Senin, 19 September 2016

Pemecahan masalah lapisan transportasi jaringan LAN (30.sulistiyowati)



Pemecahan masalah lapisan transportasi jaringan LAN
 
1. UDP ( User Datagram Protocol )

UDP ( User Datagram Protocol )adalah transport layer yang tidak andal ( unreliable ), connectionless dan merupakan kebalikan dari transport layer TCP. Koneksi yang andal selalu memberikan keterangan apabila pengiriman data gagal, sedangkan koneksi yang tidak andal tidak akan mengirimkan keterangan meski pengiriman data gagal. 
UDP tidak menjamin kevalidan data saat data sampai ke si penerima, jadi jika terjadi pengiriman data maka tidak dijamin sampai tidaknya. Datagram yang sampai mempunyai kemungkinan tidak sampai, rusak, duplikasi atau hilang tanpa diketahui penyebabnya.
Kelebihan UDP :
pada saat digunakan pada lightweight protokol, misalnya saja DNS (Domain Name Service). Selain itu protokol UDP lebih fleksibel karena misalnya saja terjadi kemacetan pada salah satu bagian jaringan, maka datagram dapat dialihkan menghindari bagian yang mengalami kemacetan tersebut. Kemudian apabila sebuah simpul(node) mengalami kerusakan/kegagalan, maka pacekt packet berikutnya dapat menemukan jalan/rute pengganti yang melewati simpul tersebut. (Rian, 2011)

KARAKTERISTIK UDP
·         UDP menyediakan mekanisme untuk mengirim pesan-pesan ke sebuah protokol lapisan aplikasi atau proses tertentu di dalam sebuah host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP. Header UDP berisi field Source Proses Identification dan Destination Process Identification.
·         UDP menyediakan penghitungan checksum 16-bit terhadap pesan UDP. Checksum bersifat opsional sebab jika checksum tidak sesuai maka program jaringan akan menolak datagram tanpa memberitahukan kepada penerima maupun pengirim.
·         Tidak ada inisialisasi koneksi, sehingga tidak diperlukan welcoming socket, seperti accept di server dan penginisialisasian socket di client.
·         Tidak ada input dan output stream yang dibentuk dari atau ke socket. 
·         Pengirim akan membuat datagram paket dan mengirimkannya ke proses yang dituju. Setiap paket yang dibentuk akan diberikan informasi mengenai alamat IP dan port untuk setiap deretan byte yang akan dikirim. 
·         Penerima harus menguraikan paket datagram tersebut agar tahu informasi yang dikirimkan. (Wirayasa, 2000)

Transport Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP)
TCP merupakan kependengan dari Transmission Control Protocol. TCP merupakan bagian inti penting dari Internet Protocol sehingga sering disebut TCP/IP. TCP menyediakan komunikasi yang dapat diandalkan dan mempunyai urutan yang rapi. TCP berada pada transport layer.
TCP dioptimasikan untuk kehandalan komunikasi bukan pada kecepatan. TCP memberikan jaminan mengenai pesan-pesan yang disampaikan dari satu komputer kepada komputer lain. TCP menggunakan mekanisme handshake.Aplikasi yang menggunakan TCP adalah HTTP, HTTPS, SMTP, POP3, IMAP, IMAP,SSH, FTP, Telnet dan lain-lain.
HTTP merupakan kependekan dari Hypertext Transfer Protocol. HTTP adalah webserver. Client meminta alamat website kemudian HTTP server memberikan jawaban.
HTTPS adalah webserver dengan penggunaan enkripsi saat pengiriman data.
SMTP merupakan kependekan dari Simple Mail Transfer Protocol. SMTP merupakan protockol dalam pengiriman email.
POP3 merupakan kependekan dari Post Office Protocol 3 . POP3 adalah protocol untuk mengambil email.
IMAP merupakan kependekan dari Internet Message Access Protocol. IMAP merupakan protocol dalam menyimpan dan mengambil email.
SSH amerupakan kependekan dari Secure Shell dalah shell yang aman yang dapat digunakan untuk melakukan manajemen server.
FTP adalah kependekan dari File Transfer Protocok. FTP adalah protocol untuk pengiriman dana penerimaan file.
Telnet merupakan tool untuk melakukan manajemen server. (indonesia, 2011)
TCP Header
Ukuran dari header TCP adalah bervariasi, yang terdiri atas beberapa field yang ditunjukkan dalam gambar dan tabel berikut. Ukuran TCP header paling kecil (ketika tidak ada tambahan opsi TCP) adalah 20 byte.(Oferia, 2012)

Netware Protocol  NCP (NetWare Core Protocol) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan dalam beberapa produk dari Novell, Inc Hal ini biasanya berhubungan dengan sistem operasi NetWare, tetapi bagian dalamnya telah diimplementasikan pada platform lain seperti Linux, Windows NT dan berbagai rasa dari Unix. Hal ini digunakan untuk mengakses file, cetak, direktori, sinkronisasi jam, pesan, perintah eksekusi remote dan fungsi jaringan layanan. (Nunalinda, 2013)




Nama     : Sulistiyowati
Kelas      : XII K2
Sekolah  : SMK ISLAM 1 BLITAR
Hobby    : Menulis


DaftarPustaka

indonesia, P. p. (2011, Mei 22). Pengertian TCP (Transmission Control Protocol). Retrieved from Articles: http://www.proweb.co.id/articles/support/tcp.html
Nunalinda. (2013, Juni 22). Company Standard Protokol (2). Retrieved from ♣ LyndzZ's Blog ♣: http://nunalinda.blogspot.co.id/2013_06_01_archive.html
Oferia. (2012, Oktober 14). TCP, UDP, PORT, SOCKET, TCP HEADER, HANDSHAKE(3WAY HANDSHAKING). Retrieved from Oferia: http://oferiachacha.blogspot.co.id/2012/10/tcp-udp-port-socket-tcp-header.html
Rian. (2011, Desember 1). 1. Pengertian UDP ( User Datagram Protocol ). Retrieved from UDPM user datagram protokol: c-share4u.blogspot.co.id/2012/09/udp-user-datagram-protocol.html
Wirayasa, A. (2000, January 12). UDP (User Datagram Protocol). Retrieved from KETUTRARE: http://ketutrare.blogspot.co.id/2013/05/udp-user-datagram-protocol.html






Tidak ada komentar:

Posting Komentar