Selasa, 01 November 2016

30 SULIS studi kasus 10

STUDI KASUS
Tips menggunakan traceroute
Traceroute  / tracert ( pada windows )  berguna untuk  menganalisa jaringan internet  yang digunakan, dengan mengetahui rute perjalanan data melalui paket-paket data yang dikirim ke host (server) melalui media di internet atau jaringan komputer.
Cara Melakukan Traceroute :
  1. Klik Start –> Run
  2. Setelah muncul pop up lalu anda tinggal ketikkan –> CMD
  3. Lalu munculah gambar seperti di bawah ini , kemudian anda  tinggal ketikkan –> tracert (spasi) namadomainanda

Namun jika anda melihat pada hasil tracert ada tanda  *  atau pesan request timed out pada hasil tracert anda, maka disitulah masalah yang ada pada koneksi internet anda. Solusinya anda bisa menanyakan kepada pihak ISP (penyedia jasa internet) atau bisa didiskusikan dengan admin jaringan komputer anda  barangkali ada gangguan atau hal lainnya. (Qwords, 2010)
tips menggunakan PING dan ICMP
PING
Buka Command Prompt atau Terminal. Setiap sistem operasi memiliki antarmuka baris perintah untuk menjalankan perintah Ping. Perintah Ping secara visual hampir identik pada semua sistem.
·         Jika menggunakan Windows, buka Command Prompt. Klik tombol Start dan masukkan cmd ke dalam bidang Cari. Pengguna Windows 8 dapat mengetik "cmd" sementara di layar Start. Tekan Enter untuk memulai Command Prompt.
·         Jika menggunakan Mac OS X, buka Terminal. Buka folder Applications, lalu folder Utilities. Pilih Terminal.
·         Jika menggunakan Linux, buka jendela Telnet/Terminal. Aplikasi ini paling sering ditemukan di folder Accessories atau pada direktori aplikasi.
·         Pada Ubuntu, Anda dapat menggunakan pintasan ^ Ctrl+ Alt+T untuk membuka terminal. (Wikihow, 2011)

ICMP
Internet Control Message Protocol (ICMP) adalah protokol yang digunakan untuk membantu penanganan kesalahan (error handling) dan prosedur pengendalian (control procedure). Protokol ini bekerja pada network layer dan berurusan dengan layanan koneksi (connection services). Tugas dari ICMP adalah menyediakan pengendalian error atau kesalahan (error control ) dan pengendalian arus (flow control) pada network layer (lapisan internet).
Sistem kerja dari ICMP secara singkat adalah sebagai berikut : pesan ICMP akan diberi header IP tujuan dengan melalui interface yang ada. Kemudian setelah pesan tadi diterima oleh IP tujuan maka penerima akan menerima lagi pesan ICMP kepada IP tujuan (asal) bahwa pesan telah diterima (pesan yang dikirim tergantung tipe pesan yang dipesan oleh pengirim pertama). Jika terdapat kerusakan dalam interface yang dilalui sehingga tidak dapat meneruskan pesan, maka pesan akan mengirimkan pesan error kepada pengirim pertama. Tanggung jawab utama ICMP adalah melaporkan terjadinya error. Namun ICMP tidak memperbaiki error. Perbaikan error hanya dilakukan pada lapisan protokol yang lebih tinggi. Pesan error selalu di kirim ke alamat asal. (Journey, 204)
IPX 161 IPX disebarkan broadcast paket
IPX/SPX (Internetwork Packet Exchange/Sequenced Packet Exchange) mempunyai fungsi utama sebagai media transmisi data dan menjamin validitas data yang ditransmisikan oleh IPX sehingga data yang dikirim tidak mengalami gangguan ataupun terjadi kerusakan pada data. IPX dan SPX adalah protokol jaringan digunakan terutama pada jaringan menggunakan sistem operasi Novell NetWare.

IPX dan SPX diturunkan dari Xerox Network Systems 'IDP dan SPP protokol, masing-masing. IPX adalah protokol lapisan jaringan (lapisan 3 dari OSI Model), sedangkan SPX adalah protokol lapisan transport (lapisan 4 dari OSI Model). SPX lapisan yang duduk di atas layer IPX dan menyediakan layanan yang berorientasi koneksi antara dua node di dalam jaringan. SPX digunakan terutama oleh klien / server aplikasi.
IPX menyediakan layanan datagram atas paket-switched internetwork. Operasi dasarnya mirip dengan IP (Internet Protocol), namun skema pengalamatan, struktur paket, dan cakupan umum yang berbeda. Protokol internetworking beroperasi di lapisan jaringan dan mencakup layanan routing. (Nahdillah, 2012)
IPX MTU Mismatch 172
MTU adalah "unit transmisi maksimum," dan MSS adalah "ukuran segmen maksimum."
Anda tidak harus tahu atau peduli tentang TCP MSS, karena itu harus
secara dinamis dihitung dengan tumpukan Anda.
MTU adalah tetap untuk link. Ini adalah IP datagram terbesar yang dapat
dikirim tanpa fragmentasi. Dengan asumsi tidak ada IP atau TCP opsi digunakan,
MSS adalah MTU - 20 byte dari header IP - 20 byte header TCP.
Yang sesuai perhitungan UDP adalah MTU - 20 byte dari header IP -
8 byte UDP sundulan. Untuk 576, pesan UDP terbesar yang dapat
dikirim tanpa fragmentasi adalah 548 byte.
Tentu saja, fragmentasi IP memungkinkan Anda untuk mengirim paket yang lebih besar jika Anda
ingin.
(Dalam pekerjaan terakhir saya, saya menemukan bahwa sebuah aplikasi bernama "PointCast" itu,
untuk beberapa alasan, tidak dapat menangani dengan benar dengan paket IP terfragmentasi.
Aku tidak tahu bagaimana itu tahu atau peduli tentang IP reassembly. saya akan
menduga bahwa sebagian besar menangani bersih 1500 MTU sekarang karena rapuh
aplikasi seperti ini.). (Mtu, 2011)




Bibliography

Journey, D. (204, Juli 18). My study in Information Technology. Retrieved from ICMP (Internet Control Message Protocol): http://studyinformatics.blogspot.co.id/2012/07/icmp-internet-control-message-protocol.html
Mtu. (2011, January 27). A few easy questions - IPX - MTU - retrains - please assist ! Retrieved from A few easy questions - IPX - MTU - retrains - please assist !: http://www.verycomputer.com/5_2a9cf83237984003_1.htm
Nahdillah, A. I. (2012, Januari 22). Pengertian IPX/SPX. Retrieved from Blog anak buton: http://nahdillah.blogspot.co.id/2012/02/pengertian-ipxspx.html
Qwords. (2010, April September). Cara Melakukan traceroute. Retrieved from Qwords.com: https://kb.qwords.com/2010/04/cara-melakukan-traceroute/
Wikihow. (2011, Februari 23). Cara Menguji Koneksi (Ping) Alamat IP Lain. Retrieved from Wikihow: http://id.wikihow.com/Menguji-Koneksi-(Ping)-Alamat-IP-Lain





Tidak ada komentar:

Posting Komentar