Sabtu, 06 Agustus 2016

sulisstw

TROUBLESHOOTING PADA HUB/SWITCH

Gangguan atau Kerusakan pada Hub/switch
Hub/switch merupakan terminal atau pembagi signal data bagi kartu jaringan (Network Card). Jika Hub mengalami kerusakan berarti seluruh jaringan juga tidak dapat berfungsi untuk berkomunikasi antar workstation atau komputer workstation dengan server. Apabila terjadi kerusakan pada Hub dapat dilihat pada lampu indikator power dan lampu indikator untuk masing masing workstation. Apabila lampu indikator power Hub/switch mati berarti kemungkinan besar Hub tersebut rusak. Jika ada lampu indikator workstation yang tidak menyala menyatakan bahwa komputer workstation sedang tidak aktif (tidak hidup) atau ada gangguan pada komputer workstation tersebut.

Akibat yang Ditimbulkan karena Kerusakan Hub atau Switch

  1. Hub atau switch merupakan salah satu bagian dari komputer. Hub atau switch ini merupakan terminal atau bagian yang berfungsi sebagai pembagi signal data bagi kartu jaringan atau Network Card. Apabilah Hub ini mengalami gangguan atau kerusakan, maka seluruh jaringan juga tidak akan dapat berfungsi untuk berkomunikasi antar komputer atau antara komputer dengan server.
  2. Untuk mendeteksi terjadinya kerusakan pada Hub ini dapat dilihat pada lampu indikator power dan lampu indikator untuk masing- masing komputer. Jika lampu indikator power Hub atau switch matu, hal ini berarti kemungkinan besar Hub mengalami kerusakan. Lalu, langkah apa yang harus kita lakukan jika lampu power hub kita mati?
  3. Jika lampu power hub kita mati, maka yang pertama yang harus kita lakukan adalah mengecek apakah hub kita benar- benar rusak ataukah tidak. Apabila terjadi kerusakan pada hub maka kita harus mengecek apakah buh yang kita gunakan ini memang suda rusak ataukah hanya mengalami gangguan saja? Jika hub kita memang benar- benar rusak, maka kita perlu menggantinya dengan hub yang baru. Atau diberiki ke tempat bengkel service.
Hub

·                     Suatu perangkat yang memiliki banyak port yang akan menghubungkan beberapa node (komputer) sehingga membentuk suatu jaringan pada topologi star.
·                     Beberapa hub di pasaran kadang disebut dengan istilah hub-switch yang sering dikira oleh kita sebagai switch, tentu saja hub lebih lambat performanya daripada switch.

Switch
·                     Switch bentuknya hampir sama dengan hub.
·                     Switch atau lebih dikenal dengan istilah LAN Switch merupakan perluasan dari konsep bridge.
·                     Salah satu contohnya adalah HP Procurve V1810-8G yang merupakan 8 Port Gigabit Switch.


DAFTAR PUSTAKA

admin. (2010, november 2). Mengenal Perbedaan Hub, Switch, Bridge dan Router. Diambil kembali dari Mengenal Perbedaan Hub, Switch, Bridge dan Router: http://www.catatanteknisi.com/2010/11/perbedaan-hub-switch-bridge-router.html
maya. (2016, maret 31). Akibat yang Ditimbulkan karena Kerusakan Hub atau Switch. Diambil kembali dari Jelaskan Akibat Jika Terjadi Kerusakan pada Hub Switch ?: http://gurupintar.com/threads/jelaskan-akibat-jika-terjadi-kerusakan-pada-hub-switch.4029/
TERHORMAT, P. ( 2012, Oktober 01 ). Permasalahan pada jaringan dan cara memperbaikinya. Diambil kembali dari PECUNDANG TERHORMAT: http://pecundang-terhormat.blogspot.co.id/2012/10/permasalahan-pada-jaringan-dan-cara.html

 

 BIODATA


Nama      : Sulistiyowati
Kelas      : XII TKJ 2
Sekolah  : SMK ISLAM 1 BLITAR
Hobby    : MENULIS

  
Butuh tulisan saya  KLIK DISINI !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar