Selasa, 01 November 2016

30 SULIS MATERI 9 Pemecahan Masalah lapisan data link jaringan WAN

Pemecahan Masalah lapisan data link jaringan WAN

Ethernet mekanisme akses
Ethernet adalah sebuah metode akses media jaringan dimana semua host di jaringan tersebut berbagi bandwidth yang sama dari sebuah link. Ethernet menjadi popular karena ia mudah sekali disesuaikan dengan kebutuhan (scalable), artinya cukup mudah untuk mengintegrasikan teknologi baru seperti Fast Ethernet dan Gigabit Ethernet, kedalam infrastruktur network yang ada. (Syafaaturrizal, 2015)
Full-duplex ethernet
Ethernet full-duplex
Ethernet switching yang memunculkan kemajuan, Ethernet full-duplex lain. Full-duplex adalah istilah komunikasi data yang mengacu pada kemampuan untuk mengirim dan menerima data pada saat yang sama.
Legacy Ethernet adalah setengah-duplex, yang berarti informasi dapat bergerak hanya satu arah pada satu waktu. Dalam sebuah jaringan benar-benar diaktifkan, node hanya berkomunikasi dengan saklar dan tidak pernah secara langsung satu sama lain. jaringan beralih juga mempekerjakan baik twisted pair atau kabel serat optik, yang keduanya menggunakan konduktor yang terpisah untuk mengirim dan menerima data. Dalam jenis lingkungan, stasiun Ethernet dapat melupakan proses deteksi tabrakan dan mengirimkan pada kehendak, karena mereka adalah satu-satunya perangkat potensial yang dapat mengakses medium. Hal ini memungkinkan stasiun akhir untuk mengirimkan ke saklar pada saat yang sama bahwa saklar mengirimkan kepada mereka, mencapai lingkungan bebas tabrakan. (Computer, 2015)

Format bingkai ethernet

Ethernet mentransmisikan data melalui kabel jaringan dalam bentuk paket-paket data yang disebut dengan Ethernet Frame. Sebuah Ethernet frame memiliki ukuran minimum 64 byte, dan maksimum 1518 byte dengan 18 byte di antaranya digunakan sebagai informasi mengenai alamat sumber, alamat tujuan, protokol jaringan yang digunakan, dan beberapa informasi lainnya yang disimpan dalam header serta trailer (footer). Dengan kata lain, maksimum jumlah data yang dapat ditransmisikan (payload) dalam satu buah frame adalah 1500 byte.
Ethernet menggunakan beberapa metode untuk melakukan enkapsulasi paket data menjadi Ethernet frame, yakni sebagai berikut:
  1. Ethernet II (yang digunakan untuk TCP/IP)
  2. Ethernet 802.3 (atau dikenal sebagai Raw 802.3 dalam sistem jaringan Novell, dan digunakan untuk berkomunikasi dengan Novell NetWare versi 3.11 atau yang sebelumnya)
  3. Ethernet 802.2 (juga dikenal sebagai Ethernet 802.3/802.2 without Subnetwork Access Protocol, dan digunakan untuk konektivitas dengan Novell NetWare 3.12 dan selanjutnya)
  4. Ethernet SNAP (juga dikenal sebagai Ethernet 802.3/802.2 with SNAP, dan dibuat sebagai kompatibilitas dengan sistem Macintosh yang menjalankan TCP/IP)
Sayangnya, setiap format frame Ethernet di atas tidak saling cocok/kompatibel satu dengan lainnya, sehingga menyulitkan instalasi jaringan yang bersifat heterogen. Untuk mengatasinya, lakukan konfigurasi terhadap protokol yang digunakan via sistem operasi. (Sukma, 2015)

Pemanfaatan jaringan perhitungan dan efisiensi bandwidth pada ethernet
\
Data Rate dan Bandwith.
 Sehingga Data Rate dapat diartikan sebagai besarnya kapasistas transfer data dalam komunikasi data digital, biasanya dinyatakan dalam bps atau bit per second.
Bandwidth 
Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Bandwidth dapat diartikan sebagai perbedaan antara komponen sinyal frekuensi tinggi dan sinyal frekuensi rendah. frekuensi sinyal diukur dalam satuan Hertz. Sinyal suara tipikal mempunyai Bandwidth sekitar 3 kHz, analog TV broadcast (TV) mempunyai Bandwidth sekitar 6 MHz.
Bandwidth (lebarpita) dalam ilmu computer adalah suatu penghitungan konsumsi data yang tersedia pada suatu telekomunikasi. Dihitung dalam satuan bits per seconds (bit per detik). (Silfiana, 2016)

Proses token passing.

Metode pengiriman data dengan cara mengelilingi sebuah Ring dikenal dengan istilah Token Passing. Token dilewatkan dari satu komputer ke komputer lain sampai sebuah komputer mengambil data tersebut. Komputer pengirim memodifikasi tooken, meletakkan sebuah alamat tujuan pada data dan mengirimkan ke komputer tujuan melewati jaringan ring.

Komputer penerima akan mengembalikan sebuah pesan ke komputer pengirim yang mengindikasikan bahwa data telah diterima. Setelah melakukan proses verifikasi, komputer pengirim membuat sebuah token baru atau melepaskan token dan melewatkan token ke komputer berikutnya. (Net9, 2014)

studi kasus: server lambat pada segmen ethernet
Apa saja faktor yang bisa memberikan kontribusi lambatnya jaringan dan bagaimana memperbaikinya?
Collision
Technology Ethernet yang sudah using seperti 10 Base2; 10Base5; dan 10Base-T, mereka menggunakan algoritma CSMA/CD yang menjadi sangat tidak efficient pada beban yang lebih tinggi
Gunakan Switch
Bagaimana solusi menghilangkan collision domain dan algoritma CSMA/CD yang bisa membuat jaringan anda lambat, adalah mengganti jaringan HUB anda dengan Switch LAN. 
Atur letak server
Anda perlu mengidentifikasikan aplikasi (khususnya aplikasi yang dengan beban tinggi) yang hanya diakses oleh satu departemen saja, dan letakkan server pada Switch yang sama dengan user yang mengaksesnya
Gunakan gigabit backbone
Performa LAN juga bisa diperbaiki dengan menggunakan link backbone Gigabit dan juga Switch yang mempunyai performa tinggi.

Serangan Trojan Virus

Jika environment jaringan anda terinfeksi dengan Trojan virus yang menyebabkan system anda dibanjiri oleh program-2 berbahaya (malicious programs), maka jaringan akan mengalami suatu congestion yang mengarah pada kelambatan system jaringan 
Gunakan antivirus
Anda memerlukan proteksi jaringan yang sangat kuat untuk melindungi dari serangan Trojan virus dan berbagai macam serangan jaringan lainnya. (Sysneta, 2013)




Biodata :
 Nama   : Sulistiyowati
Kelas     : XII K2
Sekolah : SMK ISLAM 1 BLITAR
Hobby    : Menulis

 TULISAN ASLI SAYA KLIK DISINI

DAFTAR PUSTAKA

Computer. (2015, 5 12). Full-duplex Ethernet. Diambil kembali dari How Ethernet Works: http://computer.howstuffworks.com/ethernet15.htm
Net9. (2014, Desember 22). 1.1.5.1. Token Passing. Diambil kembali dari Net9 komputer: https://sites.google.com/site/net9com/computer-networking/konsep-jaringan/desain-jaringan/topologi-ring/token-passing
Silfiana, S. (2016, SEPTEMBER 21). KD 9 pemanfaatan jaringan perhitungan dan efisiensi bandwidth pada ethernet. Diambil kembali dari KD 8 Troubleshooting lapisan fisik Jaringan: http://selasilfiana01.blogspot.co.id/2016/09/kd-9-pemanfaatan-jaringan-perhitungan.html
Sukma, I. (2015, Oktober 6). Ethernet Frame. Diambil kembali dari Indryani Sukma: http://indryanisrj.blogspot.co.id/2014/11/ethernet-frame.html
Syafaaturrizal, W. (2015, FEBRUARY 27). Tentang Jaringan Ethernet. Diambil kembali dari Freebitchoinwin.com: http://oahoa.blogspot.co.id/2015/02/tentang-jaringan-ethernet.html
Sysneta. (2013, January 23). Masalah Jaringan Lambat. Diambil kembali dari TROUBLESHOOTING: http://www.jaringan-komputer.cv-sysneta.com/masalah-jaringan-lambat









Tidak ada komentar:

Posting Komentar