Selasa, 01 November 2016

30 sulis materi 13 Troubleshooting lapisan presentasi jaringan WAN

Troubleshooting lapisan presentasi jaringan WAN

1.     Pendahuluan  troubleshooting lapisan presentasi WAN
WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan yang mencakup area yang sangat luas yang menjangkau batas provinsi bahkan sampai Negara yang ada di belahan bumi lain bahkan mencakup benua. (Husen'tz, Materi Troubleshooting Kelas XII, 2015)
Kabel Tester Sebagai Konsol SNMP

SNMP adalah sebuah protocol yang dirancang untuk memberikan kemampuan kepada pengguna untuk memantau dan mengatur jaringan komputernya secara sistematis dari jarak jauh atau dalam satu pusat kontrol saja.

Ethernet ISU Wiring

Keluarga teknologi jejaring komputer untuk jaringan wilayah setempat (LAN) yang biasanya menghubungkan banyak perangkat yang relatif dekat satu sama lain. Contohnya : Sistem jaringan pada gedung yang sama. Sejarah ethernet ini bermula dari sebuah pengembangan WAN di Universitas Of Hawaii pada akhir tahun 1960 yang dikenal dengan nama "ALOHA" . dan pada tahun 1975, Xerox Coporation mendesign Ethernet yang bisa menghubungkan 100 komputer dengan kecepatan 2,94 megabit/sekon melalui kabel yang cukup panjang, yaitu 1 km. (Wahid, 2015)

Fast Ethernet Kabel

 Semakin berkembang aplikasi lewat LAN seperti CAD, image processing, audio dan vidio di mana dibutuhkan transportasi data yang menuntut kapasitas yang lebih besar dalam LAN maka ada implementasi LAN lagi yang disebut Fast Ethernet atau disimbolkan dengan 100BASET. Fast Ethernet mampu mentransfer data hingga 100 Mbps.
  Topologi Fast Ethernet tidak jauh beda dengan 10BASE-T.versi-versi terbaru Fast Ethernet inipun sudah banyak macam ragamnya. Misal: 100Base-t4 (Menggunakan UTP 4 pair seperti 10 Baset), 100BASE-XF (Menggunakan dua kabel serat optik pada masing-masing jalur pengirim dan penerima).

Token Ring Wiring

Token ring adalah permulaan standart LAN yang pernah dikembangkan oleh IBM.
 Token ring berbasis nstandart IEEE 802.5 dan beroperasi pada 4 atau 16 Mbps.Dengan Token-ring, device network secara fisik terhubung dalm konfigurasi ring di mana data dilewatkan dari device ke device secara berurutan.
 Protocol ini mencegah terjadinya tabrakan data (collision) dan memiliki kinerja yang lebih baik pada penggunaan high-level bandwidth. (muhammad, 2016)

2.   Abstrak Sintaks Notasi 1 (ASN.1)
Abstrak sintaks notasi satu (lebih dikenal sebagai ASN.1) adalah bahasa untuk menentukan standar tanpa penerapan. Ini adalah bahasa penulis standar. Ketika John Smith di CalTech ingin menulis rekomendasi untuk standarisasi prosedur yang salah satu komponen berikut untuk berbicara dengan komponen lain, ia menulis rekomendasi dalam notasi ASN.1, dan mengajukan rekomendasi untuk badan standar seperti ITU. ASN.1 memfasilitasi komunikasi antara profesional dan Komite dengan menawarkan bahasa umum untuk menggambarkan standar. ASN.1 ditetapkan di X.209 Rekomendasi ITU-T dan X.690. ASN.1 memiliki tanpa memperhatikan standar apapun khusus, metode pengkodean, pemrograman bahasa, atau platform perangkat keras. Ini hanya bahasa simpel untuk menentukan standar. Atau dengan kata lain, standar ditulis dalam ASN.1. (Husen'tz, Materi Troubleshooting Kelas XII, 2015)

3.    X Window
X-Windows (atau X11 atau X) adalah sistem grafis dan windowing bagi sistem operasi UNIX dan sistem-operasi-mirip-UNIX yang dikembangkan di Massachusetts Institute of Technology (MIT) sejak tahun 1984.
Dengan menggunakan X-Windows dan aplikasi Windows Manager, sebuah komputer dengan sistem operasi UNIX dapat memiliki sistem GUI (Graphical User Interface), seperti:
·         KDE
·         GNOME
·         fvwm
·         AfterStep (Wikipedia, 2012)


Nama : Sulistiyowati
Kelas : XII K2
Absen : 30
Sekolah : SMK ISLAM 1 BLITAR
Hobby : Menulis


lihat tulisan asli saya KLIK DISINI


Daftar Pustaka

Husen'tz, M. ( 2015, SEPTEMBER 07 ). Materi Troubleshooting Kelas XII. Diambil kembali dari Berbagi Ilmu: http://muhammadhusent.blogspot.co.id/2015/09/materi-troubleshooting-kelas-xii.html
Husen'tz, M. (2015, SEPTEMBER 07). Materi Troubleshooting Kelas XII. Diambil kembali dari Berbagi Ilmu: http://muhammadhusent.blogspot.co.id/2015/09/materi-troubleshooting-kelas-xii.html
muhammad, f. N. (2016, Oktober 18). 3.8 Memahami Troubleshooting Lapisan Fisik Jaringan Wan. Diambil kembali dari Trouble Shooting Jaringan: http://trojarferdy.blogspot.co.id/2016/10/38-memahami-troubleshooting-lapisan.html
Wahid, A. (2015, Desember 28). Troubleshooting Lapisan Fisik Jaringan WAN. Diambil kembali dari MARUVI: http://wakidong.blogspot.co.id/2016/09/troubleshooting-lapisan-fisik-jaringan.html
Wikipedia. (2012, Januari 11). X Window System. Diambil kembali dari X Window System: https://id.wikipedia.org/wiki/X_Window_System





Tidak ada komentar:

Posting Komentar