Senin, 19 September 2016

30.sulistiyowati (Pemecahan Masalah lapisan sesi jaringan LAN)



Pemecahan Masalah lapisan sesi jaringan LAN
DNS (Domain Name System
Pengertian DNS (Domain Name System) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet.
DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain. (Widayati, 2009)
Fungsi DNS (Domain Name System) :
Fungsi dasar dari DNS (Domain Name System) adalah untuk menerjemahkan atau mentranslasikan alamat ip menjadi sebuah nama domain dan juga sebaliknya. Contohnya saja alamat facebook.com, google.com, dan situs-situs lainnya merupakan alamat ip dari situs tersebut yang kemudian ditranslasikan menjadi sebuah nama domain. (Adinata, 2015)

Pengertian NetBIOS
NetBIOS Adalah suatu antarmuka (interface) dan sebuah protokol yang dikembangkan oleh IBM. Fungsi protokol yang dikembangkan oleh IBM. Fungsi protocol ini berkisar di atas tiga layer paling atas (session, presentation danaplication). Dalam model ISO, NetBIOS memberikan suatu interface standard bagi layer dibawahnya.NetBIOS juga dapat digunakan sebagai sebuah API (Application Program Interface) untuk pertukaran data. Iamemberi programmer akses keberbagai sumber data untuk menciptakan hubungan dua computer atau antaradua aplikasi pada komputer yang sama. (Aby, 2015)

Fungsi NetBIOS
·         Naming Services
Dipergunakan untuk  menyebarkan nama group,  user dan komputer ke jaringan.
           Ia juga bertugas untuk memastikan agar tidak terjadi duplikasi nama.
·         DataGram Support
Menyediakan transmisi tanpa koneksi yang tidak menjamin suksesnya pengiriman paket, besarnya tidak lebih besar dari 512 bytes. Metode datagram ini digunakan oleh naming services.
·         Session Support
Memungkinkan transmisi dimana sebuah virtual circuit session diadakan sedemikian rupa sehingga pengiriman paket dapat dipantau dan dikenali.
 (Budi, 2012)
Gateway
Gateway adalah (gerbang jaringan) sebuah perangkat yang dipakai untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu ataupun lebih jaringan komputer yang memakai protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan komputer bisa diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya tidak sama atau berbeda. Itulah definisi gateway tersebut yang utama. Karena seiring dengan merebaknya dan berkembangnya internet, pengertian gateway sering kali bergeser. (N, Penjelasan tentang gateway dan fungsinya, 2010)
Protokol
Protokol adalah suatu aturan yang mendefinisikan fungsi yang terdapat di dalam sebuah Jaringan komputer, seperti misalnya mengirimkan pesan, mengirimkan data, mengirimkan informasi dan fungsi lainnya yang harus dipenuhi oleh sisi pengirim dan penerima supaya komunikasi dapat berlangsung dengan baik dan benar walaupun sistem yang terdapat dalam jaringan tersebut berbeda. (N, Pengertian Protokol Dan Jenisnya Pada Jaringan Komputer, 2015)
Dalam komputasi , pipa bernama (juga dikenal sebagai FIFO untuk perilakunya) adalah perluasan untuk tradisional pipa konsep pada Unix dan Unix-seperti sistem, dan merupakan salah satu metode komunikasi antar-proses (IPC). Konsep ini juga ditemukan dalam OS / 2 dan Microsoft Windows , meskipun semantik berbeda secara substansial. Sebuah pipa tradisional " yang tidak disebutkan namanya " dan berlangsung hanya selama proses. Sebuah pipa bernama, bagaimanapun, dapat berlangsung selama sistem ini sampai, di luar kehidupan proses. Hal ini dapat dihapus jika tidak lagi digunakan. Biasanya pipa bernama muncul sebagai file, dan umumnya proses-proses melampirkan untuk komunikasi antar-proses. (wikipwdia)
Pengertian Remote Procedure Calls (RPC) RPC adalah suatu protokol yang menyediakan suatu mekanisme komunikasi antar proses yang mengijinkan suatu program untuk berjalan pada suatu komputer tanpa terasa adanya eksekusi kode pada sistem yang jauh ( remote system ). RPC mengasumsi keberadaan dari low-level protokol transportasi seperti TCP atau UDP untuk membawa pesan data dalam komunikasi suatu program. Protokol RPC dibangun diatas protokol eXternal Data. (Irhash, 2010)

Sebuah mailslot adalah mekanisme komunikasi antar satu arah , yang tersedia pada sistem operasi Microsoft Windows, yang memungkinkan komunikasi antara proses baik lokal dan melalui jaringan . Penggunaan Mailslots umumnya lebih sederhana dari pipa bernama atau soket ketika sejumlah relatif kecil dari pesan yang relatif singkat diharapkan untuk ditransmisikan , seperti misalnya pesan negara - perubahan jarang, atau sebagai bagian dari protokol peer- penemuan . Mekanisme mailslot memungkinkan untuk siaran pesan singkat ( " datagram " ) untuk semua komputer mendengarkan seluruh domain jaringan yang diberikan (wikipedia, 2011)


Nama     : Sulistiyowati
Kelas      : XII K2
Sekolah  : SMK ISLAM 1 BLITAR
Hobby    : Menulis


Daftar pustaka

Aby, R. (2015, Oktober 21 ). Pengertian NetBIOS . Diambil kembali dari Tugas Jaringan Komputer: http://rifatabytugas.blogspot.co.id/2015/10/pengertian-netbios.html
Adinata, A. ( 2015, October 14). Pengertian, Fungsi, dan Manfaat DNS (Domain Name System). Diambil kembali dari Pengertian, Fungsi, dan Manfaat DNS (Domain Name System).: http://4lrb.blogspot.co.id/2015/01/pengertian-fungsi-dan-manfaat-dns.html
Budi, S. S. (2012, April 12). Pengertian Dan Fungsi NetBIOS. Diambil kembali dari Rizal blog: http://syafrizalsetiabudi.blogspot.co.id/2013/03/pengertian-dan-fungsi-netbios.html
Irhash, A. S. (2010, Desember 17). Pengertian Remote Procedure Calls (RPC). Diambil kembali dari SAHABAT BERSAMA: http://sobatbaru.blogspot.co.id/2010/12/pengertian-remote-procedure-calls-rpc.html
N, S. (2015, April 21). Pengertian Protokol Dan Jenisnya Pada Jaringan Komputer. Diambil kembali dari Apa itu Protokol jaringan komputer?: http://www.pengertianku.net/2015/04/pengertian-protokol-dan-jenisnya-pada-jaringan-komputer.html
N, S. (2010, november 10). Penjelasan tentang gateway dan fungsinya. Diambil kembali dari Pengertian Gateway Dan Fungsinya Secara Jelas: http://www.pengertianku.net/2015/03/pengertian-gateway-dan-fungsinya.html
Widayati, S. ( 2009, December 5). Pengertian dan Definisi dari DNS (Domain Name System). Diambil kembali dari http://www.g-excess.com/pengertian-dan-definisi-dari-dns-domain-name-system.html
wikipedia. (2011, Desember 1). MailSlot. Diambil kembali dari MailSlot: https://en.wikipedia.org/wiki/MailSlot
wikipwdia. (t.thn.). Named pipe. Diambil kembali dari Named pipe: https://en.wikipedia.org/wiki/Named_pipe






Tidak ada komentar:

Posting Komentar