NetBIOS over TCP/IP didefinisikan di dalam RFC 1001, RFC 1002, dan RFC 1088.
API NetBIOS dikembangkan pada awal dekade 1980-an, yang ditujukan untuk jaringan-jaringan komputer skala kecil (kira-kira jaringan komputer yang memiliki jumlah anggotaselusin saja). Beberapa aplikasi masih menggunakan API NetBIOS dan tidak dapat bekerja dengan benar dalam jaringan komputer modern yang terdiri atas banyak komputer ketika NetBIOS dijalankan di atas NetBEUI. Ketika dikonfigurasikan dengan benar, NetBIOS over TCP/IP ini dapat mengizinkan aplikasi-aplikasi jaringan komputer yang berbasis API NetBIOS agar dapat berjalan di dalam jaringan berbasis protokol TCP/IP (termasuk di antaranya jaringan Internet) tanpa harus ada perubahan. (Wikipedia, NetBIOS over TCP/IP, 2010)
C.  NetWare layanan iklan protokol (SAP).
SAP (Service Advertisement Protocol) mengijinkan node untuk menyiarkan alamat dan layanan IPX. Paket dikirim setiap 60 detik. Klien menggunakan SAP untuk meminta server terdekat ketiga logging dalam jaringan. Server menggunakan SAP untuk  menyiarkan layanan. Server mengirimkan pesan SAP untuk memberitahukan layanan dalam jaringan dan mengirinkan kembali paket RIP untuk mengumumkan cara masuk dalam jaringan. Selain itu, SAP berfungsi untuk melakukan pengawasan terhadap proses logging (pencatatan kejadian jalur komunikasi) baik dalam maupun luar jaringan dan mengatur pengiriman data antar user pada jaringan.
Operasi SAP dimulai ketika mendengarkan routers SAPs dan membangun sebuah tabel semua layanan jaringan beserta alamat. Routers kemudian mengirimkan mereka SAP table setiap 60 detik. Novell klien dapat mengirim permintaan tertentu meminta file, printer, atau layanan gateway. Lokal router merespon permintaan tersebut dengan jaringan yang diminta alamat layanan, dan klien maka dapat menghubungi operator secara langsung.
SAP adalah pada saat ini yg dpt menembus jaringan berdasarkan NetWare 3,11 dan sebelumnya, tetapi lebih sering digunakan dalam jaringan NetWare 4,0 workstation karena dapat menemukan layanan konsultasi yang NetWare Directory Services (NDS) Server. Namun SAP masih diperlukan dalam NetWare 4,0 workstation untuk jaringan ketika boot hingga menemukan sebuah NDS server. NDS  (NetWare  Directory  Service)  adalah  database  yang  berisi  jaringan  komunikasi dapat didistribusikan. (Yuniarka, Jelaskan secara detail tentang NetWare layanan iklan protokol (SAP), 2015)

13.      Troubleshooting Lapisan Presentasi Jaringan WAN

A.     Pendahuluan  troubleshooting lapisan presentasi WAN
WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan yang mencakup area yang sangat luas yang menjangkau batas provinsi bahkan sampai Negara yang ada di belahan bumi lain bahkan mencakup benua. (Husen'tz, Materi Troubleshooting Kelas XII, 2015)
Kabel Tester Sebagai Konsol SNMP

SNMP adalah sebuah protocol yang dirancang untuk memberikan kemampuan kepada pengguna untuk memantau dan mengatur jaringan komputernya secara sistematis dari jarak jauh atau dalam satu pusat kontrol saja.

Ethernet ISU Wiring

Keluarga teknologi jejaring komputer untuk jaringan wilayah setempat (LAN) yang biasanya menghubungkan banyak perangkat yang relatif dekat satu sama lain. Contohnya : Sistem jaringan pada gedung yang sama. Sejarah ethernet ini bermula dari sebuah pengembangan WAN di Universitas Of Hawaii pada akhir tahun 1960 yang dikenal dengan nama "ALOHA" . dan pada tahun 1975, Xerox Coporation mendesign Ethernet yang bisa menghubungkan 100 komputer dengan kecepatan 2,94 megabit/sekon melalui kabel yang cukup panjang, yaitu 1 km. (Wahid, 2015)

Fast Ethernet Kabel
Semakin berkembang aplikasi lewat LAN seperti CAD, image processing, audio dan vidio di mana dibutuhkan transportasi data yang menuntut kapasitas yang lebih besar dalam LAN maka ada implementasi LAN lagi yang disebut Fast Ethernet atau disimbolkan dengan 100BASET. Fast Ethernet mampu mentransfer data hingga 100 Mbps.
  Topologi Fast Ethernet tidak jauh beda dengan 10BASE-T.versi-versi terbaru Fast Ethernet inipun sudah banyak macam ragamnya. Misal: 100Base-t4 (Menggunakan UTP 4 pair seperti 10 Baset), 100BASE-XF (Menggunakan dua kabel serat optik pada masing-masing jalur pengirim dan penerima).

Token Ring Wiring

Token ring adalah permulaan standart LAN yang pernah dikembangkan oleh IBM.
 Token ring berbasis nstandart IEEE 802.5 dan beroperasi pada 4 atau 16 Mbps.Dengan Token-ring, device network secara fisik terhubung dalm konfigurasi ring di mana data dilewatkan dari device ke device secara berurutan.
 Protocol ini mencegah terjadinya tabrakan data (collision) dan memiliki kinerja yang lebih baik pada penggunaan high-level bandwidth. (muhammad, 2016)

B.   Abstrak Sintaks Notasi 1 (ASN.1)
Abstrak sintaks notasi satu (lebih dikenal sebagai ASN.1) adalah bahasa untuk menentukan standar tanpa penerapan. Ini adalah bahasa penulis standar. Ketika John Smith di CalTech ingin menulis rekomendasi untuk standarisasi prosedur yang salah satu komponen berikut untuk berbicara dengan komponen lain, ia menulis rekomendasi dalam notasi ASN.1, dan mengajukan rekomendasi untuk badan standar seperti ITU. ASN.1 memfasilitasi komunikasi antara profesional dan Komite dengan menawarkan bahasa umum untuk menggambarkan standar. ASN.1 ditetapkan di X.209 Rekomendasi ITU-T dan X.690. ASN.1 memiliki tanpa memperhatikan standar apapun khusus, metode pengkodean, pemrograman bahasa, atau platform perangkat keras. Ini hanya bahasa simpel untuk menentukan standar. Atau dengan kata lain, standar ditulis dalam ASN.1. (Husen'tz, Materi Troubleshooting Kelas XII, 2015)
C.     X Window
X-Windows (atau X11 atau X) adalah sistem grafis dan windowing bagi sistem operasi UNIX dan sistem-operasi-mirip-UNIX yang dikembangkan di Massachusetts Institute of Technology (MIT) sejak tahun 1984.
Dengan menggunakan X-Windows dan aplikasi Windows Manager, sebuah komputer dengan sistem operasi UNIX dapat memiliki sistem GUI (Graphical User Interface), seperti:
·         KDE
·         GNOME
·         fvwm
·         AfterStep (Wikipedia, X Window System, 2012)

14.      Troubleshooting Lapisan Aplikasi Jaringan WAN
A.  Hypertext Transfer Protokol (HTTP)
Definisi HTTP – Singkatan dari “Hypertext Transfer Protocol.” HTTP adalah protokol yang digunakan untuk mentransfer data melalui web. Ini adalah bagian dari protokol Internet dan mendefinisikan perintah dan jasa yang digunakan untuk transmisi data sebuah halaman web. Pengembangan standar HTTP dilaksanakan oleh Konsorsium World Wide Web (World Wide Web Consortium/W3C) dan juga Internet Engineering Task Force (IETF), yang menghasilkan publikasi beberapa dokumen Request for Comments (RFC), antara lain RFC 2616 yang mendefinisikan tentang HTTP/1.1. (dipublikasikan pada bulan Juni 1999).
Fungsi HTTP menetapkan bagaimana pesan diformat dan ditransmisikan, dan tindakan apa dari Web server dan browser untuk merespon berbagai perintah.  Pengertian HTTP dan fungsi. (Admin, Pengertian HTTP | Fungsi & Kegunaan HTTP, 2013)
B.  Netware Inti Protocol (NCP)
NetWare Inti Protocol (NCP) adalah protokol jaringan yang digunakan di beberapa produk dari Novell, Inc. Hal ini biasanya berhubungan dengan client-server sistem operasi Novell NetWare yang awalnya didukung terutama stasiun client MS-DOS, tetapi dukungan kemudian untuk platform lain seperti Microsoft Windows, Mac OS klasik, Linux, Windows NT, Mac OS X, dan berbagai rasa Unix ditambahkan.
NCP digunakan untuk akses file, print, direktori, sinkronisasi jam, messaging, perintah eksekusi jarak jauh dan fungsi layanan jaringan lainnya. Ini awalnya mengambil keuntungan dari konfigurasi jaringan yang mudah dan jejak memori sedikit dari IPX / SPX protokol stack. Sejak pertengahan 1990-an pelaksanaan TCP / IP tersedia.
Novell eDirectory menggunakan NCP untuk sinkronisasi perubahan data antara server di pohon layanan direktori. (Wikipedia, NetWare Core Protocol, 2014)

C.  Studi Kasus: Jaringan Lambat
Penyebab Koneksi Internet Lambat
a.       Kekuatan sinyal dari provider. 
b.       Adanya pembatasan pemakaian dari pihak provider.
c.        Membuka banyak tabs dalam waktu yang bersamaan juga berpengaruh terhadap lambat tidaknya koneksi internet.
d.       Lakukan update anti virus secara berkala. Bisa jadi browser Anda menjadi lemot karena terserang virus.
  1. Setting dan konfigurasi modem yang mungkin belum sesuai dengan standar provider.
f.        Terlalu lamanya pemakaian, tentu akan membuat modem menjadi panas.
g.        Koneksi yang putus nyambung mungkin juga menjadi salah satu penyebab mengapa internet Anda menjadi lemot. Untuk mengatasi masalah ini, coba lakukan PING. Utilitas ini digunakan untuk mengecek koneksi.
Caranya cukup mudah :.


a.       Klik Start – Run – Ketik CMD – Enter
b.       Setelah jendela Command Prompt terbuka, cukup ketikkan ping [spasi] alamat website yang ingin diuji koneksinya. Misalnya, Anda ingin menguji koneksi Google. Maka cukup ketik : ping [spasi] www.google.com
c.        Perhatikan pada bagian ‘time’. Apabila masih di bawah 1000ms berarti koneksi masih lancar

D.  Login Response Time terdegradasi
waktu respon server bervariasi tergantung pada apakah akun pengguna ditemukan atau tidak. Jika akun itu ditemukan, perbandingan bcrypt berjalan untuk memeriksa password; jika tidak, fungsi tersebut dapat kembali segera. Pada mesin lokal saya, saya mendapatkan ~ 600ms waktu respon ketika akun ditemukan, sementara aku mendapatkan ~ 30ms waktu respon ketika tidak. Dalam produksi, hanya menambahkan latency jaringan untuk keduanya.
Singkatnya, sebagai klien,  bisa menentukan apakah akun ada. (Stack, 2011)
E.    Koneksi Server turun.
 
agar internet tetap terhubung dan terus melakukan kirim dan minta paket data tersebut?. Ya kita gunakan cara ping di PC. Kenapa harus ping?. Baca Selengkapnya di Pengertian dan Fungsi Ping.Ping merupakan sebuah program/perintah untuk menguji sebuah konektivitas jaringan dengan cara mengirim paket data ke server yang dituju dan melihat respon serta data yang dikirm kembali. Kualitasnya kita bisa lihat dari paket yang lost (hilang). Semakin kecil semakin baik.
Untuk melakukan ping kita harus membuka Command Prompt (CMD) di pc dengan cara;

1. Silahkan tekan di keyboard WIn + R.
2. Ketikkan CMD, lalu enter.
3. Setelah terbuka silahkan ketik :
    ping www.namasitus.com misalnya nama situs google. maka ketikkan ping www.google.com –t
4. Jika hanya ingin menguji koneksi saja. ketikkan saja ping www.google.com, tanpa -t. Perintah -t berfungsi untuk menjalankan ping secara terus menerus. (Putrakomputer, 2011)

F.   Server Massage Block (SMB)
Server Message Block disingkat SMB adalah istilah bahasa Inggris dalam teknologi informasi yang mengacu kepada protokol client/server yang ditujukan sebagai layanan untuk berbagi berkas (file sharing) di dalam sebuah jaringan. Protokol ini seringnya digunakan di dalam sistem operasi Microsoft Windows dan IBM OS/2. Sistem operasi berbasis UNIX juga dapat menggunakannya dengan tambahan perangkat lunak yang disebut dengan SAMBA.
Protokol SMB ditemukan oleh Dr. Barry Feignbaum dari Laboratorium Boca Raton milik IBM pada saat sistem operasi MS-DOS masih berjaya. Protokol itu selanjutnya dikembangkan lebih lanjut oleh 3Com Corporation, IBM, Intel, dan Microsoft pada pertengahan dekade 1980 hingga akhir dekade tersebut. SMB awalnya menggunakan protokolNetBIOS sebagai protokol di mana ia berjalan, sebelum menggunakan protokol NetBIOS over TCP/IP (NBT) sebagai protokol lapisan transport-nya. Dengan begitu, SMB juga dapat digunakan dalam sebuah jaringan TCP/IP yang lebih luas dukungannya.
SMB mendukung fungsi-fungsi seperti:
·         Membuka dan menutup koneksi antara klien-klien SMB (yang disebut sebagai Redirector) dan server SMB (komputer yang menjalankan file and print services) untuk mengizinkan klien agar dapat mengakses sumberdaya di dalam jaringan.
·         Menemukan, membaca, dan menulisi berkas dalam sebuah file server.
·         Menemukan dan menggunakan alat pencetak yang digunakan bersama-sama untuk mencetak secara jarak jauh.
SMB memiliki empat jenis pesan (message):
·         Session Control Message: digunakan untuk membuka atau menutup sebuah koneksi antara redirector dengan server.
·         File Message: digunakan oleh redirector untuk memperoleh akses terhadap berkas yang berada di dalam server.
·         Printer Message: digunakan oleh redirector untuk mengirimkan data ke sebuah antrean alat pencetak (print queue) yang terdapat dalam server.
·         Message: mengizinkan aplikasi untuk saling bertukar pesan dengan komputer lainnya. (Wikipedia, Server Message Block, 2010)
G.   Poor Waktu Respon
Waktu Tanggap ( Response Time) adalah waktu tanggap yg diberikan oleh antar muka/interface ketika user merequest/ mengirim permintaaan ke komputer. Secara umum, pengguna menginginkan bahwa program aplikasinya dapat memberikan waktu tanggap yang sependek – pendeknya. (onthoni, 2012)
H.   Poor throughput
Troughput adalah bandwidth yang sebenarnya atau aktual, diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk melakukan transfer file dengan ukuran tertentu juga.  (Aldhinya, 2016 )
I.      MS Browser Protokol
Protokol dalam ilmu komputer berarti seperangkat peraturan atau prosedur untuk mengirimkan data antara perangkat elektronik.
Browser Microsoft Ujung baru (sebelumnya diberi kode Project Spartan) keluar diadili dan dapat didownload. Pertanyaan pertama saya adalah: Apakah Microsoft Ujung akhirnya mendukung SSE (Server Side Event) protokol? Kita tahu bahwa IE tidak pernah mendukung SSE, untuk kekecewaan beberapa programmer komputer. (Stackoverflow, 2011)
 
 
15.      Pemecahan Masalah Pada Perangkat Jaringan Nirkabel
A.   Perangkat bluetooth
Bluetooth adalah suatu peralatan media komunikasi yang dapat digunakan untuk menghubungkan sebuah perangkat komunikasi dengan perangkat komunikasi lainnya, bluetooth umumnya digunakan di handphone, komputer atau pc, tablet, dan lain-lain. Fungsi bluetooth yaitu untuk mempermudah berbagi atau sharing file, audio, menggantikan penggunaan kabel dan lain-lain. Saat ini sudah banyak sekali perangkat yang menggunakan bluetooth.
Sistem bluetooth terdiri atas: sebuah radio transceiver, baseband link Management dan Control, Baseband (processor core, SRAM, UART, PCM USB Interface), flash dan voice codec.
  • Baseband link controller menghubungkan hardware atau perangkat keras radio ke baseband processing dan juga layer protokol fisik.
  • Link manager melakukan aktivitas protokol tingkat tinggi, yaitu seperti melakukan link setup, autentikasi dan juga konfigurasi. (Sora, 2015)
B.   Perangkat Access point
Access Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. Dengan access points (AP) clients wireless bisa dengan cepat dan mudah untuk terhubung kepada jaringan LAN kabel secara wireless.
fungsi access point adalah sebagai berikut :
1. Mengatur supaya AP dapat berfungsi sebagai DHCP server
2. Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access(WPA)
3. Mengatur akses berdasarkan MAC Address device pengakses
4.  Sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel. (Sanha, 2015)
C.   Perangkat Antena grid
Antena grid merupakan salah satu antena wifi yg paling populer. Perangkat keluaran TPLINK ini berfungsi untuk memperkuat dan mengarahkan sinyal wireless untuk melakukan koneksi point to point, multi point, atu sebagai client dai RT/RW NET. 
Fungsinya adalah dimana antenna ini adalah menerima dan mengirim signal data dengan sisitem gelombang radio 2,4 Mhz.Dimana data tersebut bisa dalam bentuk intranet atau internet.
Antenna Grid terbagi menjadi 2 macam dengan frekuensi yang berbeda yaitu :
Bagian - Bagian Antenna Grid
·         Antenna Feed
·         Grid Reflector
·         Rear Hosting
·         Feed Extender
·         L Bracket
·         Pole Clamp (Rizaldy, 2015)

D.   Perangkat Antena omnidirection
Antena omnidirectional adalah sebuah perangkat penerima yang mampu mengirim dan menerima sinyal dari segala arah. Antena jenis ini dapat digunakan untuk menerima sinyal siaran televisi atau siaran audio dari stasiun radio, atau memungkinkan perangkat robot untuk dioperasikan dengan menggunakan microwave atau teknologi wireless.
Spesifikasi Antena OmniDirectional
Antena ini mempunyai sudut pancaran yang besar (wide beamwidth) yaitu 3600 dengan daya lebih meluas, jarak yang lebih pendek tetapi dapat melayani area yang luas Omni antena tidak dianjurkan pemakaian-nya, karena sifatnya yang terlalu luas se-hingga ada kemungkinan mengumpulkan sinyal lain yang akan menyebabkan inter-ferensi. antena omni directional mengirim atau menerima sinyal radio dari semua arah secara sama, biasanya digunakan untuk koneksi multiple point atau hotspot. (Nurjanah, 2015)
E.   Antena Pico          
Pico stasiun ini adalah Access point kecil yang dapat diletakan diluar ruangan.
 alat yang hampir mirip seperti Nano Stasiun yang dapat mengubah modenya menjadinya AP,AP WDS,Stasiun dan Stasiun WDS tetapi cuma ukurannya lebih kecil dari Nano Stasiun. (Yana, 2012)
F.    Perangkat wireless repeater / router
Sebuah repeater nirkabel (juga disebut range extender nirkabel) mengambil sinyal yang ada dari router nirkabel atau titik akses nirkabel dan menyiarkan ulang untuk menciptakan jaringan kedua. Ketika dua atau lebih host harus terhubung satu sama lain melalui protokol IEEE 802.11 dan jarak yang terlalu panjang untuk koneksi langsung yang akan didirikan, repeater nirkabel digunakan untuk menjembatani kesenjangan. (Wikipedia, Wireless repeater, 2013)

16.      Pemecahan Masalah Layanan Web Server
Pengenalan protokol HTTP
HTTP – Singkatan dari “Hypertext Transfer Protocol.” HTTP adalah protokol yang digunakan untuk mentransfer data melalui web. Ini adalah bagian dari protokol Internet dan mendefinisikan perintah dan jasa yang digunakan untuk transmisi data sebuah halaman web.
HTTP menggunakan model server-client. Seorang klien, misalnya, semisal komputer rumahan, laptop, atau perangkat mobile. Server HTTP biasanya sebuah web host yang menjalankan perangkat lunak web server, seperti Apache atau IIS. 
Beberapa kode status HTTP:
200 – permintaan sukses (halaman web tersedia).
301 – pindah secara permanen (biasanya diteruskan ke URL baru).
401 – permintaan yang tidak sah (otorisasi diperlukan).
403 – dilarang (akses tidak diperbolehkan ke halaman atau direktori).
500 – server internal yang error (sering disebabkan oleh konfigurasi server yang salah). (Tekno, 2014)
1.    instalasi dan konfigurasi web server
Web server adalah sebuah sistem yang menyediakan tempat bagi halaman web agar dapat diakses oleh web client/browser.Karena menggunakan arsitektur client-server, maka web server bertindak sebagai pihak yang menyediakan halaman web kepada client.Web server dapat menerima permintaan HTTP dan kemudian meresponnya dengan mengirimkan kode-kode HTML.Web server di Linux yang terkenal adalah Apache. (Wiki, 2011)
Install dan Konfigurasi Web Server
1. Install apache2.  apt-get install apache2
2.  Setelah menginstall apache2, selanjutnya kita akan membuat virtualhost untuk domain kita. Pertama masuk dahulu ke direktori konfigurasinya.
cd /etc/apache2/sites-available 
3. Lalu kita copy default konfigurasinya agar kita tidak usah repot-repot mengetik konfigurasinya. Serta kita sesuaikan konfigurasinya.
4. Setelah selesai kita copy kita buka file konfigurasi tadi dengan menggunakan perintah " nano rofiq ", selanjutnya tekan enter untuk melanjutkan.
/etc/apache2/sites-available#
5. Kemudian tambahkan konfigurasi seperti yang ada didalam kolom gambar di bawah ini . kemudian simpan konfigurasi anda " Ctrl+x kemudian Y kemudian Enter " .
6. Selanjutnya kita akan mendisablekan file default dengan menggunakan perintah  " a2dissite default " untuk mendisble file default , kemudian tekan enter jika sudah .
7. Setelah mendisablekan file default kemudian kita aktifkan file . dengan menggunakan perintah " a2esite ' kemudian tekan enter untuk melanjutkannya.
8. Setelah kita mengaktifkan virtualHost selanjutnya kita buat direktori dan fie di direktori /var/www ( sesuaikan DocumentRoot )
cd /var/www
var/www# mkdir
/var/www# cp index.html/
/var/www# cd
9. lalu kita edit index.html agar tampilan sesuai keinginan kita.
/ nano index.html
10. Setelah selesai , Jangan lupa untuk merestart apache2 dengan menggunakan perintah 
" service apache2 restart  " atau bisa menggunakan perintah " /etc/init.d/apache2 restart "
service apache2 restart
11. Lalu coba kita buka domain kita dengan menggunakan perintah " w3m rofiq.net " atau bisa menggunakan perintah " www-browser rofiq.net ". ( jika sudah berhasil maka tampilan konfigurasi web (Rofiq, 2011)
2.    Klasifikasi permasalahan layanan web server
Web Server tidak menanggapi

a.      Verifikasi bahwa sambungan jaringan diaktifkan

Klik mulai, klik kanan Panel kontrol, dan kemudian klik buka.
Klik dua kali Sambungan jaringan, dan kemudian klik sambungan yang digunakan untuk mengakses server Web.
b.       Verifikasi bahwa sambungan tersambung.
Tekan CTRL + ALT + DELETE..
Klik tab proses , dan kemudian verifikasi bahwa proses Inetinfo.exe terdaftar di kolom Nama gambar . (Microsoft, 2011)
3.    Prosedur pemecahan masalah layanan web server
a.      Minor Service Failure (MSF)
Minor Layanan Kegagalan (MSF) Web server masih online, tetapi satu atau lebih jasa pendukung (seperti Imagistat, penagihan, Dokter HTML, alat administrasi, logging, tape backup, SCSI backup, dll) tidak bekerja dengan benar.
b.      Secondary Service Failure (ISF) 
Sekunder Layanan Kegagalan (ISF) halaman Web yang dilayani, tetapi satu atau lebih layanan sekunder (seperti email, Real Audio, Secure Server, Ngobrol Server, DNS, dll) tidak bekerja dengan benar.
c.       Primary Service Failure (PSF) 
Layanan utama Kegagalan (PSF) halaman Web yang tidak dilayani, tapi beberapa layanan masih online, seperti ssh, ping, dll
d.      Total Service Failure (TSF)
Total Service Kegagalan (TSF) Mesin tidak menanggapi setiap jaringan atau konsol permintaan.
e.       Gremlins
Gremlins. Koleksi longgar penyakit yang terjadi di luar mesin server, seperti listrik padam, kegagalan konektivitas jaringan, kegagalan DNS dan masalah routing (untuk beberapa nama). (Thomastongue, 2001)

17.      Pemecahan Masalah Layanan Mail Server
Pengenalan protokol SMTP (outgoing email)
SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik di Internet. Protokol ini dipergunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima. Protokol ini timbul karena desain sistem surat elektronik yang mengharuskan adanya server surat elektronik yang menampung sementara sampai surat elektronik diambil oleh penerima yang berhak. (Strive, 2013).
Pada umumnya SMTP telah anda peroleh melalui provider (ISP) anda. Jika anda belum mengetahui alamat SMTP provider, silakan hubungi ISP anda.
Berikut adalah list SMTP beberapa provider yang popular di Indonesia:
  • Telkomnet/Speedy: stmp.telkom.net
  • Fastnet/First Media/Kabelvision: mail.fast.net.id
  • Indosat: smtp.indosat.net.id
  • Biznet: smtp.biz.net.id
  • Net-zap: smtp.net-zap.com
  • Indonet: smtp.indo.net.id
  • Uninet: smtp.uninet.net.id
  • Linknet: mail1.link.net.id
  • CBN: smtp.cbn.net.id
  • Mynet: smtp.mynet.co.id
  • Jetcoms: smtp.jetcoms.net
  • NusaNet: smtp.nusa.net.id
  • Wasantara: jakarta.wasantara.net.id
  • Radnet: smtp.rad.net.id
  • MelsaNet: smtp.melsa.net.id
  • MitraNet: mail.mitra.net.id
  • Centrin: mail.centrin.net.id
  • VisionNet: pluto.vision.net.id
  • Infoasia: smtp.infoasia.net
  • Pacific: smtp.pacific.net.id
  • Dnet: dnet.net.id (Techscap, 2011)
1.    instalasi dan konfigurasi mail server
Mail server adalah server yang memungkinkan pengguna (user) untuk dapat mengirim dan menerima surat elektronik atau e-mail satu sama lain dalam satu jaringan atau dengan internet. Layanan ini menggunakan arsitektur client-server, artinya ada aplikasi client mengakses server email. Protocol yang umum digunakan adalah protocol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), POP3 (Post Office Protocol v3), dan IMAP (Internet Mail Access Protocol). SMTP (port 25) digunakan sebagai standar untuk menampung data mendistribusikan email, sedangkan POP3 (port 110) dan IMAP (port 143) digunakan agar user dapat mengambil dan membaca email secara remote. (Ahmad, 2012)
2.    Inbond troubleshooting
Inbond  dapat kita ibaratkan saat link kita berada di website orang lain. Contohnya adalah saat kita berselancar di facebook, lalu promosi atau post perihal kita punya website maka itu dapat di hitung satu inbound. (Ekaphrp88, Definisi Inbound dan Outbound, 2016)
3.    Outbond trouble shooting
yaitu link dari postingan kita atau homepage yang mengarah pada website orang lain. (Master, 2015)
18.      Pemecahan Masalah Layanan FTP Server
a.       pengertian FTP ( File Transfer Protocol )
FTP ( File Transfer Protocol ) adalah sebuah protocol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) computer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. FTP atau protocol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga diantara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai. FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan User name dan paswordnya yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguana terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses ,men-dawnload ,dan meng- updlot berkas- berkas yang ia kehenaki (valent, 2014).
Manfaat FTP (File Transfer Protocol) pada jaringan komputer.
a.       Dengan adanya FTP user dapat melakukan pertukaran file antar komputer dengan mudah dan aman.
b.      FTP dapat digunakan untuk melakukan backup dan restore data Website dengan mudah
c.       Dengan FTP memungkinkan transfer data yang reliable dan efisien.
d.      Dengan FTP user dapat melakukan indirect dan implicit remote computer. (Togok, 2015)
Cara Kerja FTP 
   Cara kerja utamanya digunakan dalam pengembangan situs web untuk menjalankan fungsi-fungsi FTP yaitu mentransfer halaman file dari komputer Client ke situs web komputer hosting, juga digunakan oleh situs yang menyediakan fasilitas download file. Ini juga digunakan untuk file intra-jaringan pada sistem jaringan komputer kecil. (Wijayanti, 2016)
Fungsi FTP
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan dan masih digunakan hingga saat ini. Fungsi FTP adalah untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. (Syarifuddin, 2013)
Secure File Transfer Protocol (SFTP)
SFTP adalah metode mentransfer file antar komputer melalui SSH aman aliran data aman. SFTP dalam hal komputasi mengacu pada SSH File Transfer Protocol, atau dikenal sebagai Secure File Transfer Protocol, yang merupakan protokol jaringan yang dirancang untuk menawarkan manajemen file, transfer file, dan fungsi akses file lebih setiap aliran data diandalkan atau saluran. (Hikmat, 2016)
b.      konfigurasi FTP dan SFTP.
Konfigurasi SFTP dengan konfigurasi pada terminal.
·          Buatlah sebuah group untuk user. Misalnya sftponly
·          pras@zones:~$ sudo groupadd sftponly
·          Setelah itu tambah user ke group tersebut
·          pras@zones:~$ sudo adduser pras sftponly
·          Install open-ssh jika belum terinstall dengan mengetikkan
·          pras@zones:~$ sudo apt-get install openssh-server
·          Setelah itu setting konfigurasi
·          pras@zones:~$ sudo nano /etc/ssh/sshd_config
·          Edit default
·          Subsystem sftp /usr/lib/openssh/sftp-server
·          menjadi
·          Subsystem sftp internal-sftp
·          Kemudian di bagian bawah tambahkan
·          Match group sftponly
ChrootDirectory /home/%u
X11Forwarding no
AllowTcpForwarding no
ForceCommand internal-sftp
·          Untuk dapat diakses ketikkan
·          pras@zones:~$ sudo chown root.root /home/pras
·          Untuk login sebagai user ketikkan
·          pras@zones:~$ sudo usermod -d / pras. (Dewata, 2011)
Konfigurasi FTP
1.      Install paket FTP dengan perintah #apt-get install proftpd
2.      Secara automatis akan muncul tampilan seperti berikut. Ini menandakan bahwa paket tersebut di dalam disk 2 Debian. Maka Ketik perintah “eject” untuk mengeluarkan disk 1 nya, lalu masukan Disk 2 nya.
3.      Lalu naikan perintah tadi (paket FTP)
4.      Lalu pilih Mandiri / Stand alone. Lalu tunggu prosesKemudian kita akan membuat di rektori baru dengan perintah #mkdir /home/Namapengguna
5.      Setelah mebuat direktori, lalu kita akan membuat akun ddengan perintah #userradd –d /home/Namapengguna
6.      Buat Password akun dengan perintah seperti gambar dibawah ini.
7.      Masukan Password
8.       Lalu kita akan membuat file yang akan terdapat pada FTP dengan perintah, #mcedit /home/dokho/coba.txt
9.      Lalu isi terserah anda.
10.  Buat Nama Folder. ketik : #mkdir /home/Namapengguna /koko
11.  Lakukan perintah restart, #reboot
12.  Maka proses konfigursi telah selesai, kini kita akan mencobanya apakah benar-benar berhasil di client. Maka buka terlebih dahulu web browsernya. Kemudian akses dengan url ftp.Nama pengguna.com, lalu akan muncul menu popup, lalu masukan aku tersebut yang sudah di buat sebelumnya.
13.  Dan lihat hasilnya.
14.  Hasil dari File (coba.txt). (Dhoko, 2012).
Konfigurasi SFTP.
SFTP (Secure File Transfer Protocol) adalah proses transfer file yang menggunakan protocol. SSH. Disini saya akan membahas bagaimana caranya mengkonfigurasi SFTP pada Ubuntu. Konfigurasi SFTP dengan konfigurasi pada terminal.
Buatlah sebuah group untuk user. Misalnya sftponly
pras@zones:~$ sudo groupadd sftponly
Setelah itu tambah user ke group tersebut
pras@zones:~$ sudo adduser pras sftponly
Install open-ssh jika belum terinstall dengan mengetikkan
pras@zones:~$ sudo apt-get install openssh-server
Setelah itu setting konfigurasi
pras@zones:~$ sudo nano /etc/ssh/sshd_config
Edit default
Subsystem sftp /usr/lib/openssh/sftp-server
menjadi
Subsystem sftp internal-sftp
Kemudian di bagian bawah tambahkan
Match group sftponly
ChrootDirectory /home/%u
X11Forwarding no
AllowTcpForwarding no
ForceCommand internal-sftp
Untuk dapat diakses ketikkan
pras@zones:~$ sudo chown root.root /home/pras
Untuk login sebagai user ketikkan
pras@zones:~$ sudo usermod -d / pras
c.       Prosedur Pemecahan masalah layanan ftp server
1.      Pesan error Login incorrect.
Dari pesannya saja sudah jelas bahwa ada masalah saat memasukkan username dan password. Coba cek kembali username dan password dengan teliti, jika masih bermaslah coba buat user baru untuk mengakses FTP. Solusi lainnya adalah dengan mengubah metode login dengan metode Anonymous yang tidak memerlukan username dan password.
2.      Pesan error Login Incorrect masih muncul sedangkan username dan password sudah benar.
Masalah ini terjadi karena saat pembuatan user directory yang diarahkan salah. Misalnya saat membuat directory untuk FTP terletak pada /home/share sedangkan saat menambahkan user, syntax yang dimasukkan adalah “useradd –d /share/ ftp” yang mana syntax tersebut mengarahkan ke direktory share yang terletak pada root (/) sedangkan didalam root tidak ada directory share. Maka seharusnya syntax yang dimasukkan adalah “useradd –d /home/share/ ftp”.
3.       Tidak bisa mengakses file yang ada dalam FTP.
Biasanya user yang mengalami masalah ini adalah user yang tidak mendapatkan hak akses untuk mengakses file yang pada FTP. Gantilah hak akses pada file di FTP atau jika perlu direktory FTP tersebut diubah menjadi full control. Cukup masukkan syntax “chmod 777 –R /home/share/” (sesuaikan dengan letak direktory FTP yang dibuat).  (Maroce, 2015)

19.      Pemecahan Masalah Layanan File Server
a.      instalasi dan konfigurasi sharing file, sharing printer
konfigurasi sharing file
§  Pertama setting dulu share nya di laptop 1 buka Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center > klik Change advanced sharing settings
§  Kemudian pilih/ klik All Network
§  Lalu setting, kalau sudah klik save settings
§  Nah setting juga di laptop 2 seperti langkah diatas
§  Kemudian di laptop 1 tentukan folder/file yang akan dishare, setelah itu klik kanan> share with > specific people..
§  Akan muncul pop up jendela baru Pengujiannya:
§  Kita cek dilaptop 2, buka explorer dan klik Network > pilih nama laptop 1 tadi
§  Nah akan muncul isi folder yang tadi kita share
§  Atau dengan cara klik tombol windows + R. Kemudian isi \\ip
contoh : \\172.17.5.23
§  Kemudian enter akan muncul sharing tadi. (Sibiro, 2015)
konfigurasi sharing printer
1.      Pertama, Klik start button, kemudian pilih Devices and Printers.
2.      Setelah itu akan terbuka windows devices and printers. Di window ini, kita bisa melihat hardware apa saja yang terhubung dengan komputer, salah satunya printer. Tentukan printer mana yang ingin kita sharing. Klik kanan pada printer tersebut, kemudian pilih printer properties.
3.      Akan terbuka window printer properties. Pilih tab Sharing pada windows tersebut.
4.      Setelah itu, beri checkbox pada opsi share this printer. Kita bisa memberi nama sesuai keinginan kita. Kemudian klik Apply, Ok.
5.      Nah, sekarang printer sudah berhasil di sharing dan siap digunakan oleh komputer lain yang terhubung. Kalau sudah berhasil di sharing, baru kita bisa mengakses printer tersebut.
6.      Kita bisa mengaksesnya melalui windows Explorer. Pada Address bar, ketikan IP address komputer yang melakukan sharing tadi
7.      Setelah itu akan terlihat apa saja yang telah disharing oleh komputer tersebut, salah satunya ada printer. Nah, pada printer tersebut klik kanan kemudian pilih Connect… . Tunggu beberapa saat sampai proses Connecting selesai.
8.      Setelah selesai, dan komputer kita sudah bisa mengakses printer yang disharing tadi, kita bisa tes mencetak sebuah dokumen. Biasanya sebelum mencetak, kita diberikan opsi untuk memilih printer mana yang akan digunakan. Nah, pada opsi ini kita pilih printer yang disharing, cirinya adalah setelah nama printer pasti tertulis IP address dari komputernya. Setelah memilih printer tersebut baru kita melakukan pencetakan dokumen. (novita, 2015)
b.    pemecahan masalah sharing file
Adakalanya pada saat sharing file atau printer dalam sebuah jaringan LAN Kantor sering mengalami masalah, seperti minta password administrator user dan lain sebagai nya.
Dari bebarapa pengalaman yang pernah saya alami, ada beberapa hal untuk mengatasi hal tersebut antara lain:
·         Matikan /Non Aktifkan Firewall Komputer.
·         Pada komputer windows xp klik Start > Control Panel > Administrative Tools > Computer Management > Pada Form Computer Management > klik System Tools > Local user and group > pilih user , jika name Guest nya dissable klik kanan Guest > Pilih Properties > Hilangkan Centang Account Is Disable > klik Tab Member Off > Klik Tombol Add > pada Form Select Groups klik Advanced> Klik Find Now > Kemudian pilih Semua Name hasil pencarian dengan cara klik kanan mouse (tahan) sampai terpilih semua nya
·         kemudian lakukan langkah yang sama pada Groups untuk pilihan Guest dan Users.
·         Setelah itu buka file sharing/printer sharing pada jaringan LAN pada komputer dengan cara klik Start Menu >  Run > ketikkan IP Address komputer tujuan > misalnya //192.168.0.28, (Agara, 2011)
c.      pemecahan masalah sharing printer
Komputer client tidak bisa print pada printer jaringan  silahkan coba untuk: 
1.                  Restart komputer tempat printer itu di share
2.                  Melakukan share ulang printer dengan nama yang sama atau diganti dengan nama yang berbeda
3.                  Clear task printer yang menumpuk terlalu banyak
Problem driver printer yang telah terinstall 
Cara menghapus driver printer sebagai berikut:
1.                  Silakan pilih start dan pilih/ketik run
2.                  Silakan ketikan printmanagement.msc pada kolom tersebut
3.                  Akan muncul tampilan print management, silahkan cek pada menu custom filters, silahkan cek pada folder all printers, all drivers, printer not ready, dan printer with jobs
4.                  Klik kanan dan delete. (Dirga, 2015)

Kertas tidak dapat masuk ke printer sebagaimana mestinya
Silakan mencoba petunjuk berikut untuk mengatasi masalah ini:
1. Cobalah untuk memuat ulang kertas ke dalam printer.
2. Bila ada, atur switch pilihan ukuran kertas sesuai dengan ukurannya.
3. Periksa kemungkinan terlalu banyaknya le mbaran kertas yang termuat.
4. Periksa apakah kertas dalam kondisi baik, tidak berkeriput atau melengkung.
5. Periksa apakah ukuran kertas adalah sama untuk setiap lembarnya.
6. Periksa apakah ada kertas lain yang tersumbat di dalam printer.
7. Periksa apakah “pintu” printer sudah tertutup dengan sempurna. (Abi, 2007)

20.      Pemecahan masalah layanan DNS server
 Pengenalan DNS server
Domain name system atau yang biasa disingkat dengan DNS merupakan sebuah sistem yang berfungsi menterjemahkan alamat IP ke nama domain atau sebaliknya, dari nama domain ke alamat IP. Jadi, host komputer mengirimkan queries berupa nama komputer dan domain name server yang kemudian dipetakan ke dalam alamat IP oleh DNS . (Zakaria, 2012)
Kelebihan DNS.

1. Mudah, DNS sangat mudah kerana user tidak lagi disusahkan untuk mengingat IP address sebuah komputer, cukup host name.
2. Konsisten, IP address sebuah komputer boleh berubah, tapi host name tidak boleh berubah.
3. Simple, DNS server mudah untuk dikonfigurasikan (bagi admin). (Wijanarko, 2013)
 Instalasi DNS
 install BIND9 (Berkeley Internet Name Domain versi 9) sebagai DNS Server. Jalankan command apt-get install bind9 atau aptitute install bind9. Tekan Y untuk melanjutkan. Tunggu sampai proses instalasi selesai.
 Konfigurasi DNS
Berikut file-file penting yang akan kita konfigurasi dalam DNS Server;
a. /etc/bind/named.conf
b. file forward
c. file reverse
d. /etc/resolv.conf
a.    Membuat Zona Domain
Setelah selesai menginstalasi bind9, kemudian konfigurasi bind9.
nano /etc/bind/named.conf.local
b.    File forward
Forward berfungsi untuk konversi dari DNS ke IP Address. Sebagai contoh ketika kita mengetikan www.nr.net melaui Web Browser, maka akan muncul website dari server Debian.
Kemudian membuat file konfigurasi untuk DNS tersebut. Karena commandyang dibutuhkan cukup banyak, maka kita kopikan saja dari file default yang sudah ada.
cp /etc/bind/db.local /etc/bind/db.nr.net
nano /etc/bind/db.nr.net
c.    File Reserve
Reverse berfungsi untuk konversi IP Address ke DNS. Sebagai contoh jika kita mengetikan IP Address 192.168.27.1 pada Web Browser, secara otomatis akan redirect ke alamatwww.nr.net. Pada bagian ini tidak diharuskan, jika tidak ingin mengkonfigurasi reverse juga bisa.
cp /etc/bind/db.127 /etc/bind/db.192.168.27.1
nano /etc/bind/db.192.168.27.1
d.    Menambahkan dns-name-server
Tambahkan dns dan nameserver dari Debian tersebut pada file resolv.conf agar dapat diakses melalui komputer localhost.
nano /etc/resolv.conf
     search nr.net
     nameserver 192.168.27.1
     Kemudian yang terakhir restart daemon dari bind9.
/etc/init.d/networking restart
Jika failed terjadi kesalahan pada satu file, yaitu named.conf. Periksa kembali script yang dibuat.
Konfigurasi DNS server selesai. Untuk pengujian, ping ke IP dan ping nr.net dari server maupun dari client. (Prihandi, 2013)

Inbond
Inbound Link adalah link dari postingan kita atau dari homepage kita sendiri maupun dari website orang lain yang mengarah pada website kita. (ENTREPRENEUR, 2016)
Outbond
Outbound dapat kita ibaratkan bahwa menempelkan website orang lain pada halaman website kita. Contohnya, kita mengutip tulisan dari website orang lain, lalu menempelkan sumber tersebu. (Ekaphrp88, Definisi Inbound dan Outbound, 2016)

21.      Pemecahan Masalah Layanan DHCP Server
Review Pengenalan DHCP  server
DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus memberikan alamat IP kepada semua komputer secara manual. Jika DHCP dipasang di jaringan lokal, maka semua komputer yang tersambung di jaringan akan mendapatkan alamat IP secara otomatis dari server DHCP. Selain alamat IP, banyak parameter jaringan yang dapat diberikan oleh DHCP, seperti default gateway dan DNS server.
DHCP didefinisikan dalam RFC 2131 dan RFC 2132 yang dipublikasikan oleh Internet Engineering Task Force. DHCP merupakan ekstensi dari protokol Bootstrap Protocol (BOOTP). (Nugraha, 2008)
Kelebihan DHCP
1.    Memudahkan dalam transfer data kepada PC client lain atau PC server.
2.    DHCP menyediakan alamat-alamat IP secara dinamis dan konfigurasi lain. DHCP ini didesain untuk melayani network yang besar dan konfigurasi TCP/IP yang kompleks.
3.    DHCP memungkinkan suatu client menggunakan alamat IP yang reusable, artinya alamat IP tersebut bisa dipakai oleh client yang lain jika client tersebut tidak sedang menggunakannya (off).
4.    DHCP memungkinkan suatu client menggunakan satu alamat IP untuk jangka waktu tertentu dari server. (Hadi, 2014)
Review konfigurasi dan instalasi DHCP server
1. Sebelumnya kita harus Menginstall Debian 7 di komputer kita atau juga di virtualbox dan VMWARE , apabila anda telah menginstall debian 7 maka anda login sebagai user biasa.
2. Lalu anda Install paket MC , dan melihat IP yang telah anda Masukkan sebelumnya. apabila anda ingin menambah Ip alias silahkan , tetapi saya di sini tidak menambahkan apapun  dan anda restart Networking , lalu Anda Coba liat IP apakah sudah Menjadi yang anda inginkan.
3. Kemudian Anda Coba Instal Paket DHCP-SERVER , dengan cara apt-get install dhcp3-server ,apabila ada Bacaan Failed anda jangan Takut Karena itu Maksudnya DHCP anda belum di konfigurasi atau juga bisa belum benar.
4.Kemudian Anda Konfigurasi DHCP-SERVERnya dengan cara
mcedit /etc/dhcp/dhcpd.conf , nah setelah itu anda konfigurasi dhcp-server dengan cara berikut. Tanda yang terdapat pada setiap baris yang ingin di konfigurasi sebelumnya anda hapus terlebih dahulu.
5. Setelah konfigurasi selesai dan mengikuti cara seperti yang diatas , lalu anda coba restart DHCP-server , dengan cara
/etc/init.d/isc-dhcp-server restart , apabila konfigurasi telah [ok] seperti di bawah ini maka konfigrasi dhcp-server anda sukses
6. Apabila Anda Memakai Aplikasi seperti VMWARE anda terlebih dahulu merubah settingannya dengan cara seperti ini.

–anda pilih menu edit paling atas VMWARE anda.
–lalu anda pilih Virtual Network Editor
.
–Kemudian Anda Pilih VMNET 8 lalu anda un checklist pilihan
Use local DHCP Service to Distribute IP address to VMS
7. Setelah itu Anda pilih Network Adapter sebagai VMNET 8 (NAT)
8. Setelah itu anda buka Network Connection di Client dan anda.
apabila sudah ada IP yang sebelumnya anda buat maka anda Hilangkan. coba disable terlebih dahulu VMnet 8 anda , Setelah itu anda coba Enable Kembali tunggu Beberapa saat sampai di indentifikasi.
9. Langkah yang terakhir anda tinggal Mencoba Mengeping IP anda seperti berikut ini , dan juga mengeping IP DHCP tersebut. (RUMAHWACANA.com, 2014)

Prosedur pemecahan masalah DHCP client
DHCP Client
Pengaturan protocol (ip address) dilakukan di client, apakah mode static atau dynamic, dhcp client meminta server untuk memberikan ip, sebelum client mendapatkan ip dynamic, client terlebih dahulu merequest ke server yang ada pada jaringan tersebut, dan server melakukan pemeriksaan terhadap client yang meminta ip dynamic, jika sesuai dan diperbolehkan maka server baru mengirimkan ip ke client. (Bagas, 2014)
Prosedur pemecahan masalah DHCP server
Untuk troubleshooting konfigurasi jaringan gunakan tool berikut: ipconfig, network diagnostic, dan Netdiag
Untuk troubleshooting masalah koneksi gunakan tool berikut: ping, pathping, tracert.
Troubleshooting konfigurasi TCP/IP

Misalkan konfigurasi sederhana pada diagram jaringan berikut ini adalah diagram umum untuk jaringan internet di rumahan untuk koneksi ke Internet. Jika anda menggunakan layanan Speedy Telkom, maka modem-router yang digunakan biasanya mempunyai konfigurasi default dengan IP address 192.168.1.1 yang mana IP address ini merupakan IP address Gateway bagi komputer yang terhubung dengan jaringan. Modem-router yang dipakai biasanya juga berfungsi sebagai DHCP server yang memberikan konfigurasi IP address kepada komputer dalam jaringan. Misalkan pada komputer A ada masalah tidak bisa koneksi terhadap komputer B atau tidak bisa koneksi ke Internet.
Untuk troubleshooting konfigurasi TCP/IP maka kita bisa memulai dari komputer yang bermasalah. Kita bisa memeriksa konfigurasi TCP/IP dengan menggunakan tool ipconfig pada command prompt. Bagaimana caranya? Tekan tombol ‘Windows’ dan tombol ‘R’ secara bersamaan untuk memunculkan windows RUN berikut dan ketik “cmd” terus klik “OK”. (M@yoRSsZ, 2012)

22.      Pemecahan Masalah Layanan NTP Server

1.     Review Pengenalan ntp server
Network Time Protocol (NTP) adalah sebuah protokol untuk sinkronisasi jam-jam sistem komputer di atas paket-switching, variabel-latency jaringan data. NTP menggunakan UDP pada port 123 sebagai lapisan transport. Ini dirancang khusus untuk melawan efek variabel laten dengan menggunakan jitter buffer. NTP juga mengacu pada referensi implementasi software yang didistribusikan oleh Proyek Pelayanan Publik NTP. (ANANDA, 2016)
Cara kerja :.
NTP bekerja dengan menggunakan algoritma Marzullo dengan menggunakan referensi skala waktu UTC. Sebuah jaringan NTP biasanya mendapatkan perhitungan waktunya dari sumber waktu yang terpercaya seperti misalnya radio clock atau atomic clock yang terhubung dengan sebuah time server. Komputer ini disebut juga stratum 1. Kemudian jaringan NTP ini akan mendistribusikan perhitungan waktu akurat ini ke dalam jaringan lain dengan protokol NTP yang disebut stratum 2. Komputer dalam jaringan tersebut dapat menyinkronkan jaringan lain yang disebut stratum 3, dan seterusnya sampai stratum 16.
Sebuah NTP client akan melakukan sinkronisasi dengan NTP server dalam sebuah interval pooling yang biasanya berkisar antara 64 sampai 1024 detik. Namun, waktu sinkronisasi ini bisa berubah secara dramatis bergantung kepada kondisi dan keadaan jaringan yang akan digunakannya. NTP menggunakan sistem hirarki dalam bekerja dan melakukan sinkronisasinya. Sistem hirarki ini menggunakan istilah Clock stratum atau strata untuk menggambarkan tingkatan-tingkatannya seperti yang sudah dijelaskan di atas. Sebuah perangkat NTP akan secara otomatis memilih perangkat dengan nilai stratum yang paling kecil untuk mendapatkan update pencatatan waktunya. Dengan demikian, maka tidak perlu melakukan mekanisme pemilihan rumit untuk mendapatkan tree dari NTP yang teratur dalam sebuah jaringan besar. Protokol NTP tetap bekerja dengan baik dalam melakukan sinkronisasi antara client dengan server-nya, meskipun melewati berbagai media. Tampaknya NTP tidak membeda-bedakan media cepat, media lambat, media padat, media kosong, dan sebagainya. (Purwaningsih, 2015)
2.     Review konfigurasi dan instalasi ntp server
Konfigurasi NTP
Langkah - langkahnya sebagai berikut :
1. Sebelumnya masuk dulu ke super user / root
2. Masukkan DVD Debian 6 yang ke satu
3. Lalu update repositori nya dengan mengetikan apt-cdrom add, lalu apt-get update
4. Lalu install NTP Servernya dengan mengetikan apt-get install ntp ntpdate seperti gambar dibawah ini lalu tekan Y, catatan : jangan lupa masukkan DVD Debian 6 yang ke satu.
5. Isikan ip address untuk Server NTP kita dengan mengetikan nano /etc/network/interfaces
6. Lalu simpan dengan menekan Ctrl+X lalu tekan Y lalu tekan Enter
7. Lalu restart interfacenya dengan mengetikan /etc/init.d/networking restart
8. Selanjutnya kita konfigurasi NTP nya dengan mengetikan nano /etc/ntp.conf
10. Selanjutnya tambahkan tanda # di depan tulisan "server", ada empat tulisan "server".
11. Tambahkan konfigurasi seperti gambar dibawah ini
12. Lalu cari lagi tulisan "#restrict 192.168.123.0 mask 255.255.255.0 notrust", lalu tambahkan konfigurasi dibawahnya seperti gambar dibawah:
13. Lalu simpan konfigurasi dengan menekan tombol Ctrl+X, lalu tekan Y dan tekan Enter
14. Lalu restart lagi konfigurasi NTP nya dengan mengetikan /etc/init.d/ntp restart
15. Lalu cek apakah konfigurasi sudah benar atau tidak dengan mengetikan ntpq -p,
16. Selanjutnya kita tinggal cek di client Windows XP nya
17. Kita double-klik jam yang ada di pojok kanan bawah
18. Selanjutnya kita pindah ke tab Internet Time
19. Lalu kita isikan ip server NTP kita seperti gambar dibawah lalu kita Update Now
20. Selesai deh NTP Server kita (Catur, 2015)
Pengujian via Komputer Client
Pada system operasi windows, NTP Client sudah terinstal secara otomatis. Untuk pengujian Caranya :
Start Menu > Control Panel > Date and Time > Internet Time
Lalu masukkan alamat domain yang telah dibuat :
Ntp.debian.edu lalu klik update now kemudian klik apply dan ok (INFORMASI, 2012)
3.     Prosedur pemecahan masalah ntp server

Prosedur pemecahan masalah ntp server
Troubleshooting NTP Hal pertama yang pertama . Pastikan Anda memiliki jaringan NTP Anda dirancang dengan baik . Juga pastikan Anda memiliki NTP dikonfigurasi dengan benar . Jika file ntp.conf Anda tidak memiliki pilihan iBurst ditentukan di dalamnya , kemungkinan yang baik sebenarnya Anda tidak benar dikonfigurasi NTP. (Eddy, 2015)

Daftar Pustaka

Abi. (2007, May 8). Langka-langkah Mengatasi Masalah Printer. Retrieved from CATATAN ABI: http://habi3.blogspot.co.id/2007/05/langka-langkah-mengatasi-masalah.html
Aby, R. (2015, Oktober 21 ). Pengertian NetBIOS . Retrieved from Tugas Jaringan Komputer: http://rifatabytugas.blogspot.co.id/2015/10/pengertian-netbios.html
Adinata, A. ( 2015, October 14). Pengertian, Fungsi, dan Manfaat DNS (Domain Name System). Retrieved from Pengertian, Fungsi, dan Manfaat DNS (Domain Name System).: http://4lrb.blogspot.co.id/2015/01/pengertian-fungsi-dan-manfaat-dns.html
Adityapratama, W. (2014, Mei 19). Presentation Layer. Retrieved from Presentation Layer (Lapisan Presentasi): http://catatanwawan92.blogspot.co.id/2014/05/presentation-layer-lapisan-presentasi.html
Admin. (2010, Januari 30). Protocol Jaringan Komputer - IPX/SPX. Retrieved from Nusatrip.com: http://catatan-ti.forumotion.com/t6-protocol-jaringan-komputer-ipx-spx
Admin. (2013, Maret 29). Pengertian HTTP | Fungsi & Kegunaan HTTP. Retrieved from Pengertian HTTP | Fungsi & Kegunaan HTTP: http://jaringankomputer.org/pengertian-http-fungsi-cara-kerja-http/
Agara. (2011, December 6). Mengatasi masalah Sharing Printer atau File dalam Jaringan LAN. Retrieved from Serba/! Teknologi dan Informasi: https://agara-net.blogspot.co.id/2011/12/mengatasi-masalah-sharing-printer-atau.html
Ahmad, H. (2012, Mei 12). Modul 8: Instalasi dan Konfigurasi Mail dan Web Mail Server Debian 6 Squeeze. Retrieved from Modul 8: https://habibahmadpurba.wordpress.com/2013/10/02/modul-7-instalasi-dan-konfigurasi-mail-server-debian-6-squeeze/
Aldhinya. (2016 , Oktober 09). Pengertian Bandwidth. Retrieved from Pengertian Bandwidth dan Throughput Lengkap: http://www.aldhinya.com/2016/07/pengertian-dan-perbedaan-bandwidth-dan-throughput.html
ANANDA, F. D. (2016, April 11). Pengertian dan Cara Kerja Network Time Protocol (NTP). Retrieved from FellyAdr: http://felly-adr.blogspot.co.id/2014/11/pengertian-dan-cara-kerja-network-time.html
andiirmapaduwai. (2012, November 30 ). Pengertian TCP/IP dan fungsi TCP/IP, fungsi dari masing warna pada kabel UTP. Retrieved from Study Fun: http://andiirmapaduwai.blogspot.co.id/2012/11/pengertian-tcpip-dan-fungsi-tcpip.html
Bagas, A. (2014, January 3). Apa itu DHCP Server Dan DHCP Client. Retrieved from Bagas titik: http://bagas-hack.blogspot.co.id/p/pengertian-atau-penjelasan-dhcp-server.html
Budi, S. S. (2012, April 12). Pengertian Dan Fungsi NetBIOS. Retrieved from Rizal blog: http://syafrizalsetiabudi.blogspot.co.id/2013/03/pengertian-dan-fungsi-netbios.html
Catur. (2015, Maret 12). Pengertian NTP, Cara Kerja NTP dan Konfigurasi NTP. Retrieved from Pengertian NTP, Cara Kerja NTP dan Konfigurasi NTP: http://caturpurwaning.blogspot.co.id/2015/04/pengertian-ntp-cara-kerja-ntp-dan.html
Computer. (2015, 5 12). Full-duplex Ethernet. Retrieved from How Ethernet Works: http://computer.howstuffworks.com/ethernet15.htm
Dewata, F. (2011, Oktober 22). Instalasi Dan Konfigurasi SSH dan SFTP. Retrieved from Instalasi Dan Konfigurasi SSH dan SFTP: http://cladea4ever.blogspot.co.id/2011/10/instalasi-dan-konfigurasi-ssh-dan-sftp.html
Dhoko. (2012, Desember 22). nstalasi Dan Konfigurasi FTP di Debian 7. Retrieved from nstalasi Dan Konfigurasi FTP di Debian 7: http://rumahwacana.com/blog/instalasi-dan-konfigurasi-ftp-di-debian-7/
Dirga, D. ( 2015, OCT 5). Masalah Share Printer Pada Jaringan. Retrieved from dewadirga'blog: http://dewadirga.blogspot.co.id/2015/10/masalah-share-printer-pada-jaringan.html
dwifebriantoadmojo. (2014, 3 3). Pengertian PRESENTATION LAYER. Retrieved from Selamat Datang Selamat Membaca: http://dwifebriantoadmojo.blogspot.co.id/2014/03/pengertian-presentation-layer.html
Eddy. (2015, April 29). Troubleshooting layanan ntp server. Retrieved from Troubleshooting layanan ntp server: http://www.slideshare.net/Eddy_TKJ/troubleshooting-layanan-ntp-server
Ekaphrp88. (2016, April 26). Definisi Inbound dan Outbound. Retrieved from Untung Rahardja: http://untungrahardja.ilearning.me/2016/04/29/definisi-inbound-dan-outbound/
Ekaphrp88. (2016, April 29). Definisi Inbound dan Outbound. Retrieved from Untung Rahardja: http://untungrahardja.ilearning.me/2016/04/29/definisi-inbound-dan-outbound/
ENTREPRENEUR, K. (2016, April 20,). Pengertian Inbound dan Outbound Link. Retrieved from Master SEO dan WEB: http://masterseodanweb.blogspot.co.id/2014/08/pengertian-inbound-dan-outbound-link.html
estuwebdesign. (2015, April 1). Pengertian HTTPS, Manfaat HTTPS Dan Fungsi HTTPS. Retrieved from estu web: https://blog.estuwebdesign.com/2015/12/pengertian-https-manfaat-https-dan-fungsi-https/
Habibi, R. (2012, JULI 2 ). Seputar X Window, Window Manager dan Desktop Environment Pembangun GUI GNU/ Linux. Retrieved from Untuk Kami: https://untukkami.wordpress.com/2012/07/02/seputar-x-window-window-manager-dan-desktop-environment-pembangun-gui-gnu-linux/
Hadi. (2014, Mei 9). Pengertian Dan Kelebihan DHCP. Retrieved from WELCOME TO HADI 271091’S: https://hadi27.wordpress.com/pengertian-dan-kelebihan-dhcp/
Hikmat. (2016, November 1). Perbedaan antara SFTP dan SCP. Retrieved from Kliksma.com: http://kliksma.com/2015/06/perbedaan-antara-sftp-dan-scp.html
Husen'tz, M. ( 2015, SEPTEMBER 07 ). Materi Troubleshooting Kelas XII. Retrieved from Berbagi Ilmu: http://muhammadhusent.blogspot.co.id/2015/09/materi-troubleshooting-kelas-xii.html
Husen'tz, M. (2015, SEPTEMBER 07). Materi Troubleshooting Kelas XII. Retrieved from Berbagi Ilmu: http://muhammadhusent.blogspot.co.id/2015/09/materi-troubleshooting-kelas-xii.html
indonesia, P. p. (2011, Mei 22). Pengertian TCP (Transmission Control Protocol). Retrieved from Articles: http://www.proweb.co.id/articles/support/tcp.html
INFORMASI, T. (2012, July 26 ). NTP Server. Retrieved from TEKNOLOGI INFORMASI: http://jaringan-kabel.blogspot.co.id/2012/07/ntp-server.html
Irhash, A. S. (2010, Desember 17). Pengertian Remote Procedure Calls (RPC). Retrieved from SAHABAT BERSAMA: http://sobatbaru.blogspot.co.id/2010/12/pengertian-remote-procedure-calls-rpc.html
it, d. (2016, January, 16 ). Application Layer Jaringan Komputer. Retrieved from Manfaat: http://dosenit.com/jaringan-komputer/teknologi-jaringan/application-layer-jaringan-komputer
Journey, D. (204, Juli 18). My study in Information Technology. Retrieved from ICMP (Internet Control Message Protocol): http://studyinformatics.blogspot.co.id/2012/07/icmp-internet-control-message-protocol.html
junot, i. (n.d.). komponen jaringan. Retrieved from komponen jaringan: https://insave.wordpress.com/author/insave/
klien. (2014, Mei 19). Pengertian FTP. Retrieved from Knowledgebase: http://klien.indositehost.com/knowledgebase.php?action=displayarticle&id=8
linktionary. (2011, Maret 19). IPX/SPX . Retrieved from IPX/SPX (Internetwork Packet Exchange/Sequenced Packet Exchange): http://www.linktionary.com/i/ipx.html
M@yoRSsZ, I. (2012, SEPTEMBER 12). PERMASALAHAN DAN TROUBLESHOOTING DHCP SERVER. Retrieved from IicCalL M@yoRSsZ: https://iccallmayors.wordpress.com/2012/09/12/permasalahan-dan-troubleshooting-dhcp-server/
mahmudiuye. (n.d.). Deteksi dan Koreksi Kesalahan Data Link Layer. Retrieved from Deteksi dan Koreksi Kesalahan Data Link Layer: https://mahmudiuye.blogspot.co.id/2015/08/deteksi-dan-koreksi-kesalahan.html
Maroce, K.-c. ( 2015, NOVEMBER 23 ). Troubleshooting pada FTP. Retrieved from Masalah dan Troubleshooting pada FTP Server (proftpd): http://feisaldotkom.blogspot.co.id/2015/11/masalah-dan-troubleshooting-pada-ftp.html
Master. (2015, Januari 27). Pengertian Inbound dan Outbound Link. Retrieved from Master SEO dan WEB: http://masterseodanweb.blogspot.co.id/2014/08/pengertian-inbound-dan-outbound-link.html
Microsoft. (2011, Mei 23). Cara memecahkan masalah Server Web pada Windows Server 2003. Retrieved from Cara memecahkan masalah Server Web pada Windows Server 2003: https://support.microsoft.com/id-id/kb/323358
Mtu. (2011, January 27). A few easy questions - IPX - MTU - retrains - please assist ! Retrieved from A few easy questions - IPX - MTU - retrains - please assist !: http://www.verycomputer.com/5_2a9cf83237984003_1.htm
muhammad, f. N. (2016, Oktober 18). 3.8 Memahami Troubleshooting Lapisan Fisik Jaringan Wan. Retrieved from Trouble Shooting Jaringan: http://trojarferdy.blogspot.co.id/2016/10/38-memahami-troubleshooting-lapisan.html
N, S. (2010, november 10). Penjelasan tentang gateway dan fungsinya. Retrieved from Pengertian Gateway Dan Fungsinya Secara Jelas: http://www.pengertianku.net/2015/03/pengertian-gateway-dan-fungsinya.html
N, S. (2015, April 21). Pengertian Protokol Dan Jenisnya Pada Jaringan Komputer. Retrieved from Apa itu Protokol jaringan komputer?: http://www.pengertianku.net/2015/04/pengertian-protokol-dan-jenisnya-pada-jaringan-komputer.html
nabilashamm. (2013, SEPTEMBER 20,). Perangkat Jaringan. Retrieved from Perangkat Jaringan: https://nabilashammi.wordpress.com/2013/09/20/perangkat-jaringan/
Nahdillah, A. I. (2012, Januari 22). Pengertian IPX/SPX. Retrieved from Blog anak buton: http://nahdillah.blogspot.co.id/2012/02/pengertian-ipxspx.html
NATHALIA. (2014, Juni 11). Studi Literatur Tentang Protocol Internetwork Packet Exchange (IPX) Dan Sequenced Packed Exchange (SPX) Pada Novell Netware. Retrieved from Stts: http://www.stts.edu/browse/detailAbstrak/nrp/191111835
Net9. (2014, Desember 22). 1.1.5.1. Token Passing. Retrieved from Net9 komputer: https://sites.google.com/site/net9com/computer-networking/konsep-jaringan/desain-jaringan/topologi-ring/token-passing
nika. (2010, April 11). PENGERTIAN NFS. Retrieved from TEMPAT BELAJAR: http://nikanushalerehontkjb.blogspot.co.id/2014/12/pengertian-nfs.html
novita, D. (2015, Februari 11). Cara Mudah Sharing Printer di Windows 7 Melalui Jaringan LAN / Wifi. Retrieved from Cara Pintar Belajar Komputer: http://www.pintarkomputer.com/cara-mudah-sharing-printer-di-windows-7-melalui-jaringan-lan-wifi/
Nugraha, B. A. (2008, Mei 2). Pengenalan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol). Retrieved from LINUX: http://buthdiee.blogspot.co.id/2010/04/pengenalan-dhcp-dynamic-host.html
Nunalinda. (2013, Juni 22). Company Standard Protokol (2). Retrieved from LyndzZ's Blog : http://nunalinda.blogspot.co.id/2013_06_01_archive.html
Nurjanah, S. (2015, Mei 31). apa sih antena omni itu ? Retrieved from BLOG ANAK TKJ 1: http://sitinurjanah99.blogspot.co.id/2015/05/apa-sih-antena-omni-itu.html
Oferia. (2012, Oktober 14). TCP, UDP, PORT, SOCKET, TCP HEADER, HANDSHAKE(3WAY HANDSHAKING). Retrieved from Oferia: http://oferiachacha.blogspot.co.id/2012/10/tcp-udp-port-socket-tcp-header.html
onthoni, G. (2012, April 28). PENGERTIAN RESPONSE TIME . Retrieved from RESPONSE TIME (WAKTU : http://nurrhasanah32.blogspot.co.id/
Pengertianku. (2015, Agustus 16). Inilah Pengertian Telnet dan Fungsinya. Retrieved from PENGERTIAN APAPUN: http://www.pengertianku.net/2015/07/pengertian-telnet-dan-fungsinya.html
Prihandi, R. (2013, Maart 28 ). INSTALASI DAN KONFIGURASI DNS SERVER DI DEBIAN. Retrieved from GlypXuRd: http://reza-prihandi96.blogspot.co.id/2013/03/blog-post_28.html
punya, k. (2015, Desember 12). Pengertian HTTP dan Fungsi HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Retrieved from Kita Punya: http://www.kitapunya.net/2015/12/pengertian-fungsi-http.html
Purwaningsih, C. (2015, April 06 ). Pengertian NTP, Cara Kerja NTP dan Konfigurasi NTP. Retrieved from Catur Purwaningsih: http://caturpurwaning.blogspot.co.id/2015/04/pengertian-ntp-cara-kerja-ntp-dan.html
Putrakomputer. (2011, Maret 26). Cara Menstabilkan Koneksi Internet yang Putus Nyambung. Retrieved from Cara Menstabilkan Koneksi Internet yang Putus Nyambung: http://www.putrakomputer.com/2013/04/cara-menstabilkan-koneksi-internet-yang.html
Qwords. (2010, April September). Cara Melakukan traceroute. Retrieved from Qwords.com: https://kb.qwords.com/2010/04/cara-melakukan-traceroute/
Rian. (2011, Desember 1). 1. Pengertian UDP ( User Datagram Protocol ). Retrieved from UDPM user datagram protokol: c-share4u.blogspot.co.id/2012/09/udp-user-datagram-protocol.html
Risky, C. (n.d.). PEMECAHAN MASALAH DATA LINK LAYER. Retrieved from PEMECAHAN MASALAH DATA LINK LAYER: http://citramindmapping.blogspot.co.id/2016/08/pemecahan-masalah-data-link-layer-lan.html
Rizaldy, R. (2015, April 02). Definisi dan Bagian - Bagian Antena Grid. Retrieved from RENDTKJ2: https://magneticinfo.blogspot.co.id/2014/01/definisi-dan-bagian-bagian-antena-grid.html
Rofiq. (2011, April 23). Install Dan Konfigurasi Web Server Di Debian 7. Retrieved from Blogger-Mycomputer: https://blogger-mycomputer.blogspot.co.id/2015/04/install-dan-konfigurasi-web-server-di.html
RUMAHWACANA.com. (2014, Januari 24). Instalasi dan Konfigurasi DHCP-SERVER pada Debian 7. Retrieved from Instalasi dan Konfigurasi DHCP-SERVER pada Debian 7: http://rumahwacana.com/blog/instalasi-dan-konfigurasi-dhcp-server-pada-debian-7/
said, A. (2011, Januari 08). Model OSI terdiri dari 7 Layer. Retrieved from Berbagi: http://pocalypse.blogspot.co.id/2011/01/7-osi-layer.html
Sanha. (2015, Desember 22). Pengertian Access Point dan Fungsinya. Retrieved from Pengertian Access Point dan Fungsinya: http://www.wirelessmode.net/pengertian-access-point-dan-fungsinya.html
SANI, I. A. (n.d.). TRANSPARENT BRIDGE UNTUK INTERKONEKSI LAN IEEE-802 . Retrieved from TRANSPARENT BRIDGE UNTUK INTERKONEKSI LAN IEEE-802 : http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/1420/1/elektro-arman%20sani3.pdf
sebtian, B. (2015, Juli 22). NetBIOS. Retrieved from Menambah Wawasan Bersama Bayu: http://bayuneuer.blogspot.co.id/2011/02/netbios-ftp-samba-printer-sharing.html
Sibiro, M. (2015, Maret 4). Cara Konfigurasi Sharing File/Folder di Windows. Retrieved from Berbagilah Selagi Bisa: http://www.sibro21.org/2016/11/cara-konfigurasi-sharing-filefolder-di.html
Silfiana, S. (2016, SEPTEMBER 21). KD 9 pemanfaatan jaringan perhitungan dan efisiensi bandwidth pada ethernet. Retrieved from KD 8 Troubleshooting lapisan fisik Jaringan: http://selasilfiana01.blogspot.co.id/2016/09/kd-9-pemanfaatan-jaringan-perhitungan.html
Sora. (2015, Maret 21). Pengertian bluetooth, fungsi dan cara kerjanya. Retrieved from Pengertian Bluetooth, Fungsi Dan Cara Kerjanya: http://www.pengertianku.net/2015/03/pengertian-bluetooth-fungsi-dan-cara-kerjanya.html
Stack. (2011, Januari 11). Join the Stack Overflow Community. Retrieved from Join the Stack Overflow Community: http://stackoverflow.com/questions/184814/is-there-some-industry-standard-for-unacceptable-webapp-response-time
Stackoverflow. (2011, Maret 11). Does the new Microsoft Edge browser (formerly Project Spartan) support SSE (Server Side Events) protocol? Retrieved from Stackoverflow: http://stackoverflow.com/questions/29648747/does-the-new-microsoft-edge-browser-formerly-project-spartan-support-sse-serv
Strive, R. (2013, March 10). pengertian SMTP (Simple Mail Tranfer Protocol). Retrieved from ilmu mahasiswa: http://rudi-strife.blogspot.co.id/2013/03/pengertian-smtp-simple-mail-tranfer.html
Sukma, I. (2015, Oktober 6). Ethernet Frame. Retrieved from Indryani Sukma: http://indryanisrj.blogspot.co.id/2014/11/ethernet-frame.html
Syafaaturrizal, W. (2015, FEBRUARY 27). Tentang Jaringan Ethernet. Retrieved from Freebitchoinwin.com: http://oahoa.blogspot.co.id/2015/02/tentang-jaringan-ethernet.html
Syarifuddin, N. (2013, Januari 13). Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja FTP. Retrieved from Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja FTP: http://agustya-blog.blogspot.co.id/2013/01/pengertian-fungsi-dan-cara-kerja-ftp.html
Sysneta. (2013, January 23). Masalah Jaringan Lambat. Retrieved from TROUBLESHOOTING: http://www.jaringan-komputer.cv-sysneta.com/masalah-jaringan-lambat
Technet. (2011, Juni 23). Technet. Retrieved from NetBIOS Over TCP/IP: https://technet.microsoft.com/en-us/library/cc940063.aspx
Techscap. (2011, Maret 22). Definisi smpt. Retrieved from Techscap: http://techscape.co.id/hosting/smtp.ts
Tekno. (2014, Maret 9). HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Retrieved from Definisi Teknologi: http://wikitekno.net/2016/01/http.html
Thomastongue. (2001, August 27). 1.0 Introduction. Retrieved from Procedures for Web Server Troubleshooting: http://www.thomastongue.com/Writing/Troubleshooting.html
Togok, Y. (2015, Januari 5). Pengertian dan Fungsi FTP (File Transfer Protocol) Beserta Cara Kerjanya. Retrieved from Tutorial Komputer: http://www.teorikomputer.com/2016/01/pengertian-dan-fungsi-ftp-beserta-cara.html
valent, g. (2014, Juli 26). Pengertian Tentang FTP (File Transfer Protocol). Retrieved from Pengertian Tentang FTP (File Transfer Protocol): http://berandaku-gerry.blogspot.co.id/2014/06/pengertian-tentang-ftp-file-transfer.html
Valentin.de. (2011, Mei 06). High-performance print module designed for labelling in production lines. Retrieved from SPX II: http://www.carl-valentin.de/en/products/print-engines/spx-ii/overview/
Wahid, A. (2015, Desember 28). Troubleshooting Lapisan Fisik Jaringan WAN. Retrieved from MARUVI: http://wakidong.blogspot.co.id/2016/09/troubleshooting-lapisan-fisik-jaringan.html
wahyuni, s. ( 2015, Oktober 09 ). IEEE Lapisan Mac 48-bit Adressing. Retrieved from Blogku: http://sriblogku.blogspot.co.id/2015/10/ieee-lapisan-mac-48-bit-adressing.html
Widayati, S. ( 2009, December 5). Pengertian dan Definisi dari DNS (Domain Name System). Retrieved from http://www.g-excess.com/pengertian-dan-definisi-dari-dns-domain-name-system.html
Wijanarko, S. (2013, Mei 22). pengertian dns server dan fungsinya kegunaanya terlengkap. Retrieved from pengertian dns server dan fungsinya kegunaanya terlengkap: http://defas56.blogspot.co.id/2012/10/pengertian-dan-fungsi-dns-server.html
Wijayanti, F. (2016, Maret 4 ). pengertian , fungsi dan cara kerja FTP server PUBLISHED ON: 23.24 BY: fitri wijayanti IN:. Retrieved from Fitridantuntun: http://fitrituntun.blogspot.co.id/2015/11/pengertian-fungsi-dan-cara-kerja-ftp.html
Wiki. (2011, Juni 19). INSTALASI DAN KONFIGURASI WEB SERVER. Retrieved from WIKI UGOS: https://ugos.ugm.ac.id/wiki/panduan:administrasi_jaringan_menggunakan_linux_ubuntu:instalasi_dan_konfigurasi_web_server
Wikihow. (2011, Februari 23). Cara Menguji Koneksi (Ping) Alamat IP Lain. Retrieved from Wikihow: http://id.wikihow.com/Menguji-Koneksi-(Ping)-Alamat-IP-Lain
Wikipedia. (2010, Mei 11). NetBIOS over TCP/IP. Retrieved from Mari bergabung dengan sukarelawan Wikipedia bahasa Indonesia!: https://id.wikipedia.org/wiki/NetBIOS_over_TCP/IP
Wikipedia. (2010, Juni 17). Server Message Block. Retrieved from Server Message Block: https://id.wikipedia.org/wiki/Server_Message_Block
wikipedia. (2011, 11 2). Abstract Syntax Notation One. Retrieved from Abstract Syntax Notation One: https://en.wikipedia.org/wiki/Abstract_Syntax_Notation_One
wikipedia. (2011, Desember 1). MailSlot. Retrieved from MailSlot: https://en.wikipedia.org/wiki/MailSlot
Wikipedia. (2012, Januari 11). X Window System. Retrieved from X Window System: https://id.wikipedia.org/wiki/X_Window_System
Wikipedia. (2013, Januari 27). Wireless repeater. Retrieved from Wireless repeater: https://en.wikipedia.org/wiki/Wireless_repeater
Wikipedia. (2014, Desember 15). Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. Retrieved from IPX/SPX: https://id.wikipedia.org/wiki/IPX/SPX
Wikipedia. (2014, Maret 25 ). NetWare Core Protocol. Retrieved from NetWare Core Protocol: https://en.wikipedia.org/wiki/NetWare_Core_Protocol
wikipwdia. (n.d.). Named pipe. Retrieved from Named pipe: https://en.wikipedia.org/wiki/Named_pipe
Wirayasa, A. (2000, January 12). UDP (User Datagram Protocol). Retrieved from KETUTRARE: http://ketutrare.blogspot.co.id/2013/05/udp-user-datagram-protocol.html
Yana. (2012, Maret 02). Antena Sectoral. Retrieved from Blognya Dede Yana: http://dedeandrailmutkj.blogspot.co.id/
Yuniarka, R. (2015, April 23). Jelaskan secara detail tentang NetWare layanan iklan protokol (SAP). Retrieved from NetBIOS over IPX, NetBIOS over TCP / IP, NetWare layanan iklan protokol (SAP): http://rahma-happy-world.blogspot.co.id/2016/01/netbios-over-ipx-netbios-over-tcp-ip.html
Yuniarka, R. (2016, Januari 20). Jelaskan secara detail tentang NetBIOS over IPX. Retrieved from NetBIOS over IPX, NetBIOS over TCP / IP, NetWare layanan iklan protokol (SAP): http://rahma-happy-world.blogspot.co.id/2016/01/netbios-over-ipx-netbios-over-tcp-ip.html
Zakaria, M. (2012, April 1). Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja DNS pada Jaringan Komputer. Retrieved from Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja DNS pada Jaringan Komputer: http://www.nesabamedia.com/pengertian-fungsi-dan-cara-kerja-dns-pada-jaringan-komputer/
Zakiah's. (2013, Januari 08). Presentation Layer. Retrieved from Zakiah's: http://uraizakiah.blogspot.co.id/2013/01/presentation-layer.html
zulhijah, s. (2013, January 1). pengertian DHCP. Retrieved from siti zulhijah: https://izulmen.wordpress.com/dhcp-dynamic-host-configuration-protocol/

RIWAYAT HIDUP
Nama Lengkap                          :  Sulistiyowati
Sekolah                                      : SMK Islam 1 Blitar
Tempat, Tanggal Lahir              : Blitar, 15 Februari 1999
Jenis Kelamin                            : Perempuan
Kewarganegaraan                      : Indonesia
Agama                                        : Islam                           
Alamat                                        : Dayu Nglegok Blitar                      
Email                                          : Sulistiyowati375@gmail.com

Motto                                          : Belajar adalah gerbang meraih sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar